November 10, 2017

[Review Anime] Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru


Kali ini saya mau review anime Harem, Romance, Comedy yang tayang pada Winter 2013 “berjudul ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru”, atau dikenal juga dengan nama OreShura. Seperti judulnya yg berarti "Pacar dan teman kecilku terlalu sering berantem" yah kurang lebih begitulah.

Judul : Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru

Tanggal Rilis : 6 Januari 2013
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Comedy, Harem, Romance, School
Sumber Cerita : Light novel
Studio : A-1 Pictures

Sinopsis

Anime ini mengisahkan tentang Kidou Eita, seorang laki-laki yang mempunya cita-cita untuk bisa masuk ke sekolah kedokteran. Bagi Eita, semua hal yang dapat menghalangi cita-citanya tersebut tidak ia butuhkan. Termasuk hal indah yang dinamakan ‘Cinta’. Dia tidak suka hal berbau romantisme dan mendeklarasikan diri sebagai ‘Anti-Love’. Dia terus memegang prinsipnya tersebut sampai pada suatu hari ada seorang gadis blasteran bernama Natsukawa Masuzu yang pindah ke kelasnya. Ceritanya sendiri bermula ketika Masuzu, dikarenakan ‘suatu alasan tertentu’, mengutarakan cintanya kepada Eita. Dan ‘karena suatu alasan tertentu pula’, Eita tidak bisa menolak cinta Masuzu. Darisini lah cerita Oreshura bergulir..

Jalan Cerita

Cerita bermula ketika Eita terpaksa duduk bersebelahan dengan Natsukawa Masuzu, cewek paling populer di sekolahnya. Meskipun Eita tidak mempedulikan, tapi Eita sudah merasa kalau Masuzu punya suatu rencana. Sampailah suatu hari Masuzu meminta Eita menjadi pacarnya. Namun Eita tidak mudah tertipu, dia meminta penjelasan dari Masuzu. Masuzu pun jujur kalau dia cuma ingin pura - pura pacaran untuk menghindari gosip di sekolahnya. Meskipun Eita menolak, akan tetapi tanpa diduga Masuzu mempunyai buku harian Eita sewaktu dia masih mengidap sindrom Chuunibyou. Eita yang tidak sanggup membayangkan buku harian memalukannya disebarluaskan akhirnya pasrah dan menuruti kemauan Masuzu. Cerita dalam Anime Oreshura ini baru terkesan hidup semenjak Chiwa, teman dekat Eita, tidak terima kalau Eita berpacaran dengan Masuzu. Di tambah adanya satu karakter tambahan yang juga menyukai Eita, Himeka Akishino. Sempat mulai membosankan, muncul satu karakter lagi, yakni Fuyuumi Ai. Fuyuumi berencana menghentikan kegiatan Klub yang dijalankan oleh Masuzu. Karakter Fuyuumi yang agak tsundere membuat story dalam anime oreshura ini kembali hidup. Semuanya menjadi seru karena semuanya mempunyai penggambaran karakter yang unik. Dan pada akhirnya mereka semua menjadi jatuh hati pada Eita. Lalu siapa yang akan dipilih oleh Eita ? Masuzu yang begitu cantik dan populer , Chiwa yang merupakan teman dekatnya sejak kecil, Himeka yang menyayanginya tulus sepenuh hati, atau si tsundere menggemaskan Fuyuumi Ai ?

Karakter

Salah satu bagian terkuat dari OreShura adalah karakternya. dimana setiap karakter memiliki keunikan masing - masing meski mengandalkan konsep - konsep klise. protagonis kita Kidou Eita kadang terllihat seperti dia tidak paham keadaan, tapi ini bukan karena dia bodoh atau tidak peka tapi karena dia sudah menolak konsep cinta. hal ini disebabkan oleh masalah keluarga antara kedua orang tuanya yang menyebabkan dia menyebabkan dia ditelantarkan oleh orang tuanya dan terpakasa hidup dengan kerabatnya. Sedangkan untuk heroine-nya, mereka diberikan alasan masing - masing untuk jatuh cinta pada Eita, dengan pengecualian untuk Masuzu yang pada awalnya tidak memiliki perasaan pada Eita namun cintanya justru tumbuh secara perlahan seiring jalannya cerita.

Art

Anime ini digarap oleh A-1 Pictures, Animasi OreShura bisa dibilang cukup memuaskan. Meski terdapat beberapa bagian dimana wajah karakter terlihat agak aneh, secara keseluruhan OreShura memiliki animasi yang solid. diiringi dengan palet warna yang cerah dan penuh warna, memberikan kesan anime romantis yang manis dan ringan. artstyle yang digunakan memang kadang terasa terlalu cerah sehingga bagi yang tidak tahan, siap - siap untuk menurunkan brightness monitornya.

Ost

Openingnya terasa sangat enerjik dan penuh warna dengan musik J-pop yang dinyanyikan oleh ke-empat seiyuu heroine-nya. diringi dengan visula crah dan ceria memberikan gambaran jelas tentang anime ini. sedangkan ending nya yang dinyanyikan oleh Tamua yukari, VA dari Masuzu juga sangat enak untuk didengar. Dibagian Soundtrack tidak ada yang menonjol, bahkan kadang tak terasa kalau ada soundtrack music yang diputar di background.

Overall

Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 7 / 10
Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru : 8.2 / 10

Anime Romcom yang bisa sangat memuaskan seperti ini sangat jarang saya temukan. dan jujur saya sangat suka anime ini karena story dan karakternya yang solid serta romance dan komedi yang menghibur membuat anime ini menjadi salah satu anime penyegar hati ketika hari suram.

Next

Related


EmoticonEmoticon