November 12, 2017

[Review Anime] The iDOLM@STER Cinderella Girls (S1+S2)


Kali ini saya akan mengulas anime idol. Yang nonton generasi pertamanya dengan judul “The iDOLM@STER” pasti akan menonton Cinderella Girls-nya. Di generasi kedua ini semua baru, idol baru, produser baru, agensi baru, dan pastinya drama baru.

Judul : The iDOLM@STER Cinderella Girls & The iDOLM@STER Cinderella Girls 2nd Season

Episode : (13+12) 25
Tanggal Rilis : S1: 10 Januari 2015, S2: 18 Juli 2015
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Music, Comedy, Drama
Sumber Cerita : Game
Studio : A-1 Pictures

Jalan Cerita

Saya berasumsi anime ini akan memiliki banyak episode. Paling tidak selama dua musim. Pasalnya, dari episode 1-6 Season 1, ceritanya sedikit lambat. Perlu kalian tahu, The iDOLM@STER Cinderella Girls memiliki 14 idol didalamnya, tapi yang paling menonjol hanya 3 orang, yaitu Rin Shibuya, Uzuki Shimamura, dan Mio Honda. Ceritanya juga tidak didukung dengan adanya pengenalan karakter lebih dalam. Jadi, seperti menonton “Slice of Life” dari sudut pandang “New Generation” (Sebutan trio Mio). Hal ini dapat memengaruhi karakter lain yang tidak dapat bagian. Tapi saya merasa hal ini menjadi cerita yang memang disengaja untuk mendapat alur tambahan lain, seperti salah satu anggota yang iri dengan unit lain, yang membuat sang Produser kewalahan menanganinya. Dan jadilah sebuah drama alay.

Karakter

Saya bingung mau apa yang dibahas, tapi yang jelas setiap karakter (idol) memiliki karakteristik yang berbeda, ada yang malu - malu, tidak tahu malu, egois, suka iri, loli, dewasa, aliran cadas (Rock Style), alay, energik, dan lainnya. Tapi, seperti yang saya katakan sebelumnya, yang paling menonjol adalah “New Generation”, meski ada pula karakter yang mulai disorot, seperti Anastasia dan Minami Nitta. Omong-omong, kok produsernya seperti Hachiman Hikigaya, ya? Mata ikan, pendiam, terlihat seperti tidak bisa diandalkan :3

Art

Jangan tanya deh, saya kasih nilai 10/10 buat Artnya. Gerakan saat tampil di panggung juga sangat teliti, apalagi di episode 6 Season 1 yang ada satu adegan dimana saat karakter menari dan mendapat durasi lama dengan gaya 2D, namun tidak mengurangi kualitas gerak pada karakter. Hal ini lebih memanjakan mata penonton daripada dengan 3D.

Ost

Saya suka dengan lagu pembukanya, serius. Bikin telinga betah buat dengerin terus. Tapi kalau lagu penutup saya tidak terlalu mengamatinya, tapi saya rasa sudah cocok. Efek suara juga sudah bagus, begitu pula dengan musik latar belakangnya, pas dengan situasi dan konflik yang berlangsung.

Overall

Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 10 / 10
Ost : 9 / 10
The iDOLM@STER Cinderella Girls (S1+S2) : 9 / 10

Sejauh ini saya nonton season 1 sampai 2 saya cukup menikmati anime ini. Bahkan setiap episode-nya. Dan saya tidak ada niat untuk memasukkannya ke dalam daftar drop. Walupun sebenarnya gak pernah ada satupun anime yang saya drop sih :v

Next

Related


EmoticonEmoticon