March 06, 2018

[Review Anime] Nourin


Nourin adalah sebuah anime garapan studio Silver Link. Studio ini terkenal karena memproduksi anime seperti Baka to Test to Shokanju, Kokoro Connect, Watamote, Strike the Blood hingga Non Non Biyori. Entah kenapa sedikit banyak ada kemiripan diantara anime produksi studio ini. Kemiripan ini meliputi adanya unsur Comedy hingga adegan Ecchi yang selalu melekat pada setiap anime garapan mereka.

Judul : Nourin
Tanggal Rilis : 11 januari 2014
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Comedy, Parody, Romance, Ecchi, School
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Silver Link.

Sinopsis

Hatta Kousaku, seorang siswa di Sekolah Agrikultural Tamo, sangat tergila-gila dengan idol bernama Kusakabe Yuka. Suatu hari, ia dikagetkan dengan berita bahwa idol pujaan hatinya tersebut memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia showbiz. Dan yang lebih mengagetkan, keesokan harinya sang idola muncul di kelas Kousaku sebagai Kinoshita Ringo. Lantas, bagaimana Kousaku dan teman-temannya menyikapi kehadiran Ringo di sekolah mereka?

Jalan Cerita
Meskipun menggabungkan antara idol, sekolah pertanian dan komedi namun sejujurnya tema dari anime ini sendiri tidaklah seheboh yang kalian pikirkan. Gabungan antara berbagai topic yang saling bertabrakan itu nampaknya kurang mampu untuk menciptakan perpaduan yang unik. Justru kesan aneh dan sedikit maksa yang timbul ketika pertama kali melihat berbagai tema  yang dicampur. Kalau boleh jujur, konsep anime ini seperti menggabungkan antara konsep Anime Baka to Test to Shokanju dengan menggunakan latar dari anime Gin no Saji dan sedikit memlintirnya dengan menggunakan twist Idol. Kemiripan Nourin dengan anime Baka to Test terlihat dari segi penokohanya. Kita lihat bagaimana tokoh utama cerita ini yaitu Hata begitu mengingatkan kita pada tokoh utama di Baka to Test yaitu Yoshii Akihisa yang bodoh dan ceroboh. Tokoh keduanya Kamatora Kei yang cool mengingatkan kita pada Sakamoto Yuuji, Kinoshita Ringo yang mirip Himeji dst. Meskipun demikian, Ceritanya sendiri masih bisa kita toleransi. Ada banyak hal yang menarik sebenarnya dari cerita ini seperti tentang kehidupan anak anak SMA dipedesaan Jepang hingga bagaimana kehidupan anak - anak sekolah pertanian yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan. Jujur, hal hal model gini jarang diekploitasi oleh kebanyakan anime yang seringkali menggunakan daerah perkotaan sebagai latar belakang cerita mereka. Selain latar hal lain yang menarik dari cerita ini adalah unsur komedi yang begitu menonjol. Unsur komedi yang muncul di anime ini bervariasi dari yang normal, lucu, aneh, garing hingga yang nyrempet ke arah Ecchi.

Karakter
Sejujurnya anime ini terbilang cukup berhasil untuk memperkenalkan banyak karakter unik secara bersamaan. Di anime ini kita bisa mengenal karakter seperti Minori, teman masa kecil Hata yang begitu tergila-gila padanya, ada Kamatori Kei teman Hata yang keren jenius namun sedikit aneh dan masih banyak karakter lainnya yang unik - unik. Meskipun banyak dari karakter di anime tersebut yang mampu meninggalkan impressi bagi penonton namun pengembangan karakter mereka sendiri cenderung dangkal. Pada akhirnya tokoh yang benar - benar kita kenal secara mendalam hanyalah Hata dan Minori.

Art
Sejujurnya satu-satunya hal yang saya suka dari anime ini adalah animasinya. Kualitas animasi dari anime ini cukup bagus, kita disuguhi latar pedesaan yang masih hijau dan bebas dari kesibukan perkotaan. Latar seperti ini membuat penonton menjadi merasa nyaman.

Ost
Meskipun anime ini memiliki banyak lagu pembuka dan penutup namun sejujurnya saya sendiri ngerasa tidak terlalu tertarik dengan lagunya. Hal ini mungkin karena nada yang digunakan oleh band yang membawakan Opening dan Ending songnya boleh dibilang mainstream.

Overall
Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 7 / 10
Nourin : 7.2 / 10

Well, sejujurnya kalau kalian lagi mencari anime yang mirip dengan anime seperti Gin no Saji mungkin anime ini adalah alternative yang cukup menarik. Jadi tunggu apalagi, kalau kalian memang suka dengan anime yang backgroundya pedesaaan, buruan deeh nonton anime ini.


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon