November 11, 2017

[Review Anime] Plastic Memories


Yosh!!, Kali ini saya akan mereview sebuah anime yang keluar pada musim Spring 2015 lalu. Salah satu anime yang tayang adalah Plastic Memories,Yap Plastic Memories,mungkin bagi orang awam juga pasti akan tahu maksud dari judul anime ini.

Judul : Plastic Memories

Tanggal Rilis : 5 April 2015
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Episode
Genre : Drama, Romance, Sci-Fi
Sumber Cerita : Original
Studio : Doga Kobo

Sinopsis

Era teknologi membawa manusia pada penemuan luar biasa: Giftia, sejenis android yang mampu berkomunikasi dan memiliki perasaan sama persis seperti manusia pada umumnya. Menjadi asisten, teman, hingga orang yang disayangi dapat dilakukan oleh Giftia. SAI Corporation, itulah perusahaan yang bertanggung jawab atas penemuannya.Satu kekurangan, suatu Giftia hanya punya waktu hidup sepanjang 81.920 jam sebelum akhirnya mengalami degradasi data dan ingatan, serta berpotensi mengamuk dan melakukan kerusakan. Anak perusahaan SAI Corporation bernama Terminal Service pun dibentuk untuk tujuan penanganan. Anime ini berkisah tentang Mizugaki Tsukasa, seorang pekerja baru di Terminal Service yang harus berpasangan dengan Isla, salah satu Giftia untuk mengambil kembali para Giftia yang akan memasuki masa kadaluwarsa.

Jalan Cerita

Berlatar belakang masa depan dimana Android telah tercipta yang wujudnya bahkan mirip sekali dengan manusia. Dan Android tersebut disebut Giftia dengan memiliki perasaan yang sama layaknya manusia. Di sini diceritakan kalau setiap Giftia memiliki usia yang telah ditetapkan, yaitu 9 tahun 4 bulan. Dan bila sudah mencapai umur tersebut, sang tokoh utama bernama Tsukasa Mizugaki, selaku karyawan dari sebuah perusahaan SAI dimana dia bertugas untuk menarik Giftia yang usia hampir habis. Lalu, apa yang terjadi bila Giftia sudah habis usia? Petugas SAI akan menariknya dan mematikan programnya, dan bila tidak segera dimatikan, sang Giftia akan berubah menjadi tak terkendali. Dan, kenapa judulnya Plastic Memories? Ini hanya asumsi saya, jadi tidak perlu dipercaya. Giftia adalah android yang memiliki perasaan, dan setiap manusia dapat menggunakannya sebagai manusia juga, sebut saja teman, orang tua, anak, atau pacar … mungkin? Nah, bila usia mereka sudah 9 tahun 4 bulan, maka akan ditarik dan dimatikan. Inilah yang menjadi alasannya, bukankah mereka (Giftia) sudah memiliki berbagai ingatan dan kenangan selama hidupnya? Namun apa mau dikata, bila sudah waktunya ditarik maka akan dimatilan. Semoga kalian mengerti maksud saya.

Karakter

Tsukasa Mizugaki, si tokoh utama dipasangkan dengan Isla, seorang Giftia dalam pekerjaannya. Seperti yang saya bilang, Giftia memiliki usia yang telah ditetapkan. Dan di sini, Isla adalah perempuan dan Tsukasa tentu saja laki - laki. Isla adalah Giftia yang memiliki kemampuan khusus, yaitu pandai membuat teh. Namun selain kemampuan itu dia sangatlah ceroboh. Ada pula karakter lain seperti Michiru Kinushima si tsundere dengan rekan Giftianya, Zack. Dan beberapa lainnya yang bekerja di perusahaan yang sama dengan Tsukasa.

Art

Awalnya saya enggak tahu anime ini digarap oleh studio apa, namun dari yang saya perhatikan sepertinya desain Art nya mirip dengan Mikakunin de Shinkoukei. Apalagi desain karakternya. Dan setelah saya telusuri ternyata memang digarap oleh studio yang sama, yaitu Doga Kobo.
Untuk keseluruhan sih lumayan, desain karakter juga unik. Jarang - jarang lihat anime dengan Art seperti ini. Atau mungkin saya yang baru mengetahui Art seperti ini?

Ost

Lagu pembukanya bejudul Ring of Fortune diisi oleh Eri Sasaki dan lagu penutupnya berjudul Asayake no Starmine oleh Asami Imai. Lagu pembuka cocok dengan konsep cerita, dan saya menyukainya. Begitu pula dengan lagu penutup yang ngena. Karena saya terlalu fokus dengan ceritanya, saya jadi mengabaikan efek suaranya. Yang saya ingat cuma beberapa suara yang memang seharusnya ada seperti suara mobil masa depan. Ah, itu tidak penting. Ok, lupakan.

Overall

Jalan cerita : 9.5 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10
Plastic Memories : 8.8 / 10

Anime yang cocok ditonton dikala senggang,namun siapkan hati dan mental juga karena anime ini akan memberikan ending yang menyedihkan, jadi siapkan diri ya,anime ini juga memiliki cerita yang menarik jadi menurut saya anime ini wajib ditonton.

Next

Related


EmoticonEmoticon