March 15, 2018

[Review Anime] Nichijou


Kali ini saya akan mereview sebuah anime Comedy yang cukup dikenal oleh penggemar anime di indonesia, yaitu Nichijou. Nichijou adalah sebuah anime Comedy dengan total 26 Episode yang tayang pada tanggal Apr 3, 2011 sampai Sep 25, 2011. 

Judul : Nichijou
Tanggal Rilis : 3 April 2011
Episode : 26
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Comedy, School
Sumber Cerita : Manga
Studio : Kyoto Animation

Sinopsis

Anime ini bercerita tentang tiga anak SMA bernama Aiyoi Yuuko, Naganohana Mio dan Minakami Mai…juga mengisahkan tentang Profesor Hakase beserta robot ciptaannya yang bernama Nano, sang kucing yang bisa bicara, Sakamoto dan masih banyak lagi. Mereka menjalani kehidupan sehari-harinya yang normal di sebuah kota yang dihuni oleh orang - orang yang…normal.

Jalan Cerita
Nichijou mengambil tema cerita yang simple namun berhasil untuk sebuah anime Comedy, yaitu kehidupan sehari-hari ditambah dengan hal - hal yang absurb. Dengan mengambil dua sudut pandang karakter atau dua kelompok karakter yang ada dianime ini, kelompok siswi sekolah beranggotakan tiga perempuan bernama Yuuko, Mio, dan Mai yang menceritakan keseharian mereka sebagai murid sekolah. Kelompok yang satunya lagi adalah keluarga Shinonome yang beranggotakan satu anak kecil yang bernama Hakase/Profesor dan sebuah android yang bernama Nano, kelompok ini menceritakan keseharian mereka sebagai sebuah keluarga yang berisi android dan seorang anak kecil yang sangat pintar dan selalu membuat penemuan - penemuan unik dan aneh. Mungkin kalian berpikir akan susah sebuah anime menceritakan sebuah ceritanya melalui dua kelompok karakter dan keduanya memiliki cerita yang berbeda, tapi Nichijou dapat melakukannya. Seperti kebanyakan anime Comedy pada umumnya, setiap episode berisi cerita - cerita pendek yang menceritakan kedua kelompok tersebut. Kedua kelompok tersebut saling bergantian giliran mereka menceritakan cerita kelompoknya, ya Nichijou berhasil menceritakan 2 Cerita berbeda dalam satu anime, tidak hanya dua cerita itu yang menjadi sorotan di anime ini tetapi juga cerita - cerita kecil yang terjadi disekitar karakter sampingan. Jadi karakter yang kita anggap tidak penting dan berperan sedikit dianime ini menjadi lebih signifikan peran mereka dalam cerita. Seiring berjalannya cerita tepatnya ½ dari anime ini, Nichijou menggabungkan 2 Cerita besar tadi dan beberapa cerita pendek yang ada menjadi satu cerita penuh dan cerita - cerita tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa konflik atau perasaan tidak pas antara cerita yang digabungkan tersebut. Dengan cerita yang digabungkan dengan baik tersebut, anime ini akan meninggalkan bekas dihati kalian meskipun pada akhirnya anime ini meninggalkan ending yang terbuka tapi saya suka itu, bahkan saya cukup sedih saat anime ini berakhir bukan karena endingnya yang menyedihkan tetapi cerita dan karakternya yang bagus membuat saya tidak ingin berpisah dengan anime ini.

Karakter
Anime ini memiliki sangat banyak karakter, kalau disebut sudah pasti lebih dari sepuluh, dan punya karakteristik masing - masing. Ada tiga orang sahabat (yang pada episode akhir - akhir jadi berempat) menjalani hidup sekolah dan bermain. Satu karakter suka teriak - teriak pas marah dan suka ngegambar manga BL, satu karakter freak dan kalau ngasih jokes gak jelas, dan satu orang lagi suka ngasih jokes dan menurut saya paling normal. Masih banyak sisanya dan gak mungkin saya sebut dan jelaskan sifatnya, intinya ya tadi, semua karakter mempunyai karakteristik yang membuat anime ini terlihat semakin bagus dan tidak kehabisan jokes.

Art
Mungkin Artwork di anime ini bukanlah yang top, yang kalau ditonton di resolusi bagus makin keren. Akan tetapi, perubahan gaya Artwork sering dilakukan dari karakter wajah sampai yang lainnya sehingga cocok dengan scene yang akan ditampilkan. Dari gambar yang “so cute” sampai gambar yang membuat scene semakin “lebai”, yang bisa membuat makin aneh atau juga kocak.  Satu hal yang pasti, saya paling suka bagaimana penggambaran ekspresi wajah pada anime ini.

Ost
Untuk komponen sound/music sendiri sudah lumayan bagus. Lagu Ending theme pada 12 episode pertama sangat nyaman didengar, belum lagi pada episode 12 ke atas lagu Ending theme berganti-ganti walaupun saya lebih suka Ending theme pada first-half. Untuk BGM sendiri sudah cukup pas, bagaimana BGM saat suatu hal bodoh terjadi, saat lebai mode, dan musik tentram ketika scene yang santai. Kerennya, pada setiap review episode depan, naratornya ganti - ganti, terutama di episode 9 ada Hirano Aya.

Overall
Jalan Cerita : 9.8 / 10
Karakter : 9.5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8.5 / 10
Nichijou : 9.2 / 10

Nichijou memberikan sebuah Entertaiment Comedy yang sesungguhnya. Anime ini mengocok perut disetiap episode, dengan Comedynya yang ada dari normal sampai absurb dapat membuat kalian tertawa dengan mudah. 


Next

Related


EmoticonEmoticon