November 29, 2017

[Review Anime] Musaigen no Phantom World


Anime ini memiliki cerita yang berkaitan dengan dunia lain, tapi tidak dikategorikan ke dalam horor. Karena genrenya penuh aksi. Baiklah, langsung saja simak reviewnya.

Judul : Musaigen no Phantom World
Tanggal Rilis : 7 Januari 2016
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Comedy, Fantasy, Slice of Life, Supernatural
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Kyoto Animation

Sinopsis
Anime ini berlatar di sebuah dunia fiksi dimana suatu kecelakaan biologis telah membuat semua orang mampu melihat makhluk halus yang disebut ‘Phantom’. dan anak - anak yang lahir sesudah kecelakaan tersebut memiliki kekuatan ajaib. Ceritanya berkisar tentang lima anak sekolah yang mempunyai kekuatan untuk menyegel atau memusnahkan para phantom: Ada si kutu buku yang lemah dalam praktek bernama Haruhiko; Mai yang jago bela diri; Koito yang tsundere; Kurumi yang loli dan Reina yang pemalu. Kelima orang ini tergabung dalam sebuah klub yang bertugas untuk menyegel atau memusnahkan phantom yang menganggu aktivitas manusia.

Jalan Cerita
Konsep dari anime ini cukup menarik. Di mana seseorang bisa melihat hantu (saya sebut Phantom), tanpa harus memiliki keturunan indera keenam atau semacamnya. Bukan hanya itu, karena tidak semua Phantom membahayakan. Seperti namanya; Phantom yang berarti hantu. Jadi ada sebagian yang selalu mengganggu manusia dengan cara membuat orang tersesat di jalan, atau semacamnya. Bahkan, kalau maghrib, kekuatan Phantom semakin menjadi-jadi. Selain itu, Phantom yang masuk dalam kategori membahayakan akan dimusnahkan. Tapi tidak semudah yang dipikirkan, untuk itu ada beberapa tokoh yang memiliki kekuatan khusus untuk membasmi Phantom. Memang tidak semua anak - anak khusus memiliki kekuatan supernatural. Hanya saja, diceritakan beberapa ibu yang terkena efek virus istimewa, saat menyusui anaknya secara otomatis akan memiliki kekuatan supernatural. Di sini, orang yang memiliki kekuatan supernatural membentuk grup untuk menyegel atau memusnahkan Phantom. Bahkan dibayar. Jadi tidak heran di episode awal si Haruhiko (tokoh utama) dan Mai (sebut saja heroine) menyerang Phantom berbahaya di area sekolah. Malahan siswa-siswinya pada nonton. Meski konsepnya cukup bagus, tapi bukan berarti ceritanya mantap. Eksekusi ceritanya kurang. Saya sempat baca seseorang di forum MAL. Dia mengatakan anime ini sangat klise, di mana si tokoh utama lemah, harem, ada satu cewek berdada besar, satu datar, satu loli, satu cuek, latar sekolahan, banyak fan-service, dan satu lagi Kyoto Animation. Yah, apa yang diucapkan memang benar. Bahkan ada beberapa cerita yang menurut saya membosankan. Tapi untungnya menjelang akhir mulai serius, di mana benar - benar melawan Phantom yang sangat berbahaya. Sudah seperti melawan Last Boss. 

Karakter
Enggak banyak yang harus dibicarakan soal karakternya, mengingat apa yang saya bahas di akhir kategori cerita. Yah, Ichijo Haruhiko memang lemah. Dia ini kutu buku, tapi bukan berarti penyendiri atau menutup diri. Malahan punya banyak teman, cuma karena suka baca buku, jadi dia jarang berolahraga. Yang berdampak tidak bisa bertarung. Soal bertarung itu urusan Mai Kawakami, sisanya penyegel yaitu Haruhiko sendiri. Ada juga Reina Izumi yang pemalu, dan Koito Minase yang cuek. Yang suka loli juga ada Kurumi Kumamakura. Untungnya beberapa karakter disuarakan oleh seiyuu yang tidak asing. Seperti Mbak Maaya Uchida yang menyuarakan Koito, ada pula Mbak Hayamin yang menyuarakan Reina. Oh iya, satu lagi. Yaitu Ruru, entah cuma perasaan atau memang keberadaannya cuma jadi pajangan? Ah, kalian saja yang menilai. Soalnya dia kayak enggak melakukan apa - apa dalam cerita.

Art
Jangan berharap lebih dengan grafisnya, meskipun ini termasuk anime aksi. Tapi saya terpukau dengan aksi pertarungannya di episode dua. Soalnya pakai sudut kamera secara FPS. Malah menurut saya grafisnya menutup kekurangan cerita. Jadi lumayan betah lihat grafis yang begitu bagus.

Ost
Lagu Pembuka: Naked Dive ole SCREEN mode dan Lagu Penutup: Junshin Always 「純真 Always」 oleh Azusa Tadokoro. Lagu pembukanya sangat bagus, Bewarna dan ceria. Untuk efek suara menurut saya sudah cukup. Tidak lebih dan tidak kurang. Yah, memang beginilah seharusnya. Intinya mah tidak ada yang spesial.

Overall

Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 7 / 10
Musaigen no Phantom World : 8 / 10

Kalau kalian suka cerita absurd, atau ingin memiliki waifu kawaii. Nonton anime ini juga sudah cukup. Bagaimanapun juga grafisnya mantap. Asal jangan berharap banyak sama cerita, sih. 

Next

Related


EmoticonEmoticon