November 26, 2017

[Review Anime] Prison School


Kali ini saya akan mereview anime Prison School yang katanya anime paling bagus di musim panas 2015.

Judul : Prison School
Tanggal Rilis : 11 Juli 2015
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Comedy, Ecchi, Romance, School, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : J.C.Staff

Sinopsis
Prison School berlatar di Akademi Hachimitsu yang baru saja berubah dari sekolah khusus perempuan menjadi sekolah umum. Pada tahun pertamanya sebagai sekolah umum, hanya ada 5 orang siswa laki-laki beruntung saja yang diterima disana. Mereka berlima harus menghabiskan masa-masa sekolahnya dikelilingi oleh murid-murid perempuan dan berusaha untuk membaur dengan mereka. Sayangnya, harapan mereka untuk hidup damai bersama para wanita pun tidak berjalan dengan lancar. Hal itu dikarenakan anggota OSIS di sekolah tersebut sangat membenci laki - laki. Para anggota OSIS pun menjebak Kiyoshi dan 4 orang temannya agar mereka dapat dijebloskan ke dalam penjara sekolah. Lantas, bagaimanakah kelanjutan nasib kelima lelaki tersebut?

Jalan Cerita

Konsep cerita saya akui begitu unik, di mana ada penjara di dalam lingkungan sekolah, dengan dibalut genre ecchi, anime ini berhasil menghipnotis para penontonnya untuk terus menonton. Bahkan episode satu dari Drama Prison School Live Action yang telah tayang tidak jauh berbeda mesumnya dengan yang ada di anime. Hanya saja, entah cuma saya yang terlalu lebay atau mungkin ada yang sependapat, mesumnya keterlaluan, sampai menjerumus ke NTR, terutama karakter Hana Midorikawa yang disuarakan Mbak Kana Hanazawa. Saya enggak terlalu memedulikan Meiko Shiraki yang paling banyak memiliki adegan dewasa ketimbang Hana. Cuma saat giliran Hana, adegan dewasanya lebih ekstrim dibanding Meiko. Ah, benar, saya benci adegan Kiyoshi dan Hana, terutama saat berciuman. Kasihan Chiyo yang menunggu Kiyoshi di luar penjara. Yah, mau bagaimana lagi, mungkin memang saya yang terlalu lebay menanggapinya. Lupakan hal itu, cerita Prison School ini ada sisi bagusnya juga, terutama lima tokoh laki-lakinya. Benar, mereka semua dipenjara dan tanpa sadar, persahabatan mereka diuji didalamnya.

Karakter
Aduh, malah bagian karakter. Intinya mah bagian Kiyoshi dan Hana bikin saya emosi. Oh, iya, Kiyoshi Fujino itu tokoh utama yang paling utama dalam cerita Prison School ini, selain dia, empat orang lain pun memiliki keunikan tersendiri, misal Andre yang masokis, Takehito si otaku, Jouji si penyuka semut yang tubuhnya lemah (suka batuk darah), dan Shingo yang mukanya mirip preman. Masing - masing dari mereka memiliki ego tersendiri yang membuat semuanya hampir memusnahkan persahabatan mereka. Tapi, justru disitulah nilai tambahnya. Selain itu, ada juga Meiko, si kacamata Wakil OSIS Belakang, Hana si fotografer dan ahli karate, dan Mari Kurihara si Ketua OSIS Belakang. Ada juga Kurihara si kepala sekolah yang adalah ayah dari Mari. Yang menariknya, kepseknya malah suka mengoleksi gambar bokong. Selain itu, Ada juga Kate Takenomiya yang muncul diakhir cerita sebagai Ketua OSIS Depan, atau bisa dibilang OSIS Resmi. Oh, iya, mengenai Meiko Shiraki yang selalu mendedikasikan dirinya pada Mari, mungkin ada yang tidak tahu, tapi saat SMP ternyata Meiko sering dibuli oleh Kate, dan Mari lah yang menolong Meiko, makanya Meiko selalu mengikuti perintah Mari. Mungkin sama seperti kisah manajer dan si cewek katana di Working!

Art
Untuk grafis, jujur saya tidak begitu suka, tapi karena bumbu dewasa yang ada didalamnya, grafis seperti ini malah cocok banget dengan animenya. Kalau enggak salah studio J.C. Staff ‘kan? Kadang ada adegan di mana wajah para tokoh benar - benar dibuat jelek, dan disitulah nilah tambahnya. Komedinya jadi bisa tersampaikan.

Ost
Lagu Pembuka: “Ai no Prison” oleh Kangoku Danshi (Hiroshi Kamiya, Katsuyuki Konishi, Kenichi Suzumura, Daisuke Namikawa, Kazuyuki Okitsu) dan Lagu Penutup: “Tsumibukaki Oretachi no Sanka” oleh Kangoku Danshi. Lagunya lumayan enak untuk didengar, terutama lagu pembukanya. Dan, untuk efek suara, wow, sudah seperti anime yang penuh aksi saja, bikin mencekam. Cocok dengan adegan yang disuguhkan di dalamnya.

Overall
Jalan Cerita : 6 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8.5 / 10
Prison School  : 7.5 / 10

Sialnya, setiap episode bikin penasaran. Dan adegan dewasanya benar - benar menghinoptis saya untuk terus menonton. Selain itu cuma minus di NTR saja, sih. Tinggal nonton dramanya saja yang besok minggu episode duanya bakal tayang bagian adegan Hana yang pipis dibawah pohon. Oh, iya, untuk musim kedua belum ada penjelasan akan tayang atau tidaknya, yang jelas di manga cerita masih berlanjut, makanya saya saya tahu kenapa Meiko bisa nurut sama Mari. Soalnya ada di komik. Yah, itung - itung bonus spoiler dari saya.

Next

Related


EmoticonEmoticon