November 22, 2017

[Review Anime] Rokujouma no Shinryakusha!? (TV)


Invasi kos-kosan 6 petak, begitulah kira - kira arti dari judul anime ini. Yah, secara garis besar anime ini memang menceritakan tentang invasi kos-kosan dari beberapa makhluk, seperti hantu, alien, mahou shoujo, dan penghuni dunia bawah.

Judul : Rokujouma no Shinryakusha!? (TV)
Tanggal Rilis : 12 Juli 2014
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Harem, Comedy, Supernatural, School
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Silver Link.

Sinopsis
Anime ini bercerita tentang Satomi Koutarou, seorang murid SMA yang berniat untuk mencari apartemen murah agar dapat mengurangi beban keuangan keluarganya. Dan akhirnya dia mendapatkannya : kamar 106 di apartemen bernama Korona-sou, dengan harga sewa 5.000 Yen per bulan. Akan tetapi, kehidupannya berubah drastis setelah tinggal di kamar tersebut. Hal itu dikarenakan ada makhluk lain yang juga menginginkan kamar yang kini ditinggalinya. Mereka adalah : Higashihongan Sanae, sesosok(?) hantu yang telah menghuni kamar tersebut selama bertahun-tahun. Nijino Yurika, seorang gadis penyihir yang ingin melindungi kamar tersebut dari penyihir jahat. Kurano Kiriha, orang bawah tanah yang ingin mendirikan kuil di kamar tersebut. Fortorthe Theiamillis Gre, mahluk luar angkasa (alien) yang ingin merebut kamar tersebut. Dan tentu saja Koutarou tidak akan menyerahkan kamar tersebut secara cuma-cuma. Dia pun bertekad untuk mempertahankan kamar 106 sekuat tenaga. Dari sinilah kisah ‘Komedi Apartemen” bergulir ….

Jalan Cerita
Jadi, ceritanya tentang Koutarou Satomi yang pindah dan mencari tempat tinggal, sebut saja kos-kosan untuk ditinggali 3 tahun kedepan selama dia di SMA. Alasan memilih kos-kosan itu adalah karena biaya yang terjangkau, dan Satomi sendiri tinggal di kamar 106. Sepulang sekolah sesampainya di kos-kosan dia melihat gadis berambut pendek yang ingin mengejutkan dirinya, yah … gadis tersebut adalah hantu bernama Sanae Higashihongan, meski terlihat seperti manusia biasa tapi Sanae tidak bisa dilihat oleh orang lain. Bahkan Sanae kaget kalau Satomi bisa melihat dan menyentuhnya. Lalu, Sanae ingin mengusir Satomi dari kos-kosannya karena memang tempat itu adalah daerah kekuasannya Sanae, alasan Sanae menginvasi kos-kosan itu adalah ingin menunggu orang tuanya datang. Namun, Satomi bersikeras menolak untuk angkat kaki dari kos-kosan itu. Dan mereka pun bertarung untuk memperebutkan kamar 106. Dan saat sedang heboh bertempur munculah seorang gadis penyihir bernama Yurika Nijino. Dia juga ingin menginvasi kamar kos-kosan itu dengan alasan ingin melindungi kekuatan sihir besar yang bersemayam dalam kamar 106 dari penyihir jahat. Dan karena munculnya Yurika, Sanae dan Satomi pun berdamai sementara. Saat sedang berdamai tidak disangka dari bawah tanah muncul lagi seorang gadis bernama Kiriha Kurano bersama pengawal kecilnya, Korama dan Karama. Mereka adalah penduduk bumi, katakan saja alam bawah tanah. Lagi - lagi Kiriha ingin merebut kamar 106 dengan alasan ingin membangun kuil dan tempat membuat senjata eter, namun dengan cara yang baik-baik dan melalui musyawarah dan menyogok Satomi dengan emas batangan. Tapi Satomi tetap menolaknya. Dan lagi - lagi saat asik bernegosiasi muncul gadis bernama Theiamillia Gre Fortorthe, panggil saja Tulip karena Satomi memanggilnya Tulip, dan seorang pengawal bernama Ruthkhania Nye Pardomshiha (Ruth). Mereka adalah alien yang juga ingin menginvasi kamar kos-kosan tersebut. Dan semua penghuni yang didalamnya pun akhirnya saling bertarung, dan beberapa lama kemudian sang pemilik kos-kosan bernama Shizuka Kasagi muncul dan menghentikan pertarungan mereka. Meski ceritanya tentang invasi dan pastinya ada adegan pertempuran satu sama lain, tapi sang pemilik kos-kosan lah yang mengendalikan suasana sehingga menjadi cerita Slice of Life. Dan karena dilarang bertarung dalam kos-kosan, akhirnya mereka sepakat menginvasi dengan bermain kartu. Barangsiapa yang menang maka poin bertambah, dan setiap poin mewakili luas area kekuasaan. Yah, nonton anime dengan cerita Slice of Life yang dibumbui aksi & komedi memang memiliki rasa tersendiri. Gamenya juga enggak cuma main kartu, kadang ganti lomba lari maraton, atau malah mereka lupa dan jadi cerita melindungi kos-kosan dari orang - orang jahat lainnya.

Karakter
Didalam cerita banyak digambarkan sifat setiap karakter, dari tsundere, cekatan, dan lainnya. Dan semua itu hampir tidak ada yang cacat. Dikenalkan kepada penonton dengan baik dan tidak bertele-tele, meski episode 1 dihabiskan hanya untuk perkenalan karakter, tapi itulah yang membuat kita (penonton) menjadi semangat untuk menontonnya.

Art
Penggambaran Art nya  sangat bagus, apalagi saat lagu pembuka ada gambar seperti grafis anime No Game No Life. Adegan pertempuran juga tidak kalah menarik, digambar dengan sangat baik disini.

Ost
Sejujurnya saya lebih memerhatikan gambar dibanding lagu pembuka maupun penutupnya, jadi saya tidak tahu harus mengatakan apa. Tapi, untuk efek suara saat adegan pertempuran sudah bagus, dikombinasikan dengan baik dan membuat kita bisa membayangkan lebih dan lebih meski adegan telah selesai.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 8 / 10
Rokujouma no Shinryakusha!? (TV) : 8.5 / 10

Saya banyak tertawa saat menonton anime ini. Meski kadang ada sedikit kesal saat adegan romantis dan sebagainya. Tapi saya benar - benar menikmati anime ini.

Next

Related


EmoticonEmoticon