November 25, 2017

[Review Anime] Psycho-Pass


Psycho-Pass merupakan anime original buatan studio Production I.G yang juga memproduksi Ghost in the Shell series dan XXXHolic. Anime ini baru diserialisasikan dalam bentuk manga pada November 2012. Kesan pertama yang saya dapat waktu awal nonton anime ini adalah : mirip banget Guilty Crown, dari segi animasi, environment, dan khususnya OST, mengingat 2 lagu ED dari anime ini dinyanyikan oleh Egoist.

Judul : Psycho-Pass
Tanggal Rilis : 12 Oktober 2012
Episode : 22
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Police, Psychological, Sci-Fi
Sumber Cerita : Original
Studio : Production I.G

Sinopsis
Era di mana pikiran semua orang bisa dibaca oleh teknologi. Sebagian besar manusia yang pernah melakukan kejahatan merasa menyesal setelah melakukannya. Tapi, untuk mencegah kejahatan itu terjadi dibuatlah sistem pengukuran tingkat emosi, keinginan, serta kecenderungan dan keadaan psikologis yang dapat menyebabkan kejahatan yaitu Sibyl System. Dunia di mana kondisi mental dan kecenderungan pribadi manusia bisa diukur. Oleh karena itu segala macam kecenderungan dicatat dan diawasi, ukuran angka-angka ini digunakan untuk menilai jiwa manusia yang biasa disebut Psycho-Pass. Dengan adanya sistem seperti itu masih banyak kah orang yang berkeinginan berbuat jahat?

Jalan Cerita
Mengambil tema di masa depan. ketika teknologi telah sangat maju sampai pada titik dimana manusia berhasil menciptakan sebuah sistem yang disebut Sibyl System, yang dianggap 'sempurna' dalam menciptakan kesejahteraan di masyarakat. karena sistem tersebut mampu menilai kesehatan mental, bakat, hingga kecenderungan seseorang dalam bentuk angka yang disebut 'Psycho-Pass'. Angka Psycho-Pass seseorang menjadi patokan bagi orang tersebut dalam segala hal, baik pekerjaan yang bisa diambil dan masa depannya, hobinya, akses masuk ke tempat umum, bahkan menjadi patokan bagi pihak berwenang dalam menentukan baik atau jahatnya seseorang. dengan menggunakan bagian penilaian dari Psycho-Pass yang menilai kecenderungan seseorang untuk melakukan tindak kejahatan yang disebut dengan Crime Coefficient, sehingga sistem hukum yang menggunakan pengadilan dan sebagainya sudah tidak berlaku lagi, karena yang mengadili manusia adalah sistem. Cerita dari Psycho-Pass sendiri berpusat pada konflik dan dilema yang dialami para penegak hukum yang bekerja dalam badan pemerintah”Public Safety Bureau”yang bertugas mengadili dan menangkap para kriminal sesuai penilaian yang dilakukan Sibyl System. Dari segi cerita sendiri, Psycho-Pass sebenarnya menurut saya tidak memiliki kekurangan yang signifikan. kekurangannya mungkin terletak pada pada banyaknya adegan - adegan yang agak sadis yang digambarkan dengan cukup detail. serta banyaknya penggunaan istilah - istilah yang agak 'tinggi' dalam berbagai penjelasan. seperti istilah - istilah ilmiah, teknologi dan komputerisasi, kutipan - kutipan dari berbagai cendekiawan dan filsuf yang membuatnya terkadang memerlukan perhatian lebih untuk dicerna. Tapi semua itu dikombinasikan dengan bobot ceritanya, rasanya cukup untuk menjadikannya tidak cocok ditonton oleh anak - anak.

Karakter
Kali ini saya kan membahas karakter utamanya saja. Pertama Shinya Kougami, mantan inspektur yang karena pada kasus yang menyebabkan kematian rekannya beberapa tahun lalu. angka Crime Coefficientnya meningkat di luar batas sehingga dia dianggap sebagai orang yang berpotensi melakukan tindak kriminal dan akhirnya secara paksa dijadikan Enforcer atau anjing pemburu yang bekerja di bawah inspektur dan melakukan eksekusi bagi para kriminal. Memiliki insting seorang detektif yang sangat tajam dan terobsesi dengan Makishima Shougo, yang dianggapnya bertanggung jawab atas kasus kematian partnernya dulu dan merasa bahwa hanya dialah yang sanggup membunuh Makishima untuk mencegahnya melakukan kejahatan lagi. Kedua Akane Tsunemori, gadis yang polos, sedikit naif tapi  tegar, kuat pendirian dan memiliki nilai keadilan yang tinggi. Masuk ke Public Safety Bureau sebagai inspektur baru karena hasil tesnya berdasarkan Sibyl System menunjukkan nilai yang tinggi dan sesuai untuk masuk ke organisasi tersebut. Pada awalnya sedikit kebingungan dalam bekerja sama dengan Kougami, tapi pada akhirnya justru dialah salah satu orang yang paling peduli dan mempercayai Kougami. Dan yang terakhir Shougo Makishima, pria misterius yang sekilas terlihat kalem, tapi sebenarnya sangat brilian dan sadis. Ingin menghancurkan Sibyl System yang menurutnya telah merampas kebebasan dan nilai sesungguhnya dari manusia. Tipe villain yang keren, dengan charismatic smile yang mampu memanipulasi orang - orang. Setiap tindak kejahatannya dilakukan dengan 'elegan' , terencana dan memiliki nilai atau pesan yang tersirat. Dia membuktikan bahwa bahkan di era teknologi yang disebut-sebut telah berhasil mengungkapkan rahasia dari jiwa manusia, tetap akan selalu ada bagian dari jiwa dan pikiran manusia yang tidak dapat diukur dan menjadi misteri. Selain dari ketiga tokoh tersebut, tokoh - tokoh supporting juga mendapat porsi yang cukup dalam penceritaan dan dapat dieksplor dengan baik, baik melalui penceritaan secara khusus ataupun secara tersirat, sehingga tidak menjadikannya karakter supporting 'pajangan' yang hanya mengikuti karakter utama.

Art
Dari segi Art, Psycho Pass memiliki kualitas Art yang tinggi. dengan 3D CG, spesial effect, character design dan environment yang detail dan halus. Battle scene di beberapa episode yang menampilkan pertarungan tangan kosong juga memiliki koreografi yang detail dan keren meskipun tidak memakai special effect berlebihan.

Ost
Psycho Pass diiringi dengan OP berjudul 'abnormalize' dari Ling Tosite Sigure yang menurut saya agak unik, dikombinasikan dengan ED berjudul 'Namae no Nai Kaibutsu' dari Egoist untuk episode 1-11 dan OP berjudul 'Out of Control' dari Nothing's Carved in Stone dikombinasikan dengan ED berjudul 'All Alone With You' dari Egoist. dengan masing - masing OP dan ED memiliki sequence yang keren dan khususnya untuk ED, lebih menarik karena penempatan masuknya lagu memiliki timing yang terkadang disesuaikan dengan episode yang bersangkutan sehingga sukses dalam membangun 'feeling'nya. 

Overall
Jalan Cerita : 9.8 / 10
Karakter : 9.5 / 10
Art : 10 / 10
Ost : 9 / 10
Psycho-Pass : 9.7 / 10

Psycho-Pass merupakan anime yang RECOMMENDED, terutama bagi penggemar anime yang menyukai cerita yang berbobot dan serius, didukung Art yang berkualitas tinggi. 

Next

Related


EmoticonEmoticon