February 16, 2018

[Review Anime] Mousou Dairinin


Mousou Dairinin merupakan salah satu anime yang dirilis pada tahun 2004 dan merupakan hasil maha karya dari seorang Satoshi Kon pengarang Tokyo Godfathers, Perfect Blue, dan Paprika. Anime ini berada dibawah naungan Studio Madhouse dengan genre yang diusung yaitu Drama, Misteri, Thriller serta Psychological ini memberikan sensasi menikmati suatu jalan cerita yang berbeda.

Judul : Mousou Dairinin
Tanggal Rilis : 3 Februari 2004
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Mystery, Dementia, Police, Psychological, Supernatural, Drama, Thriller
Sumber Cerita : Original
Studio : Madhouse

Sinopsis

Mousou Dairinin mengisahkan tentang peristiwa kemunculan seorang yang meneror suatu kota di Tokyo, Jepang. dengan ciri khas pemukul baseball bewarna emas serta menggunakan sepatu roda yang berwarna emas yang dikenal dengan julukan Shounen Bat, pemuda ini memberikan teror dengan memukul setiap korbannya hingga pingsan, terluka hingga lupa ingatan. 2 orang detektif di kota tersebut, Mitsuhiro Maniwa dan Keiichi Ikari bergerak untuk menyelidiki kasus teror tersebut, karena semenjak penyerangan pertama ke seorang artist desainer bernama Tsukiko Sagi. Teror ini terus menerus terjadi dan korban yang tidak sedikit, 2 detektif tersebut menyadari bahwa kasus teror ini bukanlah suatu kasus teror yang biasa dan beragam kesan serta efek psikologis menyertai mereka selama mereka menyelidiki kebenaran kasus ini.

Jalan Cerita
Cerita yang disajikan begitu solid dalam artian dari awal episode akan diperkenalkan permulaan bagaimana kasus teror penyerangan dari Shounen Bat ini dimulai, bagaimana korban penyerangan ditanyai kronologis penyerangan hingga proses berjalannya penyelidikan untuk menemukan titik terang dari kasus ini. dari satu episode ke episode berikutnya akan memberikan kesan untuk tidak berhenti di tengah tengah jalan cerita karena rasa penasaran apa yang sebenarnya terjadi dengan teror ini. semua diceritakan dengan sangat baik dan menarik, selain jalan cerita yang menyambung, terbalut juga dengan adanya plot twist dan suatu misteri dibalik teror di jalan cerita anime ini. awal - awal episode hingga pertengahan akan disajikan cerita latar belakang dari para korban penyerangan. untuk pertengahan hingga akhir sudah mulai beragam plot twist mulai bermunculan sehingga menambah menariknya anime ini dari segi Mystery.

Karakter
Di anime ini akan diperkenalkan beragam karakter yang dominan adalah para korban dari penyerangan tersebut, para karakter yang diserang pun juga memiliki latar belakang yang beragam seperti desainer, guru privat hingga murid sekolah dasar. begitu pula dengan tersangka utama di anime ini yaitu Shounen Bat diberikan gambaran dan kesan kriminal jalanan sehingga menyebabkan kekhawatiran massal di kota tersebut.

Art
Kualitas desain para karakter memang diberikan seidentik mungkin dengan genre yang diberikan dan untuk ukuran tahun 2004 sudah termasuk bagus. pemberian efek ”aneh” dan “absurd” menambah kesan betapa psychological anime ini bila dinikmati.

Ost
Dengan lagu pembuka yang berjudul Yume no Shima Shinen Kouen yang dibawakan oleh Susumu Hirasawa merupakan lagu pembukan yang cukup menarik untuk segi anime yang bertemakan Drama, Thriller serta Psychological, karena memang akan diberikan suatu Opening dengan beragam karakter yang tertawa tanpa sebab dengan beragam background lingkungan sehari-hari. Lagu penutup dengan kesan tenang dan damai yang berjudul Shiroi Oka yang masih dibawakan Susumu Hirasawa akan memberikan ketenangan sesaat setelah menikmati jalan cerita di tiap episode, yang dibalut dengan beragam pertanyaan sehingga memang menuntut untuk berpikir apa yang sebenarnya terjadi.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 7.5 / 10
Mousou Dairinin : 8 / 10

Mousou Dairinin adalah anime yang bagus bagi kalian yang ingin berpikir apa yang sebenarnya terjadi dengan beragam scene - scene yang tidak biasa, dan juga bagus bagi kalian yang ingin anime dengan plot twist yang menarik.


Next

Related


EmoticonEmoticon