March 26, 2018

[Review Anime] Shiki


Kali ini saya bakal ngereview salah satu anime Mystery Horror yang cukup recommended yang berjudul Shiki. Anime ini anime bukan sembarang anime. Dari genrenya saja sudah menggoda, yaitu Mystery, Horror, Supernatural, Thriller (kebetulan saya pencinta anime Mystery). Maka itu saya cukup kagum dengan cerita yang dikemas anime ini.

Judul : Shiki
Tanggal Rilis : 9 Juli 2010
Episode : 22
Durasi : 22 Menit per Eps
Genre : Mystery, Horror, Supernatural, Thriller, Vampire
Sumber Cerita : Novel
Studio : Daume

Sinopsis

Dikelilingi oleh pegunungan, Desa Sotoba terisolasi dari dunia luar. Pada suatu hari, serangkaian kematian aneh mulai terjadi, yang selalu dimulai hanya dengan gejala penyakit anemia biasa. Tidak mampu menemukan penyebabnya, seorang dokter lokal, Ozaki Toshio awalnya menyangka sebuah penyakit baru dan misterius sedang menyebar, tetapi ketika kemudian dia menunggui seorang pasien, Toshio menyaksikan sendiri para vampir yang datang mengunjungi korban-korbannya di malam hari.

Jalan Cerita
Jadi Anime Shiki merupakan anime supranatural karena menghadirkan makhluk mitos seperti Vampire dan Werewolf. Sekilas mungkin kita bosan kenapa harus vampire lagi, harus werewolf lagi macam film - film yang tayang tuh. Eitsss...tapi Shiki menghadirkan sesuatu yang berbeda, dimana cerita akan terfokus terhadap dua kubu yang akan saling bertahan hidup, kubu vampire dan kubu manusia. Jadi gimana? Jadi...cerita dimulai dari suatu desa bernama Desa Sotoba. Di desa ini, penduduknya tinggal dalam damai. Dalam anime, pendeskripsian cerita dimulai dari cewek bernama Shimizu Megumi yang kagum dan berangan-angan dengan sebuah kastil mewah di atas bukit. Dia juga menyukai tokoh protagonist kita Yuuki Natsuno. Cerita berjalan hingga klimaks akhir episode adalah kematian Megumi yang misterius. Dokter desa, Ozaki Toshio dibuat bingung karenanya. Kematian tidak wajar seperti kehabisan darah. Awalnya di diagnosa anemia, tapi ternyata banyak kejanggalan yang membuat sang dokter dibuat pusing karenanya. Dan terjadilah berbagai macam kematian janggal yang meresahkan warga desa. Maka itu dengan sekuat tenaga, sang dokter berusaha mencari tahu kebenaran dibalik kematian misterius yang melanda desa mereka. Awalnya setelah melihat episode pertama, saya menduga kematian - kematian itu hanya karena disebabkan oleh satu orang atau penjahat, tapi ternyata saya salah. Anime ini mengemas cerita hingga menciptakan ending yang cukup memuaskan dan juga hufh *merinding*.

Karakter
Sebenarnya pada awalnya saya bingung siapa main character anime ini. Pada episode awal, kurang jelas dimana sorotan bagian dari main characternya. Karakter terkadang hanya muncul sesaat, tidak dijelaskan secara gamblang, hanya dijelaskan secara tidak langsung. Tapi setiap karakter sebenarnya sangat penting dalam penyusun cerita walau hanya supporting ataupun karakter yang sudah meninggal.

Art
Saya kurang tertarik sama Art nya, mungkin agar terkesan original tapi menurut saya Art nya gak begitu bagus dimata saya. Garis muka karakter tajam dan 'weird' hairstyle di setiap karakter yang muncul dianime ini. Walau untuk Art background dan suasananya menurut saya lumayan bagus.

Ost
Opening pertama diisi oleh Buck-Tick, terdengar sangat apik dan temanya begitu cocok untuk anime ini. Untuk Ending, walau saya gak gitu suka, namun terdengar cukup pas dengan animenya. Opening kedua dari kanonxkanon dan sekali lagi lagunya mantap dan temanya sangat pas. Soal jajaran seiyuu jujur sih agak kurang familiar kecuali yang sering didengar yaitu Tomatsu Haruka, Yuuki Aoi dan Gackt, walau begitu seiyuu karakternya juga cocok dengan perannya. Untuk efek - efek suara lain, terdengar bagus dengan tema mystery-nya.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 9.2 / 10
Shiki : 8.6 / 10

Jika kalian suka genre Mystery Horror yang storynya unpredictable dan buat penasaran, Saya rekomendasikan nonton anime ini.


Next

Related


EmoticonEmoticon