March 05, 2018

[Review Anime] Kekkaishi


Sedikit bernostalgia dengan beberapa anime yang mungkin sudah cukup familiar. Sebuah anime yang bercerita tentang para pemburu Ayakashi yang menjaga tanah Karasumori. Inilah review tentang sebuah  anime legendaris berjudul Kekkaishi.

Judul : Kekkaishi
Tanggal Rilis : 16 Oktober 2006
Episode : 52
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Adventure, Comedy, Fantasy, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Sunrise

Sinopsis

Yoshimori Sumimura dan Tokine Yukimura lahir sebagai penerus kepala keluarga kekkaishi yang sudah turun temurun selama 400 tahun. Keduanya bertetangga dan berteman sejak kecil melewatkan hari dengan pembasmian siluman di tanah karasumori yang misterius!!

Jalan Cerita
Kekkaishi adalah sebuah anime yang bercerita tentang para penerus darah Kekkaishi (mirip seperti Omnyouji) yang memiliki teknik Kekkai khusus untuk membunuh Ayakashi. Para penerus Kekkaishi ini adalah Yoshimori Sumimura (dari Klan Sumimura) dan Tokine Yukimura (dari Klan Yukimura). Kedua keluarga ini selama beratus tahun menjaga tanah Karasumori dari ancaman Ayakashi. Meskipun tugas yang diemban oleh keduanya sama, namun kedua keluarga ini tidak pernah akur dan selalu bersaing. Berbeda dengan para nenek moyang mereka yang selalu bersaing, Yoshimori dan Tokine nampaknya selalu akur. Meskipun sepertinya Tokine hanya menganggap Yoshimori hanya sebagai seorang adik, namun Yoshimori nampaknya memendam perasaan pada Tokine. Suatu hari Tanah Karasumori yang kini menjadi lokasi sekolah mereka mendapatkan serangan dari sebuah organisasi Yokai bernama Kokuboro. Sanggupkah Yoshimori dan Tokine mempertahankan tanah Karasumori dari ancaman para Ayakashi? Penasaran? Tonton animenya!

Karakter
Character development di anime ini cukup baik meskipun tidak bisa dibilang wow. Hal ini tidak menjadi masalah mengingat genre ini ditujukan untuk anak - anak. Yoshimori berkembang dari seorang anak yang manja menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab. Peristiwa yang menimpa Tokine nampaknya membuatnya sadar dan lebih bertanggung jawab. Karakter utama anime ini Yoshimori yang pemalas, keras kepala dll juga  meninggalkan kesan mendalam bagi para penonton. Memang karakter ini tidak “istimewa” namun setidaknya cukup menghibur. Entah kenapa saya selalu keingetan sama Okumura Rin ketika ngeliat si Yoshimori ini.

Art
Satu-satunya yang menjadi kelemahan anime ini adalah Artworknya. Sejujurnya Artwork tokoh utamanya sendiri di manga cukup bagus, namun ketika dijadikan anime bentuk mukanya terlihat sedikit aneh.

Ost
Opening song anime ini sangat menarik. Jujur sudah cukup lama saya gak nonton anime ini tapi Opening songnya masih saya ingat sampai sekarang. Bagaimana suara “Syalalala..lala..” selalu tergiang ketika mengingat anime ini.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 7 / 10
Ost : 9 / 10
Kekkaishi : 8 / 10

Anime ini ringan dan menyenangkan untuk ditonton. Anime ini juga merupakan anime untuk semua umur sehingga menontonnya bersama adik, kakak, teman atau saudara akan cukup menyenangkan.


Next

Related


EmoticonEmoticon