November 13, 2017

[Review Anime] Noragami


Anime ini awalnya saya hanya tertarik dengan sinopsisnya. Dan ternyata setelah ditonton bagus juga, Bahkan semalam suntuk saya tidak tidur hanya untuk menonton anime ini :3

Judul : Noragami

Tanggal Rilis : 5 Januari 2014
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Adventure, Shounen, Supernatural
Sumber Cerita : Manga
Studio : Bones

Sinopsis

Noragami mengisahkan tentang Dewa yang tak terkenal bernama Yato. Yato menyatakan dirinya sebagai "Delivery God" dan bercita-cita untuk mempunyai kuil sendiri dan juga banyak pengikut. Namun tujuannya jauh dari kenyataan, dia menghabiskan hari-harinya untuk bekerja pekerjaan aneh yang hanya di bayar 5 yen, hingga partner senjatanya muak dan meninggalkan Yato. Suatu hari Yato bertemu dengan seorang manusia wanita bernama Iki Hiyori. Saat itu Hiyori melihat Yato akan ditabrak oleh kendaraan, dan dengan refleks Hiyori menolong Yato dari kecelakaan itu. Namun hal itu membuat jiwa Hiyori dapat keluar dari tubuh karena berinteraksi dengan alam gaib. Karenanya jiwa Hiyori sering keluar dari tubuhnya pada waktu acak. Hiyori tidak ingin selamanya begitu, dan meminta pertolongan Yato agar tubuhnya dapat kembali seperti semula. Karena Yato ingin membalas kebaikan Hiyori, Yato pun menyetujuinya dan berniat menolong Tubuh Hiyori agar dapat kembali seperti semula. Namun Yato tidak tau bagaimana cara untuk mengembalikan tubuh Hiyori seperti semula. Mereka pun memulai petualangan untuk mencari tau cara menyembuhkan tubuh Hiyori sekaligus melawan siluman jahat serta melakukan pekerjaan-pekerjaan, demi mendapatkan uang untuk mencapai cita-cita Yato.

Jalan Cerita

Anime ini berawal dari Hiyori Iki yang selalu di-bully oleh teman-teman sekelasnya. Hiyori pun menghubungi Dewa Yato, seorang dewa yang mengabulkan segala permintaan dengan bayaran 5 yen. Dengan bantuan Mayu, seorang Regalia yang menjadi Senjata Suci Yato, akhirnya Yato berhasil mengalahkan Phantom yang mengganggu Hiyori. Akan tetapi, tiba - tiba Mayu berhenti menjadi Regalia Yato karena Yato (meskipun dewa) lebih mirip seorang gelandangan, tak punya kuil, dan hidup miskin. Yato pun tetap menjadi dewa, walaupun sebenarnya tanpa Regalia, dia tidak bisa berbuat apa - apa. Saat melakukan pekerjaan pertama tanpa Regalia, Yato hampir tertabrak bus, namun Hiyori menyelamatkannya. Hiyori tidak meninggal, namun dia menjadi setengah phantom. Hiyori pun meminta Yato mengembalikan dirinya ke keadaan semula. Yato pun menyanggupinya meski permintaan itu tak segera dikabulkan. Hiyori pun akhirnya mengikuti petualangan Yato hingga Yato akhirnya menemukan Regalia yang baru. Dia bernama Yukine, seorang anak laki - laki yang masih labil. Karena Dewa dengan Regalia memiliki hubungan yang kuat, maka tiap kali Regalia berbuat salah, maka akan menyakiti Dewa pemiliknya. Demikianlah yang terjadi pada Yato. 

Karakter

Saya suka dengan karakter anime ini. bagaimana berbagai sisi dari para karakter ditampilkan dengan natural dan berhasil dikembangkan dengan baik seiring jalannya cerita. Mulai dari penggambaran karakter remaja melalui Yukine yang labil dan kesepian, sisi lain dari Yato, karakter Nora yang manis dan misterius, sampai Rabo sang villain yang kejam karena sebenarnya kesepian.

Art

Secara overall, Animasi dan Artwork dalam Noragami disajikan oleh BONES dengan detail dan konsistensi yang sangat baik, and the special effect everytime a Phantom slayed was especially beautiful..^^

Ost

Taku Iwasaki yang juga menangani musik untuk Gatchaman Crowds, Gurren Lagann series, dan Black Butler series mengiringi Noragami dengan berbagai BGM instrumental yang memberikan kesan misterius dan intense, tapi tetap manis di beberapa adegan, serta berhasil membangun efek mistis yang megah melalui BGM sejenis orkestra tradisional khususnya ketika ritual setiap kali Yato menjalankan pembasmian Phantom. Untuk OP berjudul “Goya no Machiawase” by Hello Sleepwalkers dan ED berjudul “Heart Realize” by Tia.

Overall

Jalan Cerita : 9.5 / 10
Karakter : 10 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 9 / 10
Noragami : 9.6 / 10

Noragami adalah anime yang RECOMMENDED, action-supernatural yang apik dengan cerita yang berbobot tentang hati manusia dan persahabatan dengan bumbu romance-comedy yang fresh, disajikan dengan animasi dan music yang indah, dan dihidupkan oleh performance para seiyuu yang luar biasa.


Next

Related


EmoticonEmoticon