November 13, 2017

[Review Anime] Guilty Crown


Kali ini saya akan memahas sebuah anime seru bertema science fiction nan futuristik, “Guilty Crown”. Ya, Guilty Crown memang merupakan salah satu anime terbaik di tahun 2011 kemarin, jadi tidak heran kalau udah banyak dari kalian yang udah nonton anime ini. Tapi sekarang coba kita lihat yuk apa sih yang bikin anime ini jadi salah satu anime terbaik tahun 2011, jadi langsung aja ini dia reviewnya :)

Judul  : Guilty Crown

Tanggal Rilis : 14 Oktober 2011
Episode : 22
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Drama, Sci-Fi, Super Power
Sumber Cerita  : Original
Studio : Production I.G

Sinopsis

Anime ini berlatar waktu pada tahun 2039, dimana pada saat itu Jepang telah berada dibawah kendali sebuah organisasi multinasional yang disebut GHQ, akibat dilanda suatu virus tak dikenal sejak 10 tahun silam. Sang tokoh utama, Ouma Shu adalah seorang anak 17 tahun yang tanpa sengaja memiliki kekuatan supernatural di tangan kanannya yang dapat mengekstrak alat atau senjata dari tubuh teman-temannya. Kemampuan tersebut didapat Shu ketika ia bertemu dengan seorang penyanyi terkenal yang sangat digemarinya, Yuzuriha Inori yang ternyata merupakan anggota kelompok gerilyawan yang disebut Undertaker. Shu yang secara tidak sengaja mendapatkan kekuatan tersebut pun terpaksa bergabung ke Undertaker dan turut serta dalam melakukan perlawanan terhadap GHQ.

Jalan Cerita

Cerita Guilty Crown bisa dibilang cukup Klise di dunia anime, Seorang pemuda, kebetulan dapat kekuatan super, kemudian menyelamatkan dunia. Tapi Klise bukan berarti jelek jika ditulis dengan baik dan dieksukusi dengan baik pula. Dan Staff Guilty Crown melakukannya dengan lumayan. Meski Bergenre Fiksi ilmiah, yang merupakan sarang dari Plot hole, Guilty Crown mampu menutupi cukup plot hole penting dengan penjelasan - penjelasan yang masih bisa kita terima. Dan mampu menyampaikan cerita yang solid dan utuh kepada pemirsanya. Yang saya suka dari Guilty Crown adalah bagaimana setiap event dalam cerita, bahkan yang kadang dianggap kurang penting, masih mempunyai sedikit efek pada jalannya cerita. Setiap kejadian memiliki konsekuensi terhadap apa yang akan terjadi selanjutnya. Meski saya bilang begitu, bukan berarti Guilty Crown itu sempurna. Banyak tempat yg bisa diperbaiki dari sisi cerita Guilty Crown. Di bagian awal, Guilty Crown mempunyai Pacing  yang agak lambat sehingga terkadang terasa membosankan, atau tidak diperlukan. Namun dibagian kedua, tiba - tiba Pacingnya berubah drastis dan jadi terlalu cepat. Hal ini menyebabkan beberapa karakter yang perkembangannya terlalu terburu-buru dan menyebabkan kita agak susah bersimpati terhadap karakter - karakter tersebut. Bahkan terdapat juga karakter yang tidak mendapat kesempatan untuk berkembang sama sekali.

Karakter

Character development adalah hal penting di anime, dan Guilty Crown hampir berhasil menyukseskannya. Pertama kita punya Shu, seorang siswa SMA cupu yang tiba - tiba mendapat kekuatan super. Meski sering menjadi bahan cercaan fans di forum, Shu berhasil berkembang menjadi seorang ksatria gagah dengan Inori di sampingnya. Semuanya butuh proses, untuk itulah Guilty Crown perlu 22 episode. Lalu, kita punya Inori, main heroine. Inori sering dianggap sebuah boneka, fan service berjalan yang tidak punya peran kuat, dan itu benar untuk beberapa episode di awal. Di awal, Inori benar - benar seperti sebuah boneka, hanya perlu tampil cantik dan tidak banyak bicara. Namun, seiring berkembangnya perasaan Inori pada Shu, Inori mulai berkembang, tidak lagi menjadi boneka seperti dulu. Dan itulah yang menjadikan Inori tokoh favoritku saya. 

Art

Animasi dan Art Guilty Crown tidak diragukan lagi benar - benar berkualitas tinggi. Penggunaan warna yang beragam, Gerakan yang terasa begitu Fluid (terutama bagian boobs), dan Background yang penuh detail. Satu-satunya komplain saya soal Artnya adalah Muka character yang terkadang terasa aneh dan tidak pas. Lagipula ini sangat jarang terjadi dan jarang disadari oleh orang yang tidak berlatar Art.

Ost

Anime ini bisa dibilang salah satu anime dengan pengkolaborasian Anime & Musik terbaik yang pernah ada. Penggunaan lagu “My Dearest” dari Supercell sebagai Opening, lagu Euterpe, sampai lagu “Departures” dari egoist (side projec dari Ryo Supercell #CMIIW) sebagai Ending, terasa begitu indah dan sangat enak didengar (kalian harus coba dengar deh lagu - lagu ini, serius enak banget). Lagu syarat akan makna cerita,kekelaman,kesedihan,perjuangan,pengorbanan,sampai manisnya kemenangan begitu terasa dalam lagu - lagu yang berhasil dikemas dengan musikalitas yang sangat indah ini. Ya musik - musik yang berhasil menggambarkan emosi dan cerita anime ini dengan sangat baik... Luar Biasa.

Overall

Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9.5 / 10
Ost : 10 / 10
Guilty Crown : 9.5 / 10

Oke itu dia pembahasan dari anime Guilty Crown, sebuah anime futuristik seru yang harus kalian coba tonton. Buat kalian yang belum nonton, semoga review ini membantu kalian yang baru mulai nonton dan bikin kalian jadi tertarik nonton nih :) Dan buat kalian yang udah nonton juga bisa share pendapatnya tentang anime ini.


Next

Related


EmoticonEmoticon