December 17, 2017

[Review Anime] Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai (S1+S2)


Nah, sekarang saya mereview anime yang secara garis besar ceritanya membahas tentang kehidupan seorang Otaku yang berusaha menyembunyikan hobinya dari orang disekitarnya.

Judul : Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai & Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai.
Tanggal Rilis : S1: 3 Oktober 2010, S2: 7 April 2013
Episode : (12+13) 25
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Comedy, Romance
Sumber Cerita : Light novel
Studio : S1: AIC Build, S2: A-1 Pictures

Sinopsis
Anime ini bercerita tentang kehidupan Kousaka Kyousuke yang sudah bertahun-tahun tidak akur dengan adiknya sendiri, Kousaka Kirino. Suatu hari, Kyousuke menemukan DVD anime bertemakan Magical Girl yang berjudul Stardust Witch Meruru. Dan ternyata, didalamnya itu terdapat game eroge dengan judul Love with Imouto (Bercinta dengan adik perempuan). Tentu hal ini sangat mengejutkan Kyousuke. Karena penasaran, dia pun memutuskan untuk mencari tau siapa pemilik game eroge tersebut. Hingga pada akhirnya, dia menemukan kalo pemiliknya tidak lain dan tidak bukan adalah adiknya sendiri. Lucunya, insiden itu justru membuat hubungan mereka lambat laun makin membaik. Dengan dalih ‘bimbingan konseling’, Kirino pun memaksa Kyosuke untuk ikut terjun kedalam hobi laknatnya tersebut. Darisini lah kisah OreImo dimulai.

Jalan Cerita
Nah, di season 1 awal, ceritanya masih berupa pengenalan. Hubungan antara Kousaka bersaudara ini masih biasa aja meskipun telah berkembang sedikit. Disini juga ada karakter cewe yang menurut saya memeliki watak yang gaje gitu. Kemudian di season 2, mulai keliatan kalau anime ini sebenarnya punya genre 'Romance' juga (meskipun saya juga gak ngerti ini Romance yang kaya gimana saking gajenya). Jadi si Kyousuke ini nanti banyak cewek suka sama dia, saya paham sih... dari covernya juga sudah keliatan kalau ini anime Harem, tapi saya ngga nyangka aja, soalnya, biasanya kan anime Harem itu tokoh utama cowoknya cakep, tapi ini malah biasa aja. Meskipun alurnya terlalu kecepetan dan terkesan mendadak banget (buat yang udah baca Light novelnya pasti ngerti). Yah, gitu pokoknya... masa tau - tau si Kyousuke sudah suka sama si 'itu' ..? Padahal tadinya dia masih biasa aja. Sebenarnya apa sih yang membuat OreImo ini layak untuk ditonton?. Pertama, Cara penyajian ceritanya yang cerdas, konflik - konflik yang sangat realistis yang dimunculkan satu per satu dari yang mudah hingga ke yang sulit membuat kita selalu penasaran dengan apa yang terjadi selanjutnya. Kedua, Comedynya. Disinilah letak keseruan OreImo, dengan Comedy khas ala Slice of Life yang benar - benar enjoyable. Oleh karena itu banyak orang yang menyatakan kalo OreImo adalah salah satu anime Comedy terbaik di Tahun 2010.

Karakter
Sekarang kita bahas karakter - karakter yang ada di anime ini. Kousaka Kirino, heroin dalam anime ini digambarkan sebagai karakter tsundere. Seorang gadis 14 tahun dengan talenta besar, seorang model, bisa dibilang sempurna sebagai wanita. Namun dibalik sosoknya yang sempurnya itu, dia menyembunyikan hobi yang bagi kaumnya disebut tabu. Sebenarnya dia cukup paham untuk memisahkan hobinya dengan dunia nyata, namun pada episode - episode akhir sepertinya dia mulai terbawa suasana dalam VN nya, karena karakter dalam eroge itu mirip sekali dengannya. Kousaka Kyousuke, sosok kakak yang baik. Sebenarnya hidupnya berjalan normal dan biasa saja, namun setelah insiden DVD Kirino semua berubah. Dia memiliki hobi baru bermain eroge, memiliki fetish megane. Makishima Saori atau Saouri Bajiina, pimpinan dalam forum anime Girls Unite! penggambarannya mungkin bisa dikategorikan geek dengan kacamata bulat dengan pusaran, tubuh tinggi. Di episode 9, dia digambarkan sebagai orang yang cukup kaya. Sosoknya dalam netforum juga sopan/kalangan terhormat merupakan pengunjung reguler comiket. Kuroneko (Ruri Goko), digambarkan dengan kostum gothic dengan badan kecil jadi loli gothic. dan sekali karakter yang satu ini juga memiliki elemen tsundere. Kuroneko agak berbeda dengan Kirino, kalau Kirino suka dengan Hoshikuzu Witch Meruru dan yang setipe (childish) Kirino lebih suka yang berat - berat Mascheras dan sejenisnya. Datang dari keluarga yang sederhana, dengan seorang adik. Aragaki Ayase, temannya Kirino. Kalau Saori dan Kuroneko mewakili Kirino dalam dunia otaku, Ayase mewakili Kirino dalam dunia bintangnya. Seorang model, friendly, dan perhatian pada temannya. Ayase termasuk orang yang membenci otaku, dari berita yang ia dengar tentang indecent otaku. Kanako Kurusu (kanakana-chan), satu lagi teman Kirino dalam dunia bintangnya (walau ia baru jadi bintang setelah ikut cosplay Meruru) yang membenci otaku. Perannya mungkin sebagai orang jahat. Tamura Minami, teman kecil Kyousuke yang juga merupakan teman belajarnya. Digambarkan dengan kacamata (fetishnya Kyousuke), sosok yang baik, ramah, seperi sosok imouto yang biasanya. Dia menyukai Kyousuke, namun sepertinya Kirino agak kurang menyetujuinya. 

Art

Kalau melihat design Artnya di Season 1 mungkin tidak begitu spesial, coloringnya begitu sederhana dan tidak detil. Mungkin agar penampakan elemen VN tidak begitu menyatu dengan background dari animenya sendiri, walau tidak disemua scene. Mengingat studio AIC juga merupakan studio yang mengerjakan Amagami SS, pastilah mereka dapat melakukan lebih pada anime ini. Dan untuk Season 2 Artnya mengalami peningkatan, Background dan Coloringnya lebih baik karena digarap Studio A-1 Pictures. Terlepas dari itu Artnya cukup cocok dan mendukung suasana certita yang sedang berlangsung.

Ost
Lagu Openingnya berjudul Irony yang dinyanyikan oleh Claris. Lagunya enak banget, dan selama nonton gak pernah sekalipun saya lewatin. Tapi sayangnya, tidak ada hal spesial dari lagu tersebut yang bisa membuatnya masuk kedalam list OST Anime saya. Untuk lagu ending saya gak terlalu suka, karena selalu berganti-ganti tiap episodenya. Sejujurnya, saya bukan tipikal orang yang bisa menyukai suatu lagu hanya dengan sekali dengar. Untuk BGM lumayan oke, sangat pas mengiringi konflik - konflik yang terjadi di animenya.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10
Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai (S1+S2) : 8 / 10

Gimana? Tertarik juga kah untuk nonton? Apa sudah pada nonton kali ya?. Bagi yang belom nonton, saya saranin supaya nonton anime ini..

Next

Related


EmoticonEmoticon