November 10, 2017

[Review Anime] Love Live! School Idol Project


Salah satu anime bagi para wota yang nggak boleh ketinggalan, Love Live! School Idol Project. Anime yang digarap oleh Sunrise studio ini dirilis pada tanggal 6 Januari 2013 dan selesai pada tanggal 31 Maret 2013 dengan 13 episode.

Judul : Love Live! School Idol Project

Tanggal Rilis : 6 Januari 2013
Episode : 13
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Music, Slice of Life, School
Sumber Cerita : Other
Studio : Sunrise

Sinopsis

Anime ini bercerita tentang Honoka Kousaka, seorang siswi yang sangat mencintai sekolahnya, SMA Otonokizaka. Ketika sekolahnya direncanakan akan ditutup dikarenakan jumlah pendaftarnya yang sedikit, ia menjadi terdorong untuk menyelamatkannya. Melihat bahwa grup idola sedang populer, Ia dan teman-temannya memulai grup idola sekolah bernama µ’s (baca : muse) dengan harapan agar dapat menarik pendaftar baru di sekolahnya. Mereka berusaha membuat grup idolanya menjadi lebih populer dengan berpartisipasi pada ‘Love Live’, sebuah ajang kompetisi untuk mencari grup idola terbaik.

Jalan Cerita

Menceritakan tokoh utama Honoka yang begitu shocked mengetahui bahwa sekolahnya akan ditutup akibat peminatnya dari tahun ke tahun semakin sedikit. Ia tidak ingin sekolah yang penuh kenangan ini ditutup begitu saja. Ia yang sebelumnya tidak memiliki kemampuan apa - apa bertekad akan menyelamatkan sekolahnya. Keesokannya ia pergi ke suatu sekolah yang jumlah peminatnya dari tahun ke tahun terus meningkat tajam. Ternyata hal itu disebabkan oleh kehadiran idol sekolah mereka yang begitu memukau. Mengamati hal tersebut, akhirnya Honoka juga memutuskan untuk membuat idol sekolah di sekolahnya. Awalnya sahabat dekatnya Ume dan Kaori merasa ide Honoka sangat mustahil untuk dilakukan, tetapi Honoka tidak pantang menyerah. Melihat keteguhan hati Honoka, Ume pun luluh dan setuju mengikutinya, begitu juga Kaori. Mereka terus berusaha, walaupun banyak juga orang menyela tapi mereka tak menyerah. Banyak rintangan mereka hadapi, mulai dari konser pertama yang nyaris gagal karena tak ada yang datang untuk melihat, kemudian rintangan yang dilakukan oleh ketua osis mereka serta yang lainnya yang masih menghadang mereka. Mampukah Honoka dan lainnya menyelamatkan sekolah mereka? Silahkan tonton animenya.

Karakter

Untuk karakter seperti yang saya cuma bisa bilang "Good Looking ?!". Begitulah menurut saya. deisgn yang cukup bagus untuk menarik perhatian para penonton. Dan yang membuatnya berbeda dari anime idol lainnya adalah 3DCG milik Love Live ketika sedang beraksi. Namun untuk design character agak disayangkan. Dari beberapa character yang ada, rasanya terasa seperti copas. Contohnya sang main character Honoka Kosaka yang mirip dengan Hikari Kirishima dari AKB0048. Kemudian Nico yang mirip dengan Azusa Nakano dari K-ON, dan parahnya lagi kedua anime ini juga mengangkan genre yang sama, yaitu "music". Kalau aja dibikin beda mungkin akan lebih gregetz.

Art

Satu yang cukup menarik di anime ini adalah bagaimana teknik pengambilan perspektif gambar yang ditampilkan. Selain sudut pandang yang ditampilkan cukup dinamis, di anime ini juga ada beberapa adegan yang menampilkan sudut pandang memutar dan makin menambah kesan dinamis. Berbicara mengenai animasi, secara visual anime ini tampil cukup menarik. Masing - masing karakter anggota grup idola µ’s yang memiliki sifat - sifat uniknya tersendiri mampu membawa warna - warni yang khas.

Ost

Berbagai macam lagu official yang merdu bisa kita dengarkan di anime Love Live ini. Dibagian opening kita bisa mendengarkan "Bokura wa Ima no Naka de" (僕らは今のなかで, lit. "We're Living in the Moment"), dan di ending ada "Kitto Seishun ga Kikoeru" (きっと青春が聞こえる, lit. "Surely Our Youth Can Be Heard"), dan tentu saja dibawakan oleh sang seiyu para anggota μ's. Pada bagian BGM juga tak mau kalah ambil peran. Background music yang begitu menyatu dengan setiap scene menambah nilai plus dibagian story, apalagi ketika scene sedih - sedih gitu, bisa bikin air mata keluar.

Overall

Jalan Cerita : 9.8 / 10
Karakter : 8.8 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 10 / 10
Love Live! School Idol Project : 9.5 / 10

Story dan music-nya sudah cukup bagus, dan saya rasa “worth” untuk mengkoleksi semua album μ's :v

Oh iya, sekedar info juga. Love Live School Idol Project juga ada gamenya. Kalo nggak salah untuk iOS, Android, dan juga PS Vita. Kalo mau nyobain silahkan googling sendiri, or beli yang official aja biar sekalian bantu produsernya :v

Next

Related


EmoticonEmoticon