November 25, 2017

[Review Anime] Hitsugi no Chaika


Hitsugi no Chaika atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Chaika the Coffin Princess. anime ini mengambil genre aksi dengan tema fantasi ala game - game RPG (Role Playing Game).

Judul : Hitsugi no Chaika
Tanggal Rilis : 10 April 2014
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Adventure, Comedy, Romance, Fantasy
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Bones

Sinopsis
Toru Acura adalah tentara pensiunan yang berumur 20 tahun yang telah melalui lika-liku kehidupan, tapi sekarang perang telah usai. Ia bertemu Chaika Trabant, seorang penyihir 14 tahun yang membawa peti mati, dan mengikutinya dengan harapan akan menemukan makna hidupnya lagi. Perjalanan mereka dimulai bersama adik yang diadopsi Toru, Akira, mereka dipekerjakan dan pekerjaan itu menjadi sumber pendapatan Toru.

Jalan Cerita
Oke, kita mulai membahas jalan ceritanya. Sama halnya dengan anime yang lain, semula terjadi dengan pertemuan yang tak terduga. Ketika Toru bertemu dengan Chaika di sebuah hutan, itulah menjadi awal bagaimana cerita Toru dan Aika bersama sama dengan chaika hingga Tugas Chaika untuk  mengumpulkan Mayat Ayahnya. Ketika itulah petualangan chaika dengan Toru serta Aika bermulai. Ceritanya pun, memang terdapat beberapa kejanggalan (Bagi saya sendiri). Begitu muncul (banyak pertanyaan) mengenai si Chaika ini. Mengenai 8 Pahlawan serta Informan . Seperti, apa sebenarnya fungsi Chaika? Bagaimana sih , Ayahnya Chaika? Kenapa Chaika itu dibuat banyak? Serta masih banyak yang lainnya. Masih banyak pertanyaan yang mengganjal. Penuh dengan tanda tanya anime Hitsugi no Chaika ini.

Karakter
Sebagai Saboteur yang seumur hidup berlatih hanya untuk bertarung, pilihan Tooru dan Akari untuk tetap bekerja pada Chaika meski setelah tugas pertama mereka selesai terasa masuk akal. Ini hanyalah salah satu contoh yang mengindikasikan bahwa anime ini tampaknya memikirkan dengan baik hubungan antara latar belakang para tokohnya dan dunia yang menjadi setting-nya. Anime ini bukan sekadar menciptakan karakter, melainkan mempertimbangkan rincian - rincian semacam cara pandang terhadap dunia atau posisi di dalam kehidupan sosial yang lahir dari latar belakang suatu tokoh. Hal inilah yang juga kemudian menyebabkan sisi misteri di anime ini benar - benar menarik. Jika sebelumnya disebutkan bahwa cerita tentang perjalanan Chaika untuk mengumpulkan relik tidak menjanjikan banyak pada ujungnya, misteri - misteri yang lebih bersifat personal pada tokoh - tokoh anime ini seperti Guy atau Chaika sendiri adalah justru sebaliknya. Berkat contoh yang diperlihatkan pada tokoh - tokoh yang lain, kemungkinan besar rahasia - rahasia mereka juga sudah direncanakan dengan matang sejak awal, dan kenyataan bahwa anime ini mampu menyembunyikan dengan begitu baik hingga sulit ditebak semakin mengisyaratkan bahwa momen pengungkapannya nanti akan sangat mengejutkan dan sangat memuaskan sekaligus. 

Art
Visual anime ini terlihat lumayan bagus, dengan adegan pertarungan yang menggunakan teknik fisik dan sihir sekaligus sebagai atraksi utama. Animasi para tokohnya ditampilkan cukup mendetil dan koreografi gerakan mereka diatur secara cermat. Dan meski bukan yang paling dahsyat, sihir mereka memiliki animasi uniknya sendiri yang segera membedakannya jauh dari sihir - sihir di anime lain.

Ost
Opening Theme"DARAKENA" by Iori Nomizu dan Ending Theme "Kairaku Genri (快楽原理)" by coffin princess (CV: Chika Anzai, Saeko Zougou, Yui Makino). Wah, gimana ya. Saya tidak begitu sreg sama Ost Anime Hitsugi no Chaika ini.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9.5 / 10
Art : 9.5 / 10
Ost : 8 / 10
Hitsugi no Chaika : 9 / 10

Hitsugi no Chaika adalah  salah satu produksi Bones yang memang sedikit rumit. Walaupun secara keseluruhan, Action dan Adventurenya kerasa. Tak di ragukan lagi kalau anime ini memiliki kualitas Action yang bagus. Terutama adegan Actionnya. Bahkan anime ini juga membuat kita sedikit berpikir mengenai strategi yang dilakukan Toru.

Next

Related


EmoticonEmoticon