November 19, 2017

[Review Anime] HaruChika: Haruta to Chika wa Seishun suru


Haruchika singkat judulnya, anime ini merupakan anime bergenre Mystery. Pada awalnya trailer memang seperti anime musikal, tetapi ketika menontonnya si peran utama (Kamijou Haruta) dan teman satu klubnya mengalami banyak masalah yang berhubungan dengan Mystery. Anime ini juga mengambil kebanyakan latar di sekolah.

Judul : HaruChika: Haruta to Chika wa Seishun suru

Tanggal Rilis : 7 Januari 2016
Episode : 12
Durasi : 24 menit per Eps
Genre : Music, Slice of Life, Mystery, Romance, School
Sumber Cerita : Novel
Studio : P.A. Works

Sinopsis
Chika seorang cewek yang semangaat dan ceria, baru saja lulus dari SMP dan memasuki kehidupan baru di SMA. Saat SMP merupakan siswi yang atletik dan hanya berlatih saja sehingga tidak punya kehidupan romantis. Memutuskan untuk merubah image saat sudah SMA supaya terlihat lebih kecewekan dengan masuk ke dalam klub orkestra. Chika kemudian bertemu dengan guru super ganteng Kusakabe-Sensei yang membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Bertekad untuk mendapatkan perhatian dari sang guru Chika bertekad latihan dengan sekuat tenaga. Setelah diperkenalkan ternyata Chika bertemu dengan teman masa kecilnya Haruta. Selain itu ternyata klubnya hanya berisi 5 orang yang membuat mereka tidak bisa bertanding, bahkan di tingkat daerah.

Jalan Cerita

Oke ini ceritanya walau sudah tiga episode sedikit dibuat bingung untuk arah ceritanya. Di episode pertama sudah disuguhi dengan misteri berbau romansa dengan pemecahan yang dilakukan oleh kombi Haruta dan Chika. Unsur musik dari anime ini sangat sedikit sekali sekitar 9:1. Saya kira di episode berikutnya akan lebih banyak porsi musiknya tapi ternyata saya salah. Di episode kedua dan ketiga dalam usaha mecari member baru mereka memecahkan masalah. Ini seperti Hyouka tapi klubnya di klub musik dan sangat di tone down ceritanya. Tapi walau pun ekspektasi yang berbeda dengan di awal tapi tetap saja anime ini cukup menyenangkan loh. Gaya Chika yang imut dan Haruta yang pintar sudah cukup bisa menjual untuk anime ini. Saya juga ngeship karakter mereka berdua. Tapi sayang sekali T Y D A C sesuai ekspetasi :v

Karakter
Karakter-karakternya sebenarnya cukup menarik tapi seperti biasanya cerita detektif yang berada di bawah sorotan lampu adalah Chika dan Haruta dalam menangani kasus dimana Haruta sebagai detektifnya dan Chika sebagai asistennya. Karena itu hanya ada 2 Main karakter yaitu Chika sebagai Heroine dan Haruta sebagai Hero. Untuk Support Karakter cukup banyak seperti Kusakabe-Sensei, Kaiyuu, Miyoko, dan lain - lain.

Art

Seperti biasa P.A works menyajikan key Artwork yang berkualitas. Karakter-karakternya keren dan cantik semua terutama Haruta dan Chika. Di beberapa bagian kualitas background juga mantap dan tidak ada yang jadi kekurangan. Tapi rasanya ada penurunan ketimbang karya P.A works sebelumnya terutama Nagi no Asukara tapi mungkin hanya perasaan saja.

Ost
Untuk Ostnya menurut saya sangat bagus apalagi Ost Endingnya. Opening yang berjudul Niji wo Ametara (虹を編めたら) dinyanyikan oleh fhána. Dan untuk lagu Ending berjudul Kuusou Triangle (空想トライアングル) yang diyanyikan oleh ChouCho.

Overall
Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10

HaruChika: Haruta to Chika wa Seishun suru : 8 / 10

Anime ini lebih berpusat kepada misteri ketimbang musik, musiknya hanya berkisar 5% dari total keseluruhan seri. Walaupun begitu misterinya karena lebih mengarah kepada soal hubungan antar manusia menjadikan seri ini cukup menyejukkan hati. Salah satu juga yang disayangkan adalah adanya potensi cinta antara Haruta dan Chika. Haruta dan Chika dan sepertinya mereka dapat menjadi pasangan yang imut.

Next

Related


EmoticonEmoticon