November 26, 2017

[Review Anime] Ore ga Ojousama Gakkou ni "Shomin Sample" Toshite Gets♥Sareta Ken


Kali saya akan mereview Shomin Sample, atau bisa dikatakan “Sampel Rakyat Jelata”? Yah, dari covernya anime ini memang anime harem, tapi lumayan menarik, kok.

Judul : Ore ga Ojousama Gakkou ni "Shomin Sample" Toshite Gets♥Sareta Ken
Tanggal Rilis : 7 Oktober 2015
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Comedy, Ecchi, Harem, Romance, School
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Silver Link.

Sinopsis
Anime ini bercerita tentang seorang laki - laki SMA bernama Kimito Kagurazaka yang dipindahkan ke SMA khusus perempuan elit, dengan kata lain di sana kaya raya dan berkelakuan layaknya bangsawan. Laki-laki ini dipindahkan dengan sengaja untuk menjadi sampel rakyat jelata. Sedikit spoiler, murid di SMA elit ini semuanya enggak tahu bagaimana kerasnya kehidupan di kota. Soalnya mereka kaya raya, jadi apa pun bisa dibeli dengan mudah tanpa harus pergi ke kota.

Jalan Cerita
Anime ini bercerita tentang seorang laki - laki SMA bernama Kimito Kagurazaka yang dipindahkan ke SMA khusus perempuan elit, dengan kata lain di sana kaya raya dan berkelakuan layaknya bangsawan. Laki - laki ini dipindahkan dengan sengaja untuk menjadi sampel rakyat jelata. Sedikit spoiler, murid di SMA elit ini semuanya enggak tahu bagaimana kerasnya kehidupan di kota. Soalnya mereka kaya raya, jadi apa pun bisa dibeli dengan mudah tanpa harus pergi ke kota. (Penjelasan lengkapnya ada di episode satu kalau kalian nonton). Yang membuatnya menarik adalah tingkah lucu semua siswinya, yang enggak tahu apa itu makanan cepat saji, pusat permainan, ponsel pintar, dan sebagainya. Sebenarnya anime dengan genre seperti ini adalah hal biasa, terutama memang anime ini bergenre harem. Karena harem, tentu tak lepas dari ecchi, tapi cerita ini enggak berfokus pada mesumnya, melainkan interaksi antar karakter. Eksekusi cerita diawal episode pun terbilang mainstream, di mana ada pemaksaan untuk pindah sekolah tanpa adanya alasan yang jelas. Meski nanti juga ada penjelasan singkatnya, sih.

Karakter
Agak susah juga jelasinnya. Karakter perempuan yang paling sering disorot yaitu: Reiko Arisugawa, Karen Jinryou, Hakua Shiodome, Aika Tenkuubashi. Tapi, didalam sampul ada dua perempuan lain yang salah satunya memang lumayan banyak disorot meski enggak sebanyak karakter utamanya, yaitu Miyuki Kujou, dimana dia adalah pelayan pribadinya Kimito. Ada juga Eri Hanae, dalam cerita dia adalah teman Kimito di sekolah yang lama. Eri ini sangat jarang disorot, hanya saja dia seperti masuk dalam haremnya Kimito. Ah, pokoknya kalau kalian lihat pasti paham maksud saya. Oh, iya, setiap karakter (saya membahas empat karakter perempuan yang sering disorot) memiliki sifat yang berbeda. Enggak ada yang sempurna, enggak ada juga yang jelek. Jadi di sini membuat penonton terkadang sulit untuk memilih karakter kesukaannya. Soalnya kadang salah satu karakter sudah terlihat cocok buat jadi pasangan Kimito, tapi ternyata dia memiliki sisi lain menurut saya mengubah imej “cocok” itu.

Art
grafisnya sebenarnya enggak bagus - bagus amat, mungkin bisa dibilang ini grafis standar untuk anime Komedi-Romantis. Ada juga beberapa adegan dimana grafisnya berubah menjadi lembut, bagaimana ya bilangnya, pokoknya berubah jadi chibi atau semacamnya, deh. Tapi grafis yang disuguhkan bagi saya sudah masuk kategori layak untuk penggambaran karakter cewek imut dan cantiknya.

Ost
Lagu Pembuka: Ichizu Recipe 「イチズレシピ」oleh Idol College dan Lagu Penutup: Twilight ni Kienaide 「トワイライトに消えないで」 oleh Yumi Hara. Jujur saja, saya tidak terlalu menyukai kedua lagu diatas. Tapi ilustrasi yang diberikan saya menyukainya, terutama di lagu penutup. Dimana Kimito naik pohon hingga ke puncak sambil bertemu dengan karakter lain diperjalanannya.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 6 / 10
Ore ga Ojousama Gakkou ni "Shomin Sample" Toshite Gets♥Sareta Ken : 7.5 / 10

Buat anime harem-komedi seperti Shomin Sample ini menurut saya layak buat ditonton. Intinya mah lawakannya dapet banget. Oh, iya, saya sampai lupa. Sekadar info + spoiler. Di episode berapa, lupa, ada adegan di mana muncul manga yuru yuri, dan cerita dalam manga itu sama persis seperti Yuru Yuri San☆Hai episode 7.

Next

Related


EmoticonEmoticon