November 13, 2017

[Review Anime] Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone


Bagi kalian yang mengaku penggemar anime, pastinya Anime Movie "Evangelion" sudah tak asing lagi. Anime buatan Jepang ini mengangkat kisah heroik Jepang yang cukup terkenal, Evangelion.

Judul : Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone

Tanggal Rilis : 1 September 2007
Episode : 1
Durasi : 1 Jam 40 Menit
Genre : Action, Sci-Fi, Mecha
Sumber Cerita : Original
Studio : Khara

Sinopsis

Dalam pertempuran awal melawan Angel mengerikan, Pilot muda Ikari Shinji dan Rei Ayanami di paksa untuk membawa harapan manusia di pundak mereka, dan setelah terus menerus bertemur Shinji dan Rei masih harus memikul beban berat, kali ini bersama seorang pilot berbakat yang mengendarai EVA Unit-02 Asuka Langley Shikinami dan seorang pilot misterius bernama Mari. Akankah mereka berhasil menyelamatkan umat manusia?

Jalan Cerita

Anime ini bercerita tentang  Shinji Ikari seorang remaja berusia 14 tahun menerima telepon yang memintanya untuk segera datang ke pusat gerakan NERV, sebuah organisasi yang misteriusyang bermarkas di sekitar danau Hakone . Pimpinan tertinggi di NERV adalah Ikari Gendou, yang tidak lain adalah ayah Shinji, yang sudah lama tak pernah ia temui. Dalam operasi yang diberi nama "Operasi Yashima", sebuah operasi penyelamatan kota New Tokyo-3. NERV sangat berambisi membinasakan Angels, dengan menggunakan mesin raksasa yang diberi nama EVA. NERV menugasi Shinji untuk menjadi pilot unit EVA 01, dan berkolaborasi dengan pilot unit EVA 00 Ayanami Rei. Ketika menjalani misinya, Shinji mengalami tekanan jiwa karena bertentangan dengan batinnya sebagai anak - anak, namun ia ingin menunjukkan pada ayahnya. Sehingga Shinji yang dikenal pendiam berubah menjadi pemberani terutama dalam menghadapi robot Angel dengan tujuan menciptakan kedamaian Dalam perjuangannya tersebut, Shinji dihadapkan pada pilihan, menyelamatkan, kota Tokyo-3 atau pilot wanita yang terluka bernama Ayanami Rei. Dengan tugas yang demikian besar, sanggupkah Shinji, melaksanakan tugasnya, menjaga agar kota Tokyo tidak hancur, sekaligus juga menyelamatkan seorang wanita yang ia kagumi?

Karakter

Saya akan bahas kedua karakter utamanya saja. Pertama Shinji Ikari, pilot unit EVA-01 yang awalnya pendiam tapi jadi pemberani saat lawan robot Angel demi menyelamatkan kota Tokyo. Kedua Ayami Rei pilot unit EVA- 00 orangnya pendiam dan menjadi partner Shinji dalam melaksanakan misi. adegan yang paling seru bagi saya adalah pada saat Shinji Ikari (EVA-01) dan rei ayanami (EVA-00) bekerjasama menghadapi sixth angel-ramiel, benar - benar brutal dan epik, selain itu bentuk fisik ramiel yang bisa berubah dan adegan pada saat dia diserang benar - benar mengagumkan!

Art

Anime ini cukup bagus dari segi animasi, mengingat pada waktu itu membuat animasi dengan cerita yang bagus bukan perkara mudah. Namun Masayuki dan Kazuya Tsurumaki berhasil membesut dan menyuguhkan dengan cukup baik. mulai dari pembuatannnya sampai ke masalah teknik editing, semua factor penunjang yang berhubungan dengan jadinya anime ini, semua dikerjakan dengan teliti dan detail.

Ost

Untuk musicnya sangat pas dengan anime pertempuran. Tapi,yang paling saya suka adalah efek suara “berserk” terdengar sangat gahar, begitupun dengan efek suara pada “angel - angel” yang menyerang bumi, terdengar sangat fantastis!

Overall

Jalan Cerita : 9.8  / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8  / 10
Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone : 9.2 / 10

Walaupun anime ini banyak adegan kekerasan yang hanya untuk usia 17 tahun keatas.Tetapi tenang aja anime ini juga diselingi banyak humor. Dan yang pasti, anime ini memiliki sarat dengan pesan - pesan moral.


Next

Related


EmoticonEmoticon