February 16, 2018

[Review Anime] Joukamachi no Dandelion


Mungkin beberapa orang tidak tahu anime ini, padahal anime ini mempunyai potensi. Salah satunya adalah jajaran seiyuu ternama, sebut saja Hanazawa Kana (Akane) atau Hayami Saori (temannya Akane). Salah satu alasan saya menonton juga karena HanaKana dan membuat saya jatuh cinta dengan anime ini terutama ke Akane.

Judul : Joukamachi no Dandelion
Tanggal Rilis : 3 Juli 2015
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Comedy, Super Power, Seinen
Sumber Cerita : 4-koma manga
Studio : Production IMS

Sinopsis

Menceritakan keseharian 9 bersaudara dari keluarga kerajaan yang masing - masing memiliki kekuatan super. Untuk membantu memutuskan gelar Raja berikutnya mereka diharuskan hidup membaur dengan masyarakat. Setiap harinya mereka diawasi lebih dari 200 kamera pengawas untuk dijadikan hiburan ke masyarakat.

Jalan Cerita
Comedy anime ini, khususnya yang berkisar pada Akane, bisa dikatakan cukup bagus. Temanya selalu sama, yaitu sifat pemalu Akane bila berada di hadapan orang banyak. tetapi ada penulisan yang kreatif di balik setiap situasi ketika sifat tersebut diangkat, sehingga setiap lelucon yang muncul darinya pun tetap berhasil ditampilkan dengan rasa yang segar dan berbeda. Namun, Comedy ternyata bukan tujuan utama anime ini, tujuan sesungguhnya adalah Drama tentang para kakak-beradik keluarga Sakurada (kecuali Teru dan Shiori) saat mereka mencari jati diri masing - masing tentang beban yang harus mereka pikul dan juga impian yang ingin mereka raih. Situasi yang menjadi dasar cerita anime ini, yaitu pemilihan untuk menentukan raja berikutnya, tidak seketika membuat siapapun penasaran, terlebih dengan pemilihan itu terjadi di suatu negeri antah berantah sehingga tidak ada seorang pun yang akan peduli bagaimana hasilnya. Pada kenyataannya, tidak ada dorongan untuk mengenal siapa saudara dan saudari Akane atau bahkan siapa Akane sendiri sebagai seorang individu. Kemungkinan besar penonton hanya ingin melihat tingkah laku lucunya sebagai seorang gadis pemalu yang diharuskan berhadapan dengan perhatian dari seluruh kerajaan, maka meski secara obyektif cerita anime ini sebenarnya sudah cukup bagus.

Karakter
Awalnya saya mengira karena ini anime Comedy dan ada banyak karakter, maka tidak mungkin ada development karakter. Tapi ternyata saya salah. Ya Joukamachi menawarkan development tiap karakter dengan baik pada tiap episodenya. Karena 1 episode bisa ada beberapa bagian dan tiap bagian minimal ada 1 karakter yang di fokuskan. Keluarga sakurada sendiri terdiri dari 11 orang termasuk orang tua. Dengan mempunyai 9 anak yang berbeda-beda dan 6 diantaranya wanita, tentu ini menjadi kabar baik untuk kalian yang mencari waifu. Pasalnya berbagai macam fetish ada disini. Mulai dari twin tail Akane, tipe onee san Aoi, hingga loli Shiori juga ada.

Art
Meski bukan merupakan jenis cerita yang harus mengutamakan visual, anime ini selalu memperlihatkan kualitas animasi yang sangat baik. Gerakan para tokohnya tampak halus, tidak hanya pada adegan - adegan penting seperti ketika mereka menggunakan kekuatan super, tetapi juga pada gerakan - gerakan yang lebih sederhana. 

Ost
Opening theme yang dinyanyikan oleh YuiKaori (Yui Ogura & Kaori Ishihara) berjudul "Ring Ring Rainbow !!" dan Ending theme yang dinyanyikan oleh Yui Ogura berjudul "Honey ♥ Come !!,". Untuk Ost-nya sih saya gak tau mau ngomong apa, yang jelas Ost-nya terdengar sesuai dengan anime Slice of Life dan menurut saya sih lumayan bagus.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 8.8 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 8 / 10
Joukamachi no Dandelion : 8.4 / 10

Joukamachi menawarkan sebuah anime yang dapat menghibur penonton dengan jokes ringan. Mulai dari kehidupan sehari-hari keluarga Sakurada, tingkah laku Akane yang mementingkan terihindar dari kamera dan tersingkap pantsu-nya lebih dari apapun hingga kepolosonnya Hikari demi menjadi raja berikutnya. Namun jangan berharap sebuah jokes yang membuat kalian tertawa lepas, tapi setidaknya cukup untuk membuat kalian terhibur dan tertawa kecil.


Next

Related


EmoticonEmoticon