November 20, 2017

[Review Anime] Glasslip


Glasslip atau saya sebut saja “Serpihan Kaca”, namun tokoh utama dalam anime ini, Touko dan Kakeru sering menyebutnya “Mirai no Kakera” yang berarti serpihan masa depan. 

Judul : Glasslip
Tanggal Rilis : 3 Juli 2014
Episodes : 13
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Romance, Slice of Life, Supernatural
Sumber Cerita : Original
Studio : P.A. Works

Sinopsis
Anime ini berkisah tentang Touko Fukami, seorang gadis 18 tahun yang merupakan anak dari seorang pengerajin kaca di prefektur Fukui. Sering membantu orangtuanya bekerja membuat Tooko jadi ahli juga dalam kerajinan kaca, dan menjadikan itu sebagai kegiatan sehari-harinya. Touko juga bermimpi untuk menjadi seorang pengerajin kaca profesional. Touko memiliki 4 orang teman dekat, antara lain : Yanagi Takayama, Yukinari Imi, Sachi Nagamiya, dan Hiro Shirosaki. Mereka banyak menghabiskan waktu bersama dikala senggang dengan berkumpul di cafe Kazemichi miliki keluarga Hiro. Cerita anime ini berawal ketika Touko dapat melihat ‘suatu pancaran yang luar biasa’ melalui kacamata 4 dimensi yang dimenangkannya di acara festival musim panas. Awalnya Touko tidak menggubris itu dan menganggap kejadian itu hanyalah sebuah kebetulan. Namun anggapan Touko berubah saat ia bertemu dengan Kakeru Okikura, seorang murid pindahan yang satu angkatan dengannya di sekolah. Kakeru datang ke hidup Tooko dengan mengatakan kalau dia juga bisa melihat apa yang Tooko lihat dibalik kaca. Darisini lah kisah Glasslip bergulir.

Jalan Cerita
Alur ceritanya sangat santai dan pelan sekaligus berat. Sulit menebak hasil akhir ceritanya. Ceritanya pun mengingatkan saya pada anime Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai, dimana sebuah persahabatan terpecah-belah hanya karena satu hal, yaitu cinta. Hanya saja disini sedikit ditambahkan bumbu Supernatural yang dimana Touko dapat melihat serpihan masa depan. Sudut pandangnya pun berubah-ubah dari satu ke yang lain, hal ini mengakitbatkan pelannya jalan ceritanya. Mungkin jika sudut pandangnya difokuskan pada dua karakter, Touko dan Kakeru cerita akan mudah dipahami. Dan menurut saya ceritanya juga masih bertele-tele.

Karakter
Dari awal sampai akhir, setiap karakternya tidak ada perkembangan sama sekali, semuanya masih terlihat misterius. Mungkin ini yang menjadi alasan agar penonton penasaran dan terus menontonnya. Sifat dari setiap karakter menurut saya sudah cukup, karena jika dilebihkan akan terlihat alay. Seperti Hiro misalnya saya menyukai karakternya, cara dia mendekati gadis begitu lucu, namun terlalu berlebihan.

Art
Saya menyukai grafis anime seperti ini, tidak membuat saya bosan melihatnya. Penggambaran latar belakang dan karakter disaat-saat tertentu juga  sangat bagus. Seperti beberapa diantaranya adegan terhenti dan gambar seperti sebuah lukisan.

Ost
Lagu pembukanya membuat saya tenang ketika mendengarnya, dan saya menyukai lagu penutupnya yang dibawakan oleh nano.RIPE. Namun efek - efek suara masih dibawah standar, terlalu tenang dan tidak ada yang membuatnya spesial. BGM juga jarang terdengar, meski beberapa adegan terkadang muncul.

Overall
Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 6.5 / 10
Art : 9.2 / 10
Ost : 8 / 10
Glasslip : 8.2 / 10

Alur anime ini sangat pelan, setiap episodenya seperti menonton adegan yang sama yang terus diulang-ulang. Tidak ada perkembangan cerita, semuanya serba misterius.

Next

Related


EmoticonEmoticon