November 10, 2017

[Review Anime] Ga-Rei: Zero


Kali ini saya akan mengulas saudaranya anime Tokyo ESP. Itu karena, mereka dibuat oleh komikus yang sama, yaitu Segawa Hajim, dan animenya pun ditangani skripnya oleh orang yang sama, yaitu Takaya Katsuhiko. Langsung saja simak reviewnya!

Judul : Ga-Rei: Zero

Tanggal Rilis : 6 Oktober 2008
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Super Power, Supernatural, Thriller
Sumber Cerita : Manga
Studio : AIC Spirits, Asread

Sinopsis

Kementerian Pertahanan Jepang memiliki sebuah kelompok pasukan khusus anti-paranormal disebut Pasukan Pencegah Bencana Supernatural. Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk melindungi tanah Jepang dan orang-orangnya dari peristiwa supranatural dan paranormal. Namun, hal-hal tidak pergi begitu baik di salah satu misi mereka.

Jalan Cerita

Cerita anime ini sendiri memiliki dua timeline cerita. Di timeline present pada episode - episode awal kalian mungkin akan kebingungan karena gak mendapat penjelasan apapun. Apalagi di episode pertama dimana kalian mendapat twist luar biasa selevel yang Gen Urobochi lakukan di Aldnoah.Zero, tapi percayalah, jika kalian bisa menahan semua kebingungan di awal, kalian tidak akan menyesal menonton anime ini. Di timeline past, kalian akan mendapatkan segudang karakter development, ekposisi, dan perkembangan cerita yang bisa mengaduk-ngaduk perasaan kalian sepanjang cerita berjalan. Komposisi untuk drama dan actionnya sendiri menurut saya sudah dikombinasi dengan baik. Juga, kembali ke trademark di atas. Sekiranya, begitulah cerita yang akan diusung sepanjang anime ini berjalan.

Karakter

Dua karakter utama anime ini, Kagura dan Yomi punya hubungan yang sangat menyenangkan untuk diikuti. Di satu sisi, Kagura tumbuh sebagai orang yang patuh dan cenderung menghindari konflik. Di sisi lain, Yomi memiliki tipikal seorang pemimpin yang tegas, toleran, mengayomi dan berpendirian kuat. Seiring dengan kebersamaan mereka, mereka saling mempengaruhi satu sama lain dan hubungan mereka sangat membawa banyak perasaan bagi penonton anime ini. Karakter support lainnya juga mendapatkan perkembangan mereka sendiri meski tidak banyak. Tetapi kita bisa mengerti bagaimana hubungan mereka terbuat sehingga kita bisa merasakan perasaan yang cukup merasuk hati saat salah satu dari mereka mengalami sesuatu hal yang buruk.

Art

Untuk Grafis, saya cukup bingung juga bagaimana mengulasnya. Berhubung Ga-Rei Zero ini anime keluaran 2008, dan saya tidak menonton cukup banyak anime keluaran 2008 untuk bisa dibandingkan grafisnya dengan Ga-Rei Zero. Tapi dari sudut pandang pribadi, grafisnya bisa dibilang bagus. Untuk aksi semua gerakan cepat karakternya tergambar dengan baik dan tidak patah - patah, percikan - percikan cahaya juga digambarkan cukup mendetail.

Ost

Musiknya enak di dengar dan penyisipannya pas sekali dengan scene animasinya. Di episode pertama, kalian sudah bisa merasakan betapa bagusnya penyisipan musik di Ga-Rei Zero. Seperti musik melankolis di menit - menit awal saat mengenang dia yang sudah tiada, lalu tiba - tiba berganti menjadi musik mencekam saat scenenya menyinggung tragedi traumatis yang dialami si tokoh, lalu saat adegan berubah menjadi aksi kita diberikan insert song yang membuat makin enjoy saat nonton. Pokoknya, sangat mudah untuk dinikmati. Transisi dari insert song ke musik gaya opera di episode 8 saat terjadi konfrontasi juga sangat dramatis. Untuk OP & ED-nya sendiri enak di dengar dan liriknya sangat menggambarkan suasana & perasaam kedua tokoh utamanya yang akan dipaparkan sepanjang anime ini berjalan.

Overall

Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 10 / 10
Ga-Rei: Zero : 8.7 / 10

Jujur menonton anime ini untuk beberapa orang mungkin sedikit memusingkan karena timelinenya, tapi saya sendiri sangat menikmati tiap episode dan sangat tidak sabar untuk menantikan kelanjutannya.

Next

Related


EmoticonEmoticon