November 29, 2017

[Review Anime] Fuuka


Sebelumnya, saat lihat sampulnya saya kira bakal jadi anime supernatural. Maklum, enggak tengok genre, langsung main tonton saja. Apalagi sampulnya kelihatan gelap, sudah kayak genre aksi aja. Ternyata malah anime romantis. Huehehe. Ok, langsung saja deh simak reviewnya.

Judul : Fuuka
Tanggal Rilis : 6 Januari 2017
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Drama, Ecchi, Music, Romance, School, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Diomedea

Sinopsis
Fuuka menceritakan Yuu Haruna, anak dari desa yang bermigrasi ke ibukota. Punya hubungan jarak jauh tanpa status dengan penyanyi terkenal Koyuki Hinashi. Pada hari-hari pertamanya di ibukota, ia ditabrak oleh Fuuka Akitsuki, yang tanpa malu-malu membanting ponselnya. Mereka masuk ke dalam sekolah dan kelas yang sama dan perlahan, mulai berteman.

Jalan Cerita
Awal episode saya benar - benar terhipnotis dengan cerita romantisnya. Pertemuan yang tidak diduga antara cowok alay bernama Yuu Haruna yang suka update status di twitter dengan cewek katrok bernama Fuuka yang enggak punya HP. Pertemuan yang tak sengaja itu menimbulkan kesalahpahaman si Fuuka, dia pikir Yuu memotretnya tanpa izin saat Fuuka jatuh dan terlihat pantsunya. Sampai - sampai HP nya Yuu dibanting. Saat itu Fuuka langsung pergi, tapi tak sengaja salah satu CD nya terjatuh (Bukan celana dalam lho). Yuu yang mengetahuinya berinisiatif untuk mengambilnya dan dibawa pulang. Sekadar informasi, Fuuka adalah penggemar berat band penyanyi bernama  Hedgehogs. Tapi, semenjak Hedgehogs hiatus, Fuuka jadi penggemar berat Koyuki Hinashi, seorang penyanyi terkenal yang adalah teman kecilnya Yuu. Yah, memang kalau dilihat pertemuan itu sudah biasa terjadi dalam dunia anime. Pasalnya mereka ternyata satu sekolah, dan satu kelas pula. Seperti yang saya katakan sebelumnya, CD Fuuka jatuh dan diambil oleh Yuu. Di sekolah kebetulan mereka bertemu dan Yuu mengembalikan CD itu pada Fuuka. Ujungnya sudah ketebak, ‘kan? Mereka jadi semakin dekat. Tapi, ternyata kisah mereka tidak hanya sebatas itu. Koyuki, teman kecilnya Yuu ternyata suka sama Yuu. Dia pengen banget ketemu Yuu, dan akhirnya berubah jadi cinta segitiga. Belum sampai disitu, muncul cewek lain namanya Sara Iwami. Pokoknya makin ke sini malah jadi Harem. Oh iya, selain genre romantisnya, anime ini juga mengusung tema band. Jadi mereka ini bentuk band dengan Fuuka vokalnya dan Yuu bassnya. Padahal pas kecil Yuu berjanji mau bikin band bareng Koyuki. 

Karakter
Mungkin sudah saya jelaskan sebelumnya mengenai karakter. Dari Fuuka sang heroine yang menurut saya enggak tahu diri, menjengkelkan, tidak jujur akan dirinya. Tapi memang cocok banget sama Yuu, sih. Sama - sama enggak percaya diri dan menjengkelkan. Kasihan Koyuki yang bertepuk sebelah tangan. Oh iya, satu lagi. Sara Iwami, dia ini orangnya judes. Tapi ada alasannya kenapa judes. Dia ini (lagi-lagi) sama seperti Yuu, cewek alay yang suka update status di twitter. Cuma dia banyak bicara kalau di di Sosmed. Sedangkan di kenyataan? Dia susah bicara, yang akhirnya dikenal judes, cuek, dan menjengkelkan. Selain itu, setelah saya telusuri tentang Fuuka, ternyata ada hubungannya dengan Kimi no iru Machi. Maaf, saya tahu judulnya tapi enggak nonton banyak. Jadi enggak tahu hanya sebatas nama yang sama atau memang ada hubungannya dengan Kimi no iru Machi.

Art
Grafisnya sudah termasuk layak. Meski mengusung tema band. Gerakan saat bernyanyi dan sebagainya menurut saya sudah masuk dalam kategori bagus.

Ost
Lagu Pembuka: Climber’s High! oleh Manami Numakura dan Lagu Penutup: Watashi no Sekai 「ワタシノセカイ」 oleh Megumi Nakajima (eps 1 - 5), Yukihanabi 「雪花火」 oleh Saori Hayami (eps 6 - 12). Lagu pembukanya adalah judul dari lagu Hedgehogs, dan memang bagus. Saya saja suka. Lagu penutupnya saya malah lebih suka episode enamnya. Karena episode 6 benar - benar bercerita dari sudut pandang Koyuki Hinashi, jadi penyanyinya ya seiyuunya, yaitu Mbak Hayamin. Dan suaranya? Beuh, mantap! Jadi berasa banget feel-nya.

Overall

Jalan Cerita : 7.5 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 9 / 10
Fuuka : 8 / 10

Untuk anime Fuuka ini ada beberapa perbedaan dari manganya. Seperti jalan ceritanya, waktu Fuuka ketabrak mobil.

Next

Related


EmoticonEmoticon