December 03, 2017

[Review Anime] BanG Dream!


Anime ini merupakan anime band yang bisa dibilang mirip seperti K-ON!. Hanya saja, para seiyuu-nya juga memiliki band dengan nama yang sama, bahkan sudah beberapa kali konser sebelum animenya tayang. Nama band-nya Poppin’Party.

Judul : BanG Dream!

Tanggal Rilis : 21 Januari 2017
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Music
Sumber Cerita : Manga
Studio : Xebec, Issen

Sinopsis

Saat dia kecil, Kasumi Toyama selalu mencari “Ketukan Bintang”, suara berkilauan dan menarik yang dia dengar saat melihat langit malam. Setelah masuk SMA, Kasumi menemukan “gitar berbentuk bintang” di gudang toko gadai kuno. Merasa terburu-buru dan kegembiraan yang tak pernah dia rasakan sebelumnya, Kasumi membentuk tim dengan empat gadis lainnya dan memulai perjalanan untuk mencari tempat berkilau. Kami berjanji untuk konser di sini!

PV

Jalan Cerita
Mungkin nantinya akan banyak saya bandingkan dengan K-ON (saya anggap kalian sudah nonton anime K-ON), mengingat anime bertakjub band sudah lama tidak muncul yang bagus selain K-ON. Layaknya K-ON, cari ekskul yang menarik, ketemu band, tertarik, bikin band, cari anggota, anggota lengkap, debut. Perbedaannya, kalau menurut saya Band Dream! ini lebih ke dramanya. Berbeda dengan K-ON yang setiap episodenya kadang suka menayangan cerita acak. Malahan sudah kayak anime bergenre keseharian, padahal temanya band. Nah, kalau Band Dream! ini enggak, benar - benar memikirkan anggota. Pendekatan anggotanya lebih ruwet. Kita akan dikenalkan lebih dalam setiap karakternya. Dari yang malu - malu, PD banget, sok, malu-maluin, dll. Kalau boleh dibandingkan lagi mah, anime ini malah lebih ke idol seperti Love Live, atau idolm@ster ketimbang band. Soalnya lebih memerhatikan ke permasalahan anggotanya. Kenapa enggak mau gabung? Kenapa pengin ngeband? Dan lain - lain. Kok, muter - muter ya saya jelaskannya. Semoga kalian paham.

Karakter
Nah, poin penting adalam anime band seperti ini menurut saya adalah karakter. Kalau saya bandingkan lagi dengan K-ON, di K-ON karakternya lebih dapet, karena condong ke keseharian ketimbang ngeband-nya. Komedinya juga dapet. Nah, kalau Bang Dream! ? Seperti yang saya bilang sebelumnya, Bang Dream! ini band rasa idol. Full drama dari para anggotanya. Malahan enggak ada lawaknya. Jadi emosi kita dipermainkan ketika nonton. Kadang kesal sama si ini, kadang suka sama si ini, kadang greget  sama si ini. Karakter utamanya sendiri ada pada band Poppin’Party yang beranggotakan lima orang, diantaranya: Kasumi Toyama, Arisa Ichigaya, Saaya Yamabuki, Tae Hanazono, dan Rimi Ushigome. Kasumi sendiri merupakan tokoh utama yang ngebet pengin bikin band. Dia ini awalnya kepincut sama gitar bintang yang ia temukan di rumahnya Arisa. Terus, dia mulailah mendekati Arisa. Bukan untuk mendapatkan gitarnya. Tapi biar bisa liat gitarnya. Sifatnya ini ambisius, terlalu PD, dan enggak tahu malu. Tapi dia ini sangat diandalkan ketika teman-temannya kesusahan. Arisa adalah keyboardis. Dialah pemilik gitar bintang yang disukai Kasumi. Dia ini orangnya cerdas. Sampai malas buat masuk sekolah. Eng …, bukan malas, sih. Lebih ke malu kalau di tempat keramaian, makanya jarang masuk sekolah. Tapi dia ini pintar, jadi diampuni kelakuannya sama para guru. Sifatnya ini bisa dibilang tsundere. Lebih realistis terhadap sekitar, tapi kalau diajak hal aneh kadang suka kalah dan akhirnya mau ikutan. Kemudian Saaya, dia adalah drumer. Awalnya Saaya sudah membuat band dengan teman-temannya ketika SMP. Tapi karena ada masalah yang membuatnya berhenti bermain band. Kemudian Kasumi pun mulai mencari tahu alasannya. Saaya ini orangnya suka mendem perasaan. Enggak mau cerita ke orang lain, makanya suka sulit cari solusi buat masalah yang dia hadapi. Dan di bassis ada Rumi. Rumi ini suaranya paling imut. Dia punya kakak namanya Yuri Ushigome yang juga merupakan anggota band dari Glitter*Green. Rumi ini sifatnya sangat pemalu. Enggak berani dengan apa yang dilakukannya. Tapi, suatu saat Kasumi mengubahnya sedikit menjadi lebih berani dari sebelumnya. Yang terakhir Tae. Awalnya saya pikir Tae ini seperti Mio. Ternyata sifatnya beda jauh. Dia ini gitaris dan merupakan pekerja paruh waktu di SPACE (studio tempat Poppin’Party ingin konser). Enggak akan saya bahas soal SPACE ini. Yang jelas Tae ini sifatnya hampir mirip Kasumi yang kekanak-kanakan, tapi dengan kadar rendah. Kalau disuruh memilih, saya lebih milih Arisa. Dia pemikirannya lebih realistis, meski tsunderenya kadang nyebelin.


Art
Studio yang bertanggung jawab adalah Xebec. Grafis yang diberikan entah kenapa terasa seperti Love Live!. Selain itu, saya suka ketika adegan ngebandnya, pakai 3D, tapi tetap enak dilihat. Gerakan yang mulus dan halus jadi nilai tambah di sini. 


Ost
Lagu Pembuka: Tokimeki Experience! 「ときめきエクスペリエンス!」oleh Poppin’Party dan Lagu Penutup: Kirakira Da Toka Yume Da Toka: Sing Girls 「キラキラだとか夢だとか ~Sing Girls~ oleh Poppin’Party. Lagunya Poppin’Party enak - enak, lo. Konsernya juga bagus, keren! Saya bingung kalau ngomongin soal suara. Soalnya lebih fokus ke lagu-lagunya. Asli enak.

Overall
Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 9.5 / 10
BanG Dream! : 8.5 / 10

Yang suka nonton anime idol, bisa coba nonton anime ini. Meski anime ini memiliki rating rendah, tapi jujur saya sendiri menikmati setiap episodenya. Drama yang disuguhkan menarik, karena memang membuat perasaan penonton jadi naik-turun. 

Next

Related


EmoticonEmoticon