November 10, 2017

[Review Anime] Photokano


Post kali ini saya mau ngebahas anime yang cukup unik, Karena anime ini memakai sistem “Omnibus Format” di dalam ceritanya sama seperti anime Amagami SS, Yosuga no Sora, Seiren dll.

Judul : Photokano

Tanggal Rilis : 5 April 2013
Episode : 13
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Ecchi, Romance, School
Sumber Cerita : Visual novel
Studio : Madhouse

Sinopsis

Ceritanya berkisah tentang seorang cowok SMA bernama Maeda Kazuya, yang mendapat hadiah kamera DSLR dari ayahnya. Berkat kamera itu, kepribadiannya mulai berubah menjadi lebih aktif dalam bersosialisasi dan lebih aktif juga dalam mendekati cewek - cewek, baik yang dia kenal maupun tidak. Karena berambisi ingin menjadi fotografer yang baik, dia direkrut oleh Klub Fotografi di mana anggota-anggotanya punya skill fotografi yang tinggi, namun bejatnya keterlaluan. Maka dimulailah cerita Kazuya bersama dengan cewek - cewek cantik yang ia dekati.

Jalan Cerita

Photokano adalah anime yang menggunakan sistem "Omnibus Format" dalam ceritanya. Lah, apaan lagi ini Omnibus - Omnibus segala..? Jadi, Omnibus Format dari segi anime itu, mereka menerapkan cerita dengan alur waktu yang berbeda dengan karakter terlibat yang berbeda pula di setiap atau beberapa episodenya. Nah, dalam satu atau beberapa episodenya, si main character akan fokus dengan satu karakter hingga happy ending. Dan di episode selanjutnya, alur cerita akan berubah dan karakter yang difokuskan pun berganti dengan karakter yang lain. Contoh anime yang pake Omnibus Format? Ya, ga usah jauh - jauh deh.. Pada pernah liat Amagami SS kan? Atau misalnya, Yosuga no Sora. Pada pernah liat Yosuga no Sora kan? Kalo iya, maka segeralah bertobat, nak... #pffttt :v

Karakter

Nah, diliat dari segi karakter, Photokano dirasa cukup bagus... Diawal episode hingga episode 4 adalah pengenalan dari tiap karakter yang nantinya bakal terlibat dengan Kazuya. Dan dari episode 5 dan seterusnya, dimulailah cerita Kazuya dengan para cewek - cewek cantik. Setiap heroine mempunyai masalah pribadi masing - masing, baik itu masalah pribadi ataupun masalah dengan Kazuya sendiri. Dan disinilah peran penting Kazuya untuk mendukung dalam menyelesaikan masalah tersebut hingga tercapai happy ending. Ya, meskipun dirasa jatah untuk tiap karakter cewek hanya 1 episode (pengecualian buat Haruka yang dijatah 2 episode), tetapi mereka dapat merangkum ceritanya dengan baik, kesannya ya engga ada unsur rushnya gitu deh..

Art

Kalau dari segi grafik studio Madhouse gak usah diragukan lagi deh... Tapi, yang menarik dari Photokano adalah setiap episode yang selalu disuguhi Photoshot Scene. Apalagi hampir di setiap karakter dipastikan ada Beach Scene. Nah, ngerti sendiri kan kalau di pantai, apa yang paling ditunggu-tunggu? Yakk, apa lagi kalau bukan Bikini Time !! :v Selain itu, di setiap akhir episode selalu disuguhi dengan Love Conffesion Scene atau bahasa gaulnya "kokuhaku" ke masing - masing heroine dan diakhiri dengan Kiss Scene, bahkan dengan adiknya sendiri !! (Yaa, bukan adik kandung sih..).

Ost

Opening Theme berjudul ”Koisuru Lens” by Kaori Hayato terdengar cukup asyik. Yaa.. asyik video Openingnya :v Untuk Ending Theme berjudul “Smile F” by Uta Kano menurut saya sih biasa - biasa saja, atau mungkin saya aja yang kurang perhatiin :3

Overall

Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 7.5 / 10
Photokano : 8 / 10

Photokano merupakan salah satu anime yang cukup bagus di tahunnya. Apalagi masih sangat jarang juga menemukan anime dengan alur Omnibus Format seperti ini. Meskipun begitu, belum ada sama sekali kabar akan dirilisnya season 2. Ya, namanya juga Madhouse.

Next

Related

2 komentar

Gua suka ketika dia ama Namii.. Eh baru sadar.. Alurnya bikin pala mumet.. :v

Kalo gw sih pengennya pilih semua tp klo cm boleh ambil sedikit gw pilih Haruka Niimi, Yunoki Rina, Muroto dan Sakura Mai


EmoticonEmoticon