November 21, 2017

[Review Anime] Fate/kaleid liner Prisma☆Illya


Sebenarnya saya bukan penggemar dari anime Fate, baik itu gamenya ataupun animenya. Saya juga bukan penggemar anime dengan tema mahou shoujo. meskipun saya bukan penggemar berat seri Fate tapi saya cukup menyukai animenya terutama Fata Stay night UBW. untuk mahou shoujo sih seingat saya terakhir nonton itu Madoka Magica dan saya entah kenapa males komentar tentang anime itu.  jadi apa hubungannya tentang Fate dan mahou shoujo? jawabannya hanya ada di anime yang akan saya bahas kali ini.

Judul : Fate/kaleid liner Prisma☆Illya
Tanggal Rilis : 13 Juli 2013
Episodes : 10
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Comedy, Magic, Fantasy
Sumber Cerita : Manga
Studio : Silver Link.

Sinopsis
Cerita lain Fate/stay night dengan Illyasviel von Einzbern sebagai pemeran utama.

Jalan Cerita
Awalnya sih saya agak malas menonton anime ini alasannya? karena ini adalah spin-off dari sebuah seri yang menurut saya bagus banget meskipun bukan favorit saya juga sih ditambah dengan tema mahou shoujo dengan karakter utama adalah seorang karakter yang di seri utamanya di Fate stay/night UBW bagi yang sudah menonton mungkin tahu nasibnya bagaimana kan? saya pikir ini adalah hanya anime dengan fanservice berlebih dengan menjual para loli dengan tema gadis penyihir yang tentu sangat menjual sekali untuk para penikmatnya. Karena saya tidak membaca manganya jadi saya beranggapan begitu dan ternyata salah banget. ceritanya lumayan bagus bahkan saya kadang lupa bahwa ini adalah spin-off. Bagi yang belum menonton seri Fate yang lain sebelumnya bisa loh menikmati anime ini.

Karakter
Sebagaimana ceritanya, karakter para tokoh anime ini juga merupakan klise dari tema Mahou Shoujo. Illya sebagai tokoh utama yang ceroboh, Miyu sebagai teman yang penyendiri, dan bahkan Ruby sebagai pendukung yang suka seenaknya. mereka adalah karakter - karakter yang sudah begitu sering ditemukan. Namun ini sama sekali bukan hal yang buruk. Meski secara terpisah kisah masing - masing tokoh memang tidak punya daya tarik tertentu, kombinasi mereka masih mampu menghasilkan komedi yang bagus. Jumlah leluconnya tidak cukup banyak, tetapi ketika muncul, anime ini bisa menjadi benar - benar lucu.

Art
Animasinya dipersiapkan dengan saksama dan ditampilkan secara mendetil. Kekuatan masing - masing Class Card diperhatikan, dan cara bertarung Illya dan Miyu ketika menghadapi mereka disesuaikan, sehingga setiap pertarungan merupakan tontonan yang indah dan unik sekaligus. Sayangnya, anime ini tampaknya tidak begitu pandai dalam menggunakan audio untuk menyampaikan cerita. Sesekali terdapat momen hening yang canggung, mungkin dimaksudkan untuk menjadikan momen tersebut lebih dramatis namun dibiarkan bertahan beberapa detik terlalu lama. Juga ada saat di tengah - tengah cerita ketika anime ini mendadak menggunakan narasi dari Illya, yang terdengar aneh dan keliru karena sepertinya bukan cara bercerita yang dimaksudkan sejak awal.

Ost
Untuk Ostnya saya lebih suka dengan Openingnya karena dinyanyikan oleh salah satu penyanyi favorit saya. Opening berjudul “Starlog” by ChouCho dan Ending “Prism Sympathy” by StylipS. Tapi, yang paling saya suka adalah efek suara ketika adegan bertarungnya sangat luar biasa keren banget deh.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 9 / 10
Fate/kaleid liner Prisma☆Illya : 8.5 / 10

Jadi apakah anime ini menarik untuk ditonton? yap cukup menarik bagi saya. dengan cerita yang menarik dan cukup masih banyak misteri didalamnya akan semakin menarik untuk kelanjutannya di season yang akan datang  ( total ada 4 season untuk series fate ini ) bahkan bagi yang sebelumnya belum pernah menonton fate mungkin jadi ingin menonton seri fate yang lain. mungkin jangan terlalu berlebihan menganggap akan sebagus seri fate  yang sudah ada terutama Fate UBW.

Next

Related


EmoticonEmoticon