January 22, 2018

[Review Anime] Selector Spread WIXOSS


Kali ini saya akan buat review season 2 dari Selector Infected WIXOSS yaitu, Selector Spread WIXOSS. mulai tayang hanya berjarak 3 bulan tepatnya di musim fall 2014.

Judul : Selector Spread WIXOSS
Tanggal Rilis : 4 Oktober 2014
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Game, Psychological
Sumber Cerita : Card game
Studio : J.C.Staff

Sinopsis
Dalam season kali ini menceritakan dilema Kominato Ruuko yang kalah bertanding dan gugur untuk mewujudkan impianya. masalah kian rumit setelah LRIG yang disayanginya kini telah berpindah tangan ke orang lain dan ia malah mendapatkan LRIG yang berisi kegelapan penuh ambisi kelam. Setelah kejadian tersebut Ruuko, Hitoe dan Yuzuki berjanji tidak akan bertanding lagi karena mereka telah mengetahui kebenaran dunia battle card selector WIXOSS terbentuk karena kebencian akibat kesendirian. baik menang maupun kalah dalam game tersebut hanya akan menggiring mereka secara perlahan ke dalam jurang kegelapan. Kehidupan sekolah maupun pertemanan mereka normal kembali walaupun nasib buruk menimpa Yuzuki yang tidak bisa menjalani kehidupanya seperti sediakala. hingga suatu hari Ruuko bertemu dengan pengarang novel WIXOSS. ia adalah orang yang mengetahui segalanya mengenai ruang putih dan sang pencipta dunia pertarungan yaitu Mayu. namun untuk mendapatkan informasi tersebut harus dibayar kesepatan dengan bertanding.

Jalan Cerita
Cerita kali ini psychological lebih terasa berat karena banyak tekanan yang harus Ruuko hadapi. selain memikirkan keadaan dan cara menyelamatkan Tama,  ia juga memikirkan sesama nasib para selector tidak bersalah yang terseret dalam salah satu sisi dunia yang kelam dengan cara bertemu langsung dengan Mayu. namun hal itu tidaklah mudah, setelah melakukan tanding beberapa kalipun ia belum mengetahui bagaimana caranya agar dapat bertemu dengan Mayu secara langsung. selain itu, pada awalnya Ruuko memiliki hubungan buruk dengan LRIG barunya yang terlalu berambisi terhadap kemampuan bermainnya, namum seiring berjalanya waktu hati LRIG yang gelap perlahan masuk secercah cahaya kebaikan dari Ruuko, setelah mengetahui sosok Mayu sebenarnya. Ruuko malah tidak mendendam dengan alasan sosok Mayu ada dalam diri tama dan LRIG kegelapan tersebut. dari sinilah hal - hal baik yang dilakukan Ruuko mampu masuk kedalam hati LRIG miliknya. Jadi secara keseluruhan cerita diawal udah rumit namun terarah dalam satu tujuan penyelesaian masalah secara perlahan namun pasti memberikan harapan indah dari ikatan sebagai selector dan terlepas dalam kurungan bagi para LRIG. Walaupun game ini pada dasarnya kejam namun setelah masalah usai, rasa persahabatan diantara mereka semakin kuat karena telah mengalami penderitaan yang sama sebagai selector dan juga sebagai LRG. jadi ceritanya cocok bagi kalian yang suka cerita serius, terkesan dewasa dan rasa persahabatan yang kuat.

Karakter
Karakternya sungguh moe - moe sekali, itulah yang saya pikirkan pertama kali. walaupun moe, rata - rata usia mereka di bangku anak SMA dan ini hal yang sangat lumrah karena banyak anime yang menggunakan karakter dengan umur anak sekolahan (khususnya SMA). pendalaman karakter yang menonjol sekilas terlihat adalah Ruuko, Tama, LRIG kegelapan dan khususnya kisah masa lalu  Mayu yang menarik perhatian atas misteri mengenai topik utama cerita Selector series.

Art
Untuk Art atau grafis, kualitasnya tidak ada perubahan secara mencolok, mungkin hanya nuansa gelap dan terang begitu mencolok ketika cerita memasuki setengah cerita. lalu ada penambahan grafis buram ketika cerita mengisahkan masa lalu Mayu yang buat penonton akan merasa terkesima.

Ost
Soal music, Openingnya berjudul world’s end,girl’s rondo by kanon wakeshima dan Ending berjudul undo: ashita e no kioku by Cyuag. bahkan kedua lagu ini saya masukkan dalam list music saya, karena lagunya benar - benar punya cita rasa game yang tinggi dan cocok untuk penyemangat bagi seorang gamer. Untuk BGM nya masih sama tidak terlalu banyak dirubah atau ditambah. kalau mode serius sering terdengar suara dentuman BASS yang kuat lalu music pengiring jenis electro+jazz dan sedikit nge-rock akan diputar ketika mereka bertanding atau lagi mode serius. jadi secara keseluruhan musiknya oke banget.

Overall
Jalan Cerita : 8.8 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8.7 / 10
Ost : 9 / 10
Selector Spread WIXOSS : 8.9 / 10


Anime satu ini mungkin menjadi kunci inti ceritanya, lalu apakah kalian sebelumnya sudah nonton anime bertemakan card game satu ini?

Next

Related