February 03, 2018

[Review Anime] ef: A Tale of Memories.


“ef: A Tale of Memories.”, setelah menonton anime ini ternyata anime ini memiliki kisah yang membuat saya terkesima dengan nuansa romansa yang berat dan pembawaan ceritanya kadang sulit dimengerti.

Judul : ef: A Tale of Memories.
Tanggal Rilis : 7 Oktober 2007
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Mystery, Drama, Romance
Sumber Cerita : Visual novel
Studio : Shaft

Sinopsis

Anime ini berlatar pada dua kota yang berbeda namun memiliki nama yang sama : Kota Otawa dan menceritakan 2 kisah asmara yang terjadi di dua kota tersebut :
Kisah asmara #1  Kota Otowa, Jepang.
Pada malam natal, Hirono Hiro bertemu dengan seorang gadis bernama Miyamura Miyako. Karena suatu insiden, mereka pun memutuskan untuk menghabiskan malam natal mereka bersama-sama. Dan ternyata, mereka berdua bersekolah di sekolah yang sama. Hubungan yang terjalin secara kebetulan itu pun berkembang lebih jauh lagi. Hal tersebut memicu kecemburuan dari Kei Shindou, teman masa kecil Hiro, yang sudah lama mencintai dirinya. Walhasil, terjadilah rivalitas antara Kei dengan Miyako dalam memperebutkan Hiro.Kisah asmara #2  Kota Otowa, Australia.
Renji Asou bertemu dengan saudara kembar Kei yang sangat pemalu, Chihiro Shindou, di sebuah stasiun kereta api yang terlantar. Keduanya dengan cepat menjadi teman dan kemudian memutuskan untuk menulis novel bersama-sama. Hingga pada suatu hari, Renji mengetahui fakta menyedihkan tentang Chihiro : Gadis yang selalu menemaninya tersebut mengidap suatu penyakit dimana ingatannya akan hilang setiap 13 jam sekali. Lantas, bagaimanakah kelanjutan kisah mereka berdua?

Jalan Cerita
Iseng - iseng saya lihat di info, karena mengapa anime ini kok dramatis banget, ternyata selain dari sumber Visual novel yang menjadi storyboardnya ternyata Makoto Shinkai toh. setelah tau infonya, baru bisa maklum karena orang satu ini memang terkenal seantero jagat raya soal penanganan cerita anime. dan anime ini langsung mengingatkan saya dengan salah satu anime movie karyanya yang berjudul Kotonoha no Niwa. selain itu, diawal cerita awalnya terlihat rapih, namun menjadi terlihat berantakan, namun dengan ajaibnya cerita akan kembali ke titik semula tanpa penontonya kadangkala sadari. sebenarnya anime ini kalau dilihat sekilas masih ada cerita lainya, dan karena itu anime ini masih ada s2 nya. dengan latar cerita yang gak terlalu lebar, tapi masih dapat dimanfaatkan potensinya untuk dimuat alur cerita lebih jauh lagi, untuk lengkapnya kalau sudah saya nonton s2 nya akan saya review juga.

Karakter
Setidaknya inilah yang saya lihat diantara jajaran karakter utamanya, sebuah pertemuan dengan karakter yang mereka anggap sebagai orang penting. kehadirannya mengisi hati yang telah lama kosong dan isi itu mewujudkan sebuah benih - benih cinta. namun apa jadinya ketika hati telah terisi tapi banyak dilema yang terjadi di sekitarnya membuat mereka goyah dan beberapa kali merasakan patah hati. yang jelas, tiap karakter mendapat peran masing - masing dengan level yang berbeda. yang ingin menolong dan yang akan ditolong, atau yang butuh atau membutuhkan sosok karakter sama - sama memiliki hubungan timbal balik yang tak dapat terpisahkan satu sama lain.

Art
Seperti yang sedikit saya bahas diatas, kalau ceritanya sudah kacau ditambah dengan grafis dan perpindahan gambar yang kadang sulit dimengerti, terlihat abstrak atau bias, dan kadang mengganggu karena muncul di moment - moment yang penting. namun tak usah risau, grafis dan penggambaran hal - hal lain yang ada di dalamnya yang tampil secara acak memiliki nilai estetika tersendiri. dan bisa saja langsung dipahami apa maksud dari gambar tersebut (dengan catatan kalian sudah sering nonton anime VN, time travel atau lainya). selain hal - hal diatas, ef;A Tale of Memories memiliki kualitas grafis yang WOW seperti anime movie pada tahunnya. dan hal ini menjadi nilai lebih terutama untuk kalian yang ingin nonton anime dengan memperhitungkan kualitas grafis yang bagus.

Ost
Lagu pembukanya yang berjudul "euphoric field" by Tenmon feat. ELISA mampu menaikkan feel saya merasakan kalau anime ini bernuansa Romance Drama, dimana lagunya menggunakan bahasa inggris yang menarik. lalu ditambahkan dengan scene Opening yang begitu abstrak penuh warna dan penggambaran yang cukup bias. lalu lagu penutupnya ada banyak versinya, setidaknya ada 5 lagu yang sayangnya saya lupa lantunannya, namun secara keseluruhan terdengar begitu menghanyutkan. lalu soal BGM, anime Romance satu ini punya ciri khas seperti Visual novel, yaitu iringan piano dan violin yang terdengar merdu tapi dalam maknanya.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 9 / 10
ef: A Tale of Memories. : 8.5 / 10

Jadi intinya ef: A Tale of Memories. adalah anime Romance-Drama dengan dilema yang berat dan kadang dialog antar karakternya sulit dimengerti. namun kalau disaksikan dengan teliti, dialog antar karakternya terdengar begitu realistis dan pembicaraan tiap katanya terasa begitu emosional.


Next

Related


EmoticonEmoticon