November 19, 2017

[Review Anime] Azumanga Daioh


Yap, kali ini edisi spesial untuk review karena anime yang terbilang lawas, apalagi kalau bukan "Azumanga Daioh". Meskipun anime ini grafisnya masih jadul namun ceritnya sangat - sangat menarik, Comedynya juga lucu namun berbeda dengan Nichijou dan K-On. Comedy disini dikemas lebih realistic. Oke tanpa basa-basi lagi langsung saja lihat reviewnya :D

Judul : Azumanga Daioh

Tanggal Rilis : 9 April 2002
Episode : 26
Durasi : 24 Menit Per Eps
Genre : Slice of Life, Comedy, School
Sumber Cerita : 4-koma manga 
Studio : J.C.Staff

Sinopsis
Azumanga Daioh bercerita tentang aktivitas kehidupan sehari - hari (terutama di sekolah), fokus kepada 6 siswi SMA yang masing - masing memiliki kepribadian unik. Chiyo (bocah akselerasi yg kelewat jenius), Osaka/Ayumu (Master of Telmi), Tomo (Boke sejati, suka jahil sama temennya), Yomi (Sahabat Tomo, yang tentu menjadi Tsukkomi dan sering jengkel juga dengan tingkah laku Tomo), Sakaki (gadis anggun cenderung pendiam yang secara sembunyi - sembunyi sangat menyukai kucing), dan terakhir Kagura (Atlet renang yang memeriahkan suasana persahabatan mereka, secara bergantian memerankan chara boke dengan Tomo).

PV

Jalan Cerita
Tipikal anime ini episodik, satu episode dengan episode berikutnya memiliki pokok cerita yang berbeda dan biasanya selesai dalam 1 episode saja. Anime ini kelihatan seperti tak punya inti jalan cerita yang berarti bagi penonton, kecuali untuk menghibur kalian dengan cerita konyol daily life mereka. Kalau bisa dibilang, mirip saat kita nonton K-On! & Nichijou, tapi jujur bagi saya, Azumanga Daioh masih kalah lucu dibanding K-On! & Nichijou, Tapi masih lebih baik dibanding Lucky Star. Get it?. Perkembangan ceritanya lambat, membuat saya terkadang terasa ngantuk saat nonton, beberapa Comedynya pun garing, tapi sekalinya lucu bisa bikin saya tertawa terbahak-bahak. Terkadang saya cuma bengong sama suatu adegan “silence” yang cukup lama, misalnya saat si Osaka dengan begitu telmi nya menanggapi suatu masalah, awal - awal heran, terus akhirnya tetep bikin ketawa juga. Haha. Beda atmosfer saat nonton Nichijou yang begitu gila dalam membuat suatu lelucon, Azumanga lebih menyajikan suatu lelucon apa adanya, berusaha serealistis mungkin tanpa ada suatu unsur seperti planet di luar bumi yg hancur terkena laser karena karakter utama tertusuk pensil. Kecuali seperti adegan saat Yukari sensei menyetir mobil yang bisa bikin penumpangnya jantungan. Itu benar - benar di luar ambang humor normal sih.

Karakter
Hal yang paling saya suka dari Azumanga adalah karakternya yang unik - unik. Mudah diingat, Apalagi kalo udah hubungannya sama Osaka, pokoknya dia the best character in Azumanga. Sindrom telmi nya memang suka ngeselin, tapi itu yang bikin lucu dan bikin saya terkekeh - kekeh sendiri di depan PC. Begitu juga dengan kelakuan Tomo yang begitu bodoh dan suka ngusilin temannya. Kalau gak ada dia & Kagura, suasana bakalan kurang semarak. Satu karakter yang tak begitu menonjol menurut saya Cuma Yomi, entah kenapa mnurut saya sifat tsunderenya terlalu biasa. Kalau soal Chiyo, dia itu seperti gula, pemanis dalam cerita yang membuat makin lucu suatu adegan dengan sifatnya yang masih kekanak-kanakan dibanding yang lain, tapi dia juga pandai dalam menyelesaikan beberapa masalah yang diakibatkan teman akrab atau teman sekelasnya, secara dia itu ketua kelas.


Art
Art nya sangat bagus menurut saya, desain karakternya juga lovable, unik, cocok untuk mendukung unsur komedinya. *Grafisnya bagus pada zamannya, jangan dibandingkan dengan tahun 2015 keatas*


Ost
Lagu Openingnya enak didenger, jadi jarang saya skip. Terus untuk lagu Endingnya bagus juga, liriknya bermakna dalam, dan cocok untuk didenger sebelum tidur. Background musicnya cocok sama screen Comedynya, menambah semarak suasana. Bahkan setelah namatin anime ini, saya besoknya langsung download Ostnya 2 part. Dan setelah didengerin ulang, enak banget. Bisa menambah semangat dikala mood kurang bagus.

Overall
Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 9 / 10
Azumanga Daioh : 8 / 10

Oke, saya sangat menikmati shownya, kebanyakan emang lucu, tapi kadang - kadang garing juga, terutama pas awal - awal nonton, karena pas pertengahan hingga akhir cerita, komedinya lebih nendang, jadi saya saranin bagi yang mau nonton, jangan drop di awal - awal cerita, karena akan menyesal nantinya. Intinya, bagi kalian yang ingin mencari bahan tontonan yang bisa bikin pikiran anda rileks, dan mengurangi stress, tipenya seperti K-On!, School Rumble, Nichijou or Lucky Star, Azumanga Daioh wajib kalian tonton.

Next

Related


EmoticonEmoticon