November 10, 2017

[Review Anime] Log Horizon (S1+S2)


Kali saya akan mereview anime yang sukses membuat saya bisa merasakan tempat, suasana, latar, budaya, dan lainnya.

Judul : Log Horizon & Log Horizon 2nd Season

Tanggal Rilis : S1: 5 Oktober 2013, S2: 4 Oktober 2014
Episode : (25+25) 50
Durasi : S1: 25 Menit, S2: 24 Menit per Eps
Genre : Action, Game, Adventure, Magic, Fantasy
Sumber Cerita : Novel
Studio : S1: Satelight, S2: Studio Deen

Sinopsis

30000 pemain game MMORPG "Elder Tale" di Jepang mendadak masuk ke dalam game yang mereka mainkan setelah update-nya ke patch terbaru. Masalahnya, tidak ada seorang pun yang dapat melakukan logout. Shiroe adalah pemain Elder Tale yang ikut tersedot masuk ke dalam game. Dia pun berusaha memikirkan bagaimana caranya bertahan hidup di dunia yang baru ini bersama temannya, Naotsugu dan Akatsuki.

Jalan Cerita

Anime yang satu bercerita tentang seorang pemuda bernama Shiroe, kejadiannya agak mirip sih dengan Sword Art Online karena di Anime ini para karakter juga terjebak di dalam dunia game. Nama game yang mereka mainkan adalah “Elder Tales” merupakan game yang paling populer saat itu, namun entah mengapa suatu waktu mereka semua terjebak di dalam game tersebut, Nah di sinilah petualanngan Shiroe di mulai, Shiroe merupakan karakter utama yang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Saat ini Shiroe mendirikan sebuah guild bernama “Log horizon”, namun sebelum tergabung dalam guild itu Shiroe sempat memiliki sebuah Party yang bernama “Debauchery Tea Party” namun akhirnya bubar, cukup di sayang kan sih karena anggota Party Shiroe yang lama merupakan orang orang yang berkualitas dengan kemampuan yang luar biasa.

Karakter

Shiroe sebagai protagonis nggak bisa saya katakan kompleks, bahkan bisa didefinisikan hanya oleh satu Frasa: Benevolent Mastermind. Tapi! Yang membuat saya terkagum-kagum dengan karakter yang satu ini adalah... kecerdasannya bukan kecerdasan palsu!
Saya nggak bicara strategi pertempuran karena sebagian besar battle di anime ini sebenernya cuma sarana untuk penjelasan skill, job, event, dan dungeon yang ada di Elder Tale. Yang saya maksud di sini adalah cara Shiroe menyelesaikan masalah Sosiokultural dengan observasi yang tajam dan pengambilan keputusan yang tepat sasaran. Susah menjabarkan hal tersebut tanpa spoiler, maka dari itu saya tumpahin sekalian. Nggak cuma itu, Shiroe juga ahli dalam teamwork dan people management. Di tangannya, noob yang cupu nggak karuan pun bisa jadi aset yang menentukan. Decak kagum nggak bisa saya tahan ketika Serara yang masih level belasan sanggup diberdayakan secara maksimal. Bocah - bocah korban trafficking pun nggak sekedar disuruh menunggu, tapi tetap harus melakukan bagiannya agar segala rencana berjalan lancar. Bahkan salah satunya (Minori) berkembang menjadi "mini-Shiroe" yang sanggup menjadi Field Commander yang efektif!
Dan satu hal lagi yang membuat Shiroe menjadi sosok yang amat sangat keren di mata saya adalah... dia nggak nge-cheat! Nggak punya skill yang Overpowered, nggak punya senjata spesial aneh - aneh, bukan gamemaster (GM), dan nggak berusaha dengan segala cara untuk menjadi orang terkuat sejagat Elder Tale. Lantas apa yang membuatnya bisa Outwitting semua yang menghalangi tujuannya? Cuma satu hal: Paradigmanya. Sementara orang lain masih memandang Elder Tale sebagai sekedar game, Shiroe sudah mulai memandangnya sebagai dunia yang berbeda dari Elder Tale yang dia tahu. Itulah kenapa dirinya selalu selangkah di depan. Untuk karakter lainnya gak ada hal khusus sih jadi gak akan saya bahas.

Art

Serius, secara visual nggak bisa bersanding dengan anime - anime di musim yang sama (Fall 2013 - Winter 2014). Mau bandingin sama apa? Background alam Non Non Biyori yang sejuk dan desain karakternya yang unyu? Penggambaran lautan super cantik di Nagi no Asukara? Sintingnya jebret-jebretan di Kyoukai no Kanata? Heck, cewek - cewek di Mikakunin de Shinkoukei pun masih tampak lebih cute dan cerah. Apalagi bandingin sama Chuu2Koi Ren, battle alam transendennya no brainer bagus banget. Saya juga mau protes untuk desain kostumnya. Terlalu polos untuk sesuatu ber-genre fantasi, khusunya desain armor buat job Guardian. Di sini... kurang seru untuk dilihat. Satu-satunya yang menarik buat mata saya cuma desain armornya Lenessia.

Ost

Database, database!
Yang dimaksud tentulah bukan database dalam dunia IT karena Log Horizon nggak ada hubungannya dengan SQL dan temen-temennya. Itu adalah judul dari opening theme-nya yang dibawakan oleh band “Man With a Mission feat. Takuma”. Asik dan rame banget dengan keseluruhan lirik setengah English-nya. Yang jelas kalau kalian stres, jerit-jeritlah dengan lagu ini! Database, database! Just living in the database! WO~OOOO!!
Apalagi?
BGM! Bener - bener epic dan berasa "RPG banget"! Semuanya juga diletakkan secara pas dan tepat. Favorit saya sendiri ada beberapa. Yang pertama... contohnya ada di episode 2 bagian ujung - ujung sekitar 21:30an sewaktu griffon milik Shiroe dan Naotsugu lepas landas. Entah kenapa aransemen itu rasanya nostalgic. Kemudian BGM - BGM yang biasa dimainkan kalau adegan sedang berada di aula Palace of Eternal Ice, itu... enak banget.

Overall

Jalan Cerita : 9.8 / 10 
Karakter : 12 / 10
Art : 10 / 10
Ost : 9.5 / 10
Log Horizon (S1+S2) : 10 / 10

Direkomendasikan bagi kalian yang menyukai anime berlatar belakang MMORPG dan... sebentar. Mungkin ada yang mau menulis Skripsi berdasarkan Evolusi Sosiokultural yang ada di anime ini? :)

Next

Related


EmoticonEmoticon