April 15, 2018

[Review Anime] No.6


Kali ini saya akan membahas tentang anime yang berjudul "Number Six" atau biasanya penulisannya "No.6". Nah sekedar memberi tahu aja nih, sebenernya saya sudah lama mau membahas anime ini tapi baru kesampean sekarang ahahahahaha. Oke, tanpa banyak basa-basi lagi langsung simak reviewnya^^

Judul : No.6
Tanggal Rilis : 8 juli 2011
Episode : 11
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Sci-Fi, Mystery, Drama
Sumber Cerita : Novel
Studio : Bones

Sinopsis
“No.6” merupakan nama sebuah kota utopia hasil perjanjian Babilonia setelah perang berakhir. Kesempurnaan No.6 ternyata memiliki banyak rahasia hitam. Itulah hal yang diketahui Shion (Kaji Yuki) ketika bertemu dengan Nezumi (Hosoya Yoshimasa) yang masuk menerobos jendela kamarnya di malam badai. Shion yang tau bahwa Nezumi adalah buronan keamanan membiarkan Nezumi bermalam di kamarnya dan pergi menghilang esok harinya. Karena kejadian malam itu, Shion dan Karan (ibu Shion) dibuang dari Kronos (kawasan elit). Empat tahun kemudian Shion bekerja dibagian kebersihan dan menemukan mayat di taman dan mengeluarkan semacam serangga dari bagian belakang lehernya!

PV

Jalan Cerita
Walaupun cerita utama tentang hubungan antara Shion dan Nezumi, dua pemuda dengan latar belakang yang berbeda, elemen yang menjadi penghubung mereka, yaitu No.6 terasa kurang dipersiapkan dengan matang. Terlebih setelah keterlibatannya di dalam cerita semakin besar pada bagian akhir cerita. Kemunafikan yang ingin diperlihatkan tidak mampu disajikan dengan jelas dan hubungan emosianal dengan dua karakter di atas terasa hilang, sehingga pada akhirnya No.6 tidak lebih seperti sebuah kota yang hanya kebetulan menjadi setting cerita. Ending anime ini atau lebih tepatnya bagian anti-klimaks menjelang Ending, terasa sangat tidak memuaskan. Meski secara keseluruhan menjadi penutup yang bagus, kehadiran suatu elemen baru yang tiba - tiba dimunculkan tanpa perkenalan yang cukup, namun dengan peran yang sangat signifikan mengindikasikan planning cerita yang setengah jadi.

Karakter
Dua karakter utamanya, Shion dan Nezumi dipersiapkan dengan baik. Mulai dari sikap mereka masing - masing yang berdasar pada keberadaan kota No.6, hingga bagaimana mereka kemudian akan saling mempengaruhi. Hal ini mengizinikan pesan anime ini tentang penyatuan dua dunia dapat tersampaikan dengan jelas. Hanya saja, ada perubahan karakter pada Shion di bagian akhir cerita yang tampaknya terlalu dipaksakan. Walaupun kejadian yang menjadi latar belakangnya bisa dipahami, tanpa build-up yang memperlihatkan bagaimana kejadian itu mempengaruhi Shion, perubahan tersebut terasa terlalu cepat dan mendadak.


Art
Dari segi animasi, animasinya nggak di bawah rata - rata, tapi nggak di atas rata - rata juga. Cuma, anime dengan genre semacam ini emang nggak perlu animasi yang "wah" kok. Efek - efek animasi kayak ledakan dan lain sebagainya juga udah keren, ditambah grafis pemandangannya yang cukup indah. 


Ost
Soal musik, jujur saya merasa aneh banget sama Openingnya di awal denger. Tapi, setelah saya degar berulang-ulang, saya jadi menikmatinya.  Untuk Ending dibawakan oleh Aimer, Suaranya merdu banget, khas Aimer, dan tipe suara kayak gitu emang cocok banget buat nyanyi - nyanyi yang slow dan mellow.  

Overall
Jalan Cerita : 6 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10
No.6 : 7.5 / 10

Saat anime ini terfokus untuk menyajikan sebuah cerita tentang hubungan antar manusia dengan perhatian pada karakterisasi pada yang cukup dalam, entah mengapa anime ini seolah lupa untuk memberi tingkat perhatian yang sama pada elemen - elemen lain yang mendukungnya. Secara garis besar, anime ini cukup bagus, bahkan bisa dikatakan menarik, tetapi jika kalian termasuk yang memperhatikan detil cerita, bersiap-siaplah untuk merasa kecewa.

Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon