November 17, 2017

[Review Anime] Shingeki no Kyojin


Salah satu anime yang anti-mainstream nih dan pasti kalian sudah tahu judul ini, Shingeki no Kyojin. Untuk kalian yang belum nonton anime ini, hal yang anti-mainstreamnya adalah temanya, yaitu Kyojin (Manusia Raksasa). Nah, apa sih Kyojin itu ? 

Judul : Shingeki no Kyojin 
Tanggal Rilis : 7 April 2013
Episode : 25
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Military, Mystery, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Wit Studio

Sinopsis
Beberapa ratus tahun yang lalu, umat manusia hampir punah karena raksasa. Raksasa itu bertubuh besar, tidak memiliki intelektual, membenci manusia, dan yang paling buruk, mereka menganggap manusia sebagai makanan. Sisa - sisa manusia yang selamat membangun tembok yang sangat tinggi untuk melindungi mereka dari raksasa - raksasa. Lebih dari 100 tahun sejak kota itu berdiri. Remaja laki - laki, Eren dan adik perempuannya, Mikasa menyaksikan kejadian menakutkan di mana seorang raksasa super muncul dan menghancurkan kota. Raksasa lainpun turut muncul dan membanjiri kota, mereka berdua menyaksikan pemandangan mengerikan dimana ibunya dimakan hidup - hidup. Eren kemudian bersumpah akan membunuh semua raksasa demi umat manusia.


Jalan Cerita
Dari awal episode kalian akan langsung di perlihatkan Titan yang paling tinggi dan besar yaitu Titan Colossal. Untuk jalan cerita cukup berat, karena akan cukup banyak penjelasan tentang Titan dan taktik perang. Tenang saja, ada Actionnya juga yang keren kok saat Eren dan kawan - kawan melawan Titan. Dan juga ada beberapa bumbu Comedy di jalan ceritanya. NB : untuk kalian yang mau komplen bahwa Titan Colossal bukanlah Titan tertinggi dan terbesar, lebih baik kalian tidak melakukannya, karena Titan yang kalian maksud belum muncul di Season 1 ini.

Karakter

Cukup banyak karakter yang ada di dalam Anime SnK ini, khususnya Karakter Support. Nah untuk Main Karakter ada Eren Yeager sebagai Hero, Mikasa Ackerman sebagai Heroine, dan ada Armin Arlert  juga. Dan untuk Karakter Support seperti Levi, Sasha, Erwin, Ymir, Annie, Jean dan masih banyak lagi karakter yang akan muncul seiring dengan jalan ceritanya.

Art

Untuk Art tidak terlalu jauh dengan versi Manga, bedanya adalah warna versi anime lebih bagus, halus dan bergerak. Untuk pewarnaan cenderung menggunakan warna yang agak tua, bukan berarti Art dan warnanya tidak cocok dan tidak keren ya !

Titan

Seperti yang saya katakan di awal, hal yang anti-mainstream dari anime SnK ini adalah Titan. Apakah Titan itu ? sederhananya adalah manusia raksasa, tidak semua raksasa, ada juga beberapa yang kecil, tapi kecilnya setinggi rumah. Nah dan ada beberapa Titan yang spesial seperti Titan Colossal yang akan terlihat otot-ototnya, tentunya bukan hanya Titan Colossal saja yang special, seiring berjalannya cerita, kalian akan diperlihatkan beberapa Titan spesial seperti Armored Titan, Female Titan dan masih banyak lagi.

Action

Nah ini yang menarik dari anime ini, manusia berusaha untuk mengalahkan dan membunuh Titan dengan peralatan yang menarik (Bermanuver 3D) membuat gerakannya menjadi keren. Dan tentu saja bukan hanya manusia yang akan melawan Titan, tetapi Titan juga akan melawan sesama Titan !

Ost
Untuk Ostnya menurut saya super keren, sangat pas dengan anime yang temanya kayak gini. Opening yang pertama berjudul Guren no Yumiya (紅蓮の弓矢) yang dinyanyikan oleh Linked Horizon. Lalu akan ada Opening yang ke-2 berjudul Jiyuu no Tsubasa (自由の翼) dengan penyanyi yang sama, yaitu Linked Horizon. Dan untuk lagu Ending juga akan ada 2, yang pertama berjudul Utsukushiki Zankoku na Sekai (美しき残酷な世界) yang dinyayikan Yoko Hikasa. Dan yang ke-2 berjudul great escape yang dinyanyikan oleh Cinema Staff.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 10 / 10
Art : 9 / 10
Titan : 10 / 10
Action : 9 / 10
Ost : 9.5 / 10

Shingeki no Kyojin : 9.7 / 10

Anime Shingeki no Kyojin ini sangat seru, khususnya untuk kalian yang suka genre Action dan suka dengan tema yang anti-mainstream. Pastikan kamu tidak berhenti menontonnya di tengah - tengah episode karena tidak tahan dengan penjelasannya. Karena Anime ini terfokus pada adegan tersebut, jadi tidak bercampur antara penjelasan dan Action.

Next

Related


EmoticonEmoticon