November 28, 2017

[Review Anime] Dagashi Kashi


Karena pengen nonton yang lucu - lucu, jadi kepilih deh anime ini. Dan, seru juga sih. Tentang jajanan yang dibalut lawakan dengan sedikit bumbu mesum. Baiklah, langsung saja simak reviewnya.

Judul : Dagashi Kashi
Tanggal Rilis : 8 Januari 2016
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Comedy, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : feel.

Sinopsis
Anime ini bercerita tentang pemuda bernama Kokonotsu yang dipaksa oleh ayahnya, You, untuk mewarisi toko snack keluarganya. Karena impiannya adalah menjadi mangaka, Kokonatsu pun menolak permintaan You. Kemudian datanglah Hotaru yang mengajak You untuk bergabung ke perusahaan ayahnya. You setuju, namun dengan satu syarat: Hotaru harus bisa membuat Kokonotsu mau mewarisi usaha toko snacknya.

Jalan Cerita
Awalnya ada cewek bernama Hotaru Shidare yang datang ke warung jajanan milik Paman You untuk merekrut Paman You bekerja di perusahaan Shidare Company milik ayah Hotaru. Tapi, Paman You menolaknya dengan alasan dia tidak akan meninggalkan warungnya sebelum Kokonatsu (anaknya) menjadi penerusnya. Nah, biar Paman You mau bekerja di Shidare Company, mau enggak mau Hotaru harus membujuk Kokonatsu menjadi penerus bisnis ayahnya. Jadi, tujuan cerita ini adalah membuat Kokonatsu meneruskan bisnis ayahnya menjadi penjaga warung jajanan Shikada. Tapi Kokonatsu sendiri menolak dan dia sudah memiliki impiannya sendiri, yaitu menjadi komikus. Bagaimanapun juga, semua diatas hanyalah inti ceritanya. Disetiap episode cuma menceritakan jajanan. Misal, cara makan jajanan, jenis, bentuk, rasa, dan lainnya. Meski kadang juga nyenggol ke inti cerita disetiap adegannya, sih. Yah, terlepas dari itu, ceritanya enggak bikin bosan. Selalu ada hal unik tentang jajanan, dan seperti yang bilang diawal tadi. “Ada bumbu mesum”. Tapi enggak terlalu ekstrem, paling sudut gambarnya saja yang dibikin mesum, misal lagi makan fokusnya ke bibir, dada, dan semacamnya. Lawakannya juga enggak garing, sekaligus bikin nostalgia. Pasalnya hampir sebagian jajanan ada di Indonesia dulu. Mungkin masih ada sampai sekarang. 

Karakter
Ada empat karakter + satu pendukung yang sering muncul. Yaitu, Hotaru, Kokonatsu, Endou, Saya + Paman You. Masing - masing punya sifat yang unik, kayak Hotaru yang maniak jajanan tapi sial mulu kalau soal gim. Saya yang suka ke Kokonatsu, sekaligus punya tingkat keberuntungan tinggi, soalnya menang mulu kalau main gim. Bahkan Hotaru sampai panggil “Master Saya”. Ada pula Endou, kakaknya Saya. Bingung juga jelasinnya, macam karakter pendukung, dia selalu pakai kacamata hitam. Suaranya juga keren - keren cempreng, paling mesum. Logatnya khas. Dan dia ini paling enggak paham soal jajanan, sama kayak adiknya, Saya. Kokonatsu sendiri bisa dibilang tokoh utama di sini, dia anaknya Paman You yang setiap hari jaga warung, tapi dia pengennya jadi komikus. Sifatnya biasa - biasa saja, sih. Tapi hebat kalau soal jajanan. Terakhir Paman You. Dia ayah yang gokil, saya (aku) suka sama pengisi suaranya. Berasa banget orang tuanya.

Art
Studio feel. menurut saya  memang bagus, penggambaran karakternya juga enggak ngebosenin. Kadang - kadang ada saja perubahan bentuk karakter pas adegan lawak atau tertentu lainnya.

Ost
Saya suka sama lagu penutupnya euy, enak bagaimana, ‘gitu, dengarinnya. Lagu pembukanya juga lumayan, malah saya nonton MV penyanyinya dulu dibanding nonton animenya. Selain itu, efek suaranya bikin santai. BGM-nya juga enak, sayang saya enggak bisa kasih contoh.

Overall

Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 9.5 / 10
Ost : 9 / 10
Dagashi Kashi : 8.8 / 10

Dibilang nikmat, saya memang menikmatinya. Tapi entah kenapa waktu nonton ulang, ada satu episode yang bikin malas untuk ditonton, kalau enggak salah yang kilas balik dokter-dokterannya Saya sama Kokonatsu. Yang jelas anime ini cocok buat yang cari tontonan santai dan menghibur.

Next

Related


EmoticonEmoticon