November 13, 2017

[Review Anime] Mahouka Koukou no Rettousei


Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang salah satu anime keren yang patut ditonton, khususnya kalian yang suka anime bergenre action romance. Anime ini berjudul Mahouka Koukou no Rettousei, salah satu rekomendasi anime drama action school yang keren. 

Judul : Mahouka Koukou no Rettousei

Tanggal Rilis : 6 April 2014
Episode : 26
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Sci-Fi, Supernatural, Magic, Romance, School
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Madhouse

Sinospsis

Anime ini Menceritakan tentang sekolah sihir (Magic High School) dimana para murid-muridnya dididik sebagai Magician (penyihir) yang diharapkan dapat berguna dalam masyarakat. Tatsuya dan Miyuki, kakak-beradik yang merupakan tokoh utama dalam kisah ini adalah murid baru di First High School dimana sistem pembelajarannya terbagi menjadi 2, yaitu : First Course yang berisi murid-murid dengan nilai terbaik dan disebut sebagai ‘Bloom’ dan Second Course, murid-murid dengan nilai akademik yang rendah dan disebut ‘Weed’. Di sekolah ini, berbagai masalah dan tantangan datang menghadang Tatsuya dan Miyuki, menguji kematangan pribadi serta kemampuan sihir mereka.

Jalan Cerita

Anime ini tampaknya disusun melalui perencanaan yang sangat matang. Sebagai permulaan, anime ini  berhasil menjadikan sihir terasa benar - benar seperti sebuah teknologi baru. Anime ini mempertimbangkan baik metode pengklasifikasian sihir maupun korelasinya dengan hukum - hukum fisika, dan ini jelas bukan sesuatu yang dikerjakan secara asal-asalan. Demikian pula dengan bagaimana anime ini membangun settingnya. Penggunaannya sebagai senjata di dalam perang merupakan latar belakang yang masuk akal atas ketertarikan yang cenderung mendadak terhadap sihir, dan kemudian segregasi yang timbul di antara para murid adalah dampak yang logis ketika mereka mulai dinilai menurut kemampuan. Kedua hal ini menunjukkan bahwa sekolah - sekolah sihir seperi Dai-ichi Koukou bukan hadir begitu saja, melainkan didasari oleh pemikiran cermat yang menjelaskan sebab dan akibatnya. Sihir sebagai ilmu pengetahuan? Tatsuya adalah orang yang paling menguasainya. Perlombaan negara - negara dalam mengimplementasikan sihir pada kekuatan militer? Tatsuya merupakan aset nasional yang tidak tergantikan. Segregasi yang terjadi di antara pada murid di sekolah sihir? Tatsuya adalah orang pertama yang mendobraknya. Persaingan dengan sekolah - sekolah sihir yang lain? Tatsuya merupakan kunci yang memberi keunggulan pada Dai-ichi Koukou. Bagaimana satu orang bisa menjuarai begitu banyak hal sekaligus!? Silahkan nonton sendiri animenya.

Karakter

Singkatnya, karakter Shiba Tatsuya terlalu sempurna, dan hal itu menjadikannya benar - benar membosankan. Meskipun anime ini ingin menggambarkan bahwa mentalnya telah ditempa secara langsung dalam medan tempur, sikap Tatsuya yang sama sekali tidak terpengaruh dalam situasi seperti apapun dan seolah sudah memiliki semua jawaban untuk setiap masalah membuatnya tampak seperti robot yang tidak punya emosi. Sementara pada sisi kemampuan fisik, Tatsuya adalah seorang ahli Ninjutsu dengan kecepatan yang memungkinkannya untuk menahan peluru, dia dapat seketika menganalisa dengan teliti tahapan - tahapan pada segala jenis sihir, dia sanggup menembak dari jarak ratusan meter dengan akurasi yang menakjubkan, dia mampu menyembuhkan luka yang paling parah sekalipun hanya dalam sekejap, dan dia bahkan juga memiliki pandangan yang menembus dinding!. walaupun dia mungkin tidak mampu menggunakan sihir secepat orang lain, apakah ada yang bisa menyangkal jika dikatakan bahwa Tatsuya tetap dapat melakukan apa saja yang dia inginkan?. Untuk karakter lain, tidak ada yang berperan cukup penting. sekedar muncul pada adegan - adegan pertarungan, dan meski masing - masing memiliki kisah latar sendiri, semua informasi itu pada akhirnya tidak berarti banyak dan berlaku hanya untuk sesaat. Bahkan tidak pula Shiba Miyuki, yang seharusnya menjadi tokoh utama perempuan di anime ini. Syukurlah, pada pertengahan kedua dari cerita anime ini, sang Rettousei akhirnya digantikan oleh tokoh - tokoh utama yang lain. Muncul berikutnya adalah Oogura Ryuuya, anggota unit pasukan khusus dari militer Jepang yang unggul baik dalam hal pertempuran langsung di medan perang maupun dalam hal taktik, dan Taurus Silver, seorang pengembang senjata legendaris yang begitu jenius hingga mempersingkat kemajuan teknologi sepuluh kali lebih cepat, dan juga seorang pemuda misterius, anggota rahasia keluarga penyihir Yotsuba yang disebut-sebut akan menjadikan mereka lebih kuat daripada siapapun. ... Oh, tunggu dulu. Semua karakter  tersebut ternyata merupakan orang yang sama! .... Ya, itu benar. Mereka semua masih tetap Shiba Tatsuya.

Art

Animasi di anime ini terlihat luar biasa pada hampir semua adegan, namun yang paling membuatnya istimewa adalah bahwa anime ini berhasil menampilkan sihir sebagai sejenis teknologi. Aplikasinya yang memerlukan proses daripada muncul seketika seolah mengindikasikan bahwa sihir - sihir tersebut memang melalui suatu mekanisme dan serangkaian kalkulasi di baliknya. 

Ost

Ada satu lagu yang sangat menarik untuk kalian dengar, yaitu opening ke-1 dari Mahouka Koukou no Rettousei yang berjudul “Rising Hope” by LiSA. Jujur waktu saya dengar lagu opening ke-1 nya, saya langsung suka. Tidak hanya openingnya saja, endingnya juga lagunya mellow - melow dan enak didengar.

Overall

Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter :  8.5 / 10
Art : 9.5  / 10
Ost : 9.8 / 10
Mahouka Koukou no Rettousei : 9.2 / 10

Buat yang suka sama anime sihir (mahou), anime ini patut untuk ditonton. Apalagi yang belom pernah nonton tentang sihir abad 21 :v Story line seru, desain karakter dan animasinya juga sangat keren. 


Next

Related


EmoticonEmoticon