November 11, 2017

[Review Anime] Seiken Tsukai no World Break


Kali ini saya mereview anime Romance Fantasy yang cukup terkenal di kalangan pecinta anime yang sudah “veteran”, berjudul "Seiken Tsukai no World Break".

Judul : Seiken Tsukai no World Break

Tanggal Rilis : 12 januari 2015
Episode : 12
Duration : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Fantasy, Harem, Romance, School, Supernatural
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Diomedea

Sinopsis

Haimura Moroha merupakan salah seorang Saver yang belajar di Akane Gakuen untuk mengendalikan kekuatan yang mereka peroleh berkat ingatan dari kehidupan di masa lalu mereka. Namun, tidak seperti Saver lain yang hanya dapat menjadi salah satu di antara kesatria Shirogane atau penyihir Kuroma, Moroha ternyata memiliki ingatan dari dua kehidupan masa lalu sehingga dia mendapatkan kedua jenis kekuatan tersebut sekaligus. Dan dengan keunikannya itu, Moroha pun kemudian mampu menaklukkan makhluk-makhluk Metaphysical tingkat tinggi yang sebelumnya hanya bisa dihadapi oleh para Saver berpengalaman.

Jalan Cerita

Cerita sih sudah bagus tapi, ada terlalu banyak adegan sia - sia di anime ini. Situasi yang sama sekali tidak berhubungan dengan cerita atau percakapan yang tidak memberi informasi apapun. adegan - adegan tersebut membuang-buang begitu banyak waktu yang seharusnya digunakan untuk menjelaskan setting dan mengembangkan karakter para tokohnya. Alhasil, semua insiden di dalam anime ini seolah terjadi begitu saja, dan semua istilah asing yang di sebutkan hanyalah serangkaian omong kosong yang disodorkan secara paksa kepada penonton. Tidak pernah ada keterangan tentang apa sesungguhnya makhluk yang disebut Metaphysical itu, mengapa mereka menyerang, dan dari mana datangnya. Tidak pernah ada keterangan mengapa para Savior memiliki ingatan dari kehidupan mereka yang sebelumnya. Atau juga tidak pernah ada keterangan mengapa para Savior perlu dikumpulkan dan dilatih di tempat seperti Akane Gakuen. Satu-satunya yang berhasil dilakukan oleh anime ini adalah menciptakan suasana dunia fantasi dengan kesatria, penyihir, dan monster - monster berwujud aneh.

Karakter

Barangkali belum pernah ada anime non-komedi yang seperti anime ini, yang mana semua tokohnya terlihat konyol, bahkan termasuk juga sang tokoh utama, "Haimura Moroha". Mulai dari mendobrak dinding kediaman suatu keluarga bangsawan untuk menolong Shizuno sampai menantang semua Savior di suatu negara demi membela Elena (Lesha), Moroha begitu dipaksakan menjadi pahlawan yang akan menyelesaikan semua masalah dan menyelamatkan semua gadis sehingga setiap tindakan heroiknya justru tampak seperti lelucon. Lebih buruknya lagi, tidak pernah ada definisi yang jelas terhadap karakter Moroha, dia benar - benar hanyalah gambaran ideal dari seorang pemuda, tetapi tidak pernah lebih daripada itu. Kecuali mengungkapkan bahwa dia pernah punya hubungan romantis dengan Satsuki dan Shizuno, kehidupan masa lalu Moroha juga tidak membantu apa - apa dalam membentuk karakternya. Sebaliknya, kehidupan masa lalu tersebut malah meninggalkan dampak negatif, sebab jika Moroha cuma butuh untuk mengingat sesuatu setiap kali ingin meningkatkan kekuatan, itu berarti dia bahkan tidak melewati suatu proses pertumbuhan yang bisa dikatakan sebagai kisah perjalanan hidupnya sendiri.

Art

Art nya yang lumayan memang mampu menjadikan adegan pertarungannya sesekali terlihat seru, tetapi pemandangan seperti ini sangat jarang. Gerakan yang digambarkan secara berlebihan, sudut gambar yang miring sampai 90 derajat hingga yang paling aneh, rangkaian gerakan para tokohnya yang keliru, seperti ketika Moroha yang sesaat sebelumnya berlutut dan bersiap menerima serangan dari atas namun kemudian dia tiba - tiba saja pindah dan malah berlari menyerang dari jauh.

Ost

Nah, Musik adalah hal yang sangat vital untuk anime yang memainkan perasaan penonton. Menurut saya Ost nya cukup sinkron dengan animenya walaupun Openingnya kedengarannya seperti cuma seperti teriak - teriak, tapi Endingnya lumayan bagus. Lagu pembuka untuk dibawakan oleh Petit Melady yang berjudul "Hi No Ito Rinne No Gemini" dan lagu penutupnya oleh Fortuna berjudul "Magna Idea".

Overall

Jalan Cerita : 7.2 / 10
Karakter : 6.5 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 7.6 / 10
Seiken Tsukai no World Break : 7 / 10

Secara keseluruhan anime ini lumayan seru. Walaupun ceritanya ditulis secara asal-asalan dan karakter semua tokohnya sangat dangkal, tapi semua itu ditutupi oleh cerita yang cukup menarik dan membuat anime ini masih layak untuk ditonton.

Next

Related


EmoticonEmoticon