March 27, 2018

[Review Anime] Servant x Service


Kali ini saya akan mereview anime dengan tema yang agak gak umum, Servant x Service. Kenapa? Yup, karena anime ini nyeritain tentang lingkungan kerja di kantor pelayanan masyarakat di Jepang. (Entah apa namanya disana, mungkin di Indonesia semacam kantor pemerintahan daerah ya?).

Judul : Servant x Service
Tanggal Rilis : 5 Juli 2013
Episode : 13
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Comedy, Slice of Life
Sumber Cerita : 4-koma manga
Studio : A-1 Pictures

Sinopsis

Yamagami Lucy(dst) masuk bekerja di Bagian Kesehatan dan Kesejahteraan (Hoken Fukushi-ka) dengan membawa sebuah misi. Dia ingin bertemu dengan pegawai di sana yang telah mengizinkan orangtuanya memberikan nama depan yang begitu aneh sehingga selalu menjadi bahan tertawaan selama hidupnya. Namun, sebelum mulai mencari, pertama-tama dia harus membiasakan diri dengan karakter rekan-rekannya sesama pegawai yang masing - masing memiliki keunikan tersendiri.

Jalan Cerita
Dengan setting dalam lingkungan kerja, terlebih lagi di kantor pemerintahan, anime ini jelas menyajikan sesuatu yang benar - benar segar. Sesekali anime ini memang mengangkat topik yang mungkin hanya bisa dimengerti oleh mereka yang berada pada usia kerja, misalnya tentang berbagai alasan para tokohnya bekerja di kantor sipil, tetapi secara keseluruhan anime ini masih mampu menyampaikannya dari sudut pandang yang bersifat umum, sehingga siapapun tetap bisa menangkap kejenakaan pada sisi komedinya dan rasa manis-pahit pada sisi Romancenya. Dan hebatnya, meski dengan obyek komedi yang sebenarnya tidak banyak berubah dari awal sampai akhir, anime ini tidak pernah terasa membosankan. Anime ini seolah selalu memiliki cara baru untuk membahasnya sehingga hal yang sama terus menggelikan setiap kali dimunculkan. Menyaksikan Miyoshi yang harus mendengarkan cerita Nenek Tanaka untuk kesekian kalinya pada episode - episode terakhir masih selucu kali yang pertama. It's entertaining to the very end.

Karakter
Dari Ichimiya yang berusaha menafkahi keluarganya hingga Hasebe yang hanya ingin bisa bersantai, tokoh - tokoh di anime ini merupakan representasi yang bagus atas berbagai karakter orang yang memilih bekerja di kantor pemerintahan. Selain memperluas wawasan penonton ke dalam banyak sudut pandang, hal ini juga menjadikan situasi - situasi yang timbul dari interaksi di antara mereka terasa sebagai sesuatu yang mungkin saja terjadi. Memang, sifat malu - malu sang Kepala Bagian cenderung terlalu ekstrim untuk dikatakan memiliki manfaat yang sama, tetapi itu tidak kemudian berarti kalau dia berasal dari kekeliruan. Dia cuma memiliki perannya sendiri. Sebab pada akhirnya, anime ini adalah fiksi, maka dia senantiasa berfungsi sebagai pengingat bahwa anime ini tidak sepenuhnya mewakili kenyataan. Dengan kata lain, boneka kelinci mustahil menjadi Kepala Bagian, maka semua kekonyolan di cerita anime ini juga tidak sungguh - sungguh terjadi.

Art
Komedi SxS ini sangat khas karya Takatsu-sensei yang juga membuat anime bertema serupa berjudul Working!!. Oleh sebab itu, banyak sekali bagian - bagian yang mirip dengan anime yang juga dibuat oleh A-1 pictures tersebut, mulai dari grafis sampai karakternya sangat mirip dengan Working!!. Sebut saja karakter Hasebe yang mirip Sooma yaitu suka jahil dan gak serius dalam bekerja, Yamagami yang punya sifat seperti Takanashi Souta dan "fisik" Popura. Miyoshi yang berbadan tinggi seperi Yachiyo & sifat pemalu seperti Inami, dan Ichimiya yang sifatnya seperti Otoo. selain itu, ciri khas lainnya yaitu pada temanya yang berhubungan dengan dunia kerja. 

Ost
Musik yang disajjikan SxS ini dari Opening bejudul "May I Help You?" yang dinyanyikan Ai Kayano, Mai Nakahara, & Aki Toyosaki. Untuk Endingnya berjudul "Hachimitsu Doki" yang dinyanyikan juga oleh mereka. Musik OST yang mengiringi SxS terdengar khas Working!! banget begitu juga dengan OP nya yang bikin pendengarnya ingin berjoget. Untuk ED nya bergenre musik Jazz yang sangat tenang dan nyaman, malah jadi ingin tidur.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 9.5 / 10
Ost : 9 / 10
Servant x Service : 9 / 10

Membosankan .... Kalian tidak bisa disalahkan jika kata tersebut merupakan hal pertama yang muncul dalam benak kalian ketika diminta menonton kegiatan sehari-hari para pegawai di kantor pemerintahan. Namun, anime ini bisa menunjukkan bahwa prasangka awal kalian tidak selamanya benar. Dengan cara menyampaikan cerita yang kreatif, dialog yang pandai, dan penyusunan karakter yang tepat, anime ini pun mampu menyajikan salah satu kisah komedi romantis yang cukup menghibur.



Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon