November 19, 2017

[Review Anime] Fate/Grand Order: First Order


Untuk kalian penggemar anime Fate Series sudah pasti tidak asingkan dengan judul ini. Fate/Grand Order Sedikit berbeda dengan Fate lainnya, karena menceritakan tentang keanehan yang terjadi di Jepang yang ada di masa depan.

Judul : Fate/Grand Order: First Order
Tanggal Rilis : 31 Desember 2016
Episode : 1 
Durasi : 1 Jam 14 Menit
Genre :  Action, Supernatural, Magic, Fantasy
Sumber Cerita : Game
Studio :  Lay-duce

Sinopsis 
Tahun 2015 adalah masa - masa akhir dari kekuasaan sihir. Caldea adalah organisasi kemanusiaan dan keamanan yang didirikan untuk mengamati dunia yang hanya dapat dilihat oleh sihir dan dunia yang hanya dapat diukur dengan sains, juga untuk mencegah kepunahan umat manusia. Berkat upaya dari banyak peneliti, dapat dipastikan keberlangsungan hidup umat manusia akan berlanjut hingga 100 tahun ke depan. Namun, tiba - tiba masa depan yang berada di bawah pengawasan Caldea lenyap. Tahun 2017, umat manusia dipastikan punah. Penyebabnya adalah keberadaan “wilayah yang tak teramati” di kota Fuyuki, Jepang pada tahun 2004 yang sebelumnya tak pernah ada. Caldea dengan segera memberikan “Grand Order”, misi pencarian Cawan Suci untuk menyelidiki dan mengungkap keanehan yang dapat menyebabkan kepunahan umat manusia.

Jalan Cerita

Fate/Grand Order berbeda dengan Fate lainnya, Fate Series yang sebelumnya menceritakan tentang 7 Master dan 7 Servant dalam Perang Cawan Suci, Fate/Grand Order menceritakan tentang ke anehan yang terjadi di Jepang, yang berhubungan dengan Perang Cawan Suci. Jalan cerita Fate/Grand Order itu sederhana dan rapi dengan beberapa penjelasan yang membutuhkan pemahaman. Menurut saya jalan cerita dari Fate/Grand Order terlalu cepat, karena ada beberapa hal yang tidak di jelaskan, contohnya kemana para Master ? padahal saat Ritsuka terbangung dari pingsannya, dia dan Mash sedang berada di tengah Peperangan Cawan Suci. Lalu kenapa Saber menggila sehingga berubah warna menjadi hitam ? itu masih sebuah misteri. Misteri ini akan di jelaskan pada pada episode lain atau di Seri lain dari Fate, Mungkin (?)

Karakter
Saber bukan lagi Heroine utama pada Fate/Grand Order. Ritsuka Fujimaru sebagai Aktor laki - laki dan Mash Kyrielight sebagai Heroine utama, tenang kamu masih bisa melihat Saber di Fate/Grand Order yang versi hitamnya sebagai karakter jahat dan kalian juga akan melihat Lancer yang merubah kelasnya karena bosan menjadi Caster.

Art

Fate/Grand Order memiliki Art yang baik untuk bentuk karakter dan pewarnaan juga bagus dan juga cocok untuk karakter dan situasi. Seperti yang di harapkan dari Seri Fate yang di buat pada zaman modern ini, jika Art Fate/Grand Order di bandingkan dengan Fate/stay night : Unlimited Blade Works yang merupakan Senpainya, maka scorenya adalah 8 untuk Fate/Grand Order dan 9 untuk Fate/stay night : Unlimited Blade Works.

Adegan Battle

Seperti yang kalian tau, Fate Series adalah Anime Action, jadi Adegan Battle dari Fate/Grand Order juga akan di bahas. Adegan battle dari Fate/Grand Order terletak di sekitar pertengahan durasi, jadi di awal - awal kalian akan di beri beberapa penjelasan oleh Mash tentang Caldea. Adegan battle yang bisa di bilang seru karena beberapa Servant masih ada yang tersisa dan ikut bertarung, dan bisa di bilang biasa saja karena Mash jarang menyerang, karena senjatanya adalah sebuat perisai besar mungkin karena itukah Mash jarang menyerang dan kebanyakan hanya bertahan ?

Ost
Untuk Ostnya, anime ini gak ada Openingnya. yang ada hanya Ending berjudul Shikisai (色彩) by Maaya Sakamoto. jujur sih saya gak terlalu suka dengan Ost Endingnya, saya lebih suka dengan BGMnya.

Overall

Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 8 / 10
Adegan Battle : 7.5 / 10
Ost : 7.5 / 10
Fate/Grand Order : 7.8 / 10


Saya tidak tahu mengapa rasanya kesal karena melihat Saber begitu lemah, apakah karena Saber berubah menjadi hitam ? apakah karena Saber tidak memiliki Master di Fate/Grand Order ?
Kesampingkan tentang Saber yang menjadi lemah. Menurut saya, Fate/Grand Order terlihat seperti anime biasa saja, hanya beberapa hal yang menarik, seperti adegan battle dari Caster dan spoiler beberapa karakter yang muncul pada menit - menit akhir sebelum lagu ending, yang merupakan karakter dari Fate selanjutnya.

Next

Related


EmoticonEmoticon