November 13, 2017

[Review Anime] Aldnoah.Zero (S1+S2)


Aldnoah.Zero, Anime dengan genre mecha ini awalnya saya tidak tertarik. Kenapa? Karena memang saya kurang suka genre yang berbau mecha. Tapi kali ini saya tarik ucapan saya. anime ini berhasil membuat saya terus menonton hingga episode 7. Yah, meski kebanyakan anime mecha tidak jauh berbeda dari cerita lainnya dimana manusia menunggangi robot dan memiliki mesin khusus. Kalau di anime ini namanya Aldnoah Drive.

Judul : Aldnoah.Zero & Aldnoah.Zero 2nd Season
Tanggal Rilis : S1: 6 Juli 2014, S2: 11 Januari 2015
Episode : (12+12) 24
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Mecha, Sci-Fi
Sumber Cerita : Original
Studio : A-1 Pictures, TROYCA

Sinopsis
Aldnoah.Zero mengambil setting pada dunia paralel, dimana pada peluncuran misi Apollo 17 ke Bulan, para Astronot menemukan sebuah Hyper Gate. Hyper Gate tersebut menghubungkan Bulan dengan Mars, dan oleh penemuan tersebut, planet Mars pun mulai ditinggali manusia. Banyaknya manusia yang meninggali Mars menyebabkan terbentuknya Kekaisaran Vers di permukaan Mars. Selain penemuan Hyper Gate di permukaan Bulan, manusia kembali menemukan sesuatu di planet Mars. Sebuah relik teknologi masa lalu yang berusia 30.000 tahun yang bernama Aldnoah. Penemuan Aldnoah menjadi awal dari munculnya berbagai konflik yang terjadi. Dan pada tahun 1999, terjadi sebuah tragedi bernama Heaven’s Fall. Dimana pada tahun tersebut, pasukan Vers melakukan perang terhadap manusia Bumi. Akibat perang tersebut, Hyper Gate di permukaan Bulan menjadi tidak terkendali dan menyebabkan hancurnya separuh permukaan satelit tersebut. 15 tahun berlalu setelah Heaven’s Fall, keadaan Bumi kembali normal ke sediakala. Sejak tragedi tersebut, penggunaan Kataphrakt (Mecha Unit) telah menjadi kurikulum sekolah untuk mengantisipasi keadaan darurat. Bumi dan Mars kini telah terikat oleh kesepakatan damai. Pada tahun 2014, putri Vers Alleysium bermaksud melakukan kunjungan diplomatik ke Bumi untuk menjalin kesepakatan damai yang lebih erat antara Mars dengan Bumi. Namun dalam kunjungan tersebut, iring-iringan mobil putri Mars tersebut diserang oleh sekelompok teroris. Serangan terhadap iring-iringan ini membuat geram kekaisaran Vers. Satu per satu pasukan Mars mulai menempatkan istana terbang dan pasukan untuk menyerang Bumi untuk membalas serangan yang dilancarkan kepada sang putri. Sekali lagi, pertempuran Mars dengan Bumi pun kembali terjadi.

PV


Jalan Cerita
Di season 1 episode pertama saya agak sedikit malas untuk menontonnya. Tapi cerita yang diberikan benar - benar membuat saya penasaran. Cerita yang tidak terlalu berat dan ringan karena alur cerita masih maju (Belum ada kilas balik). Untuk season 2-nya banyak terjadi perkembangan di ceritanya namun secara umum ending anime ini bisa dikategorikan Happy sad ending (senang tapi ada sedihnya juga). Memang sih, masih ada beberapa yang akan membuat para penonton mengatakan, “Lo, kenapa dengan orang itu? Siapa dia?”. Tapi saya yakin, kalau kalian nonton anime ini, pasti kalian juga akan melihat potensi dari alur cerita yang diberikan.

Karakter
Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya sedikit ragu mengenai anime ini. Tapi, ada karakter yang saya suka, yaitu Inaho Kaizuka. Karakter ini sangat tenang, tidak memiliki ekspresi yang berlebihan. Tapi dia sangat cerdik. Ada pula sang tuan putri, AsseylumVers Allusia. Saya agak bingung menggambarkan sifat dari karakter ini. Dia memiliki orang yang sangat dipercaya, yaitu Eddelrittuo. Dan sedikit spoiler, sebenarnya sang putri yang dianggap tewas masih hidup dan memiliki wujud karakter yang berbeda dan menetap di Bumi.


Art

Ah, karena ini mecha, saya jadi sedikit ragu dengan penggambaran dari animenya. Saya bahkan tidak begitu suka dengan penggambaran karakter saat kesan pertama melihat di episode satu. Tapi saat saya terus menontonnya, dan saya jadi menyukainya. Terutama saat aksi pertempuran. Itu sangat TOP! dah. 


Ost
Heavenly Blue, lagu pembuka yang dibawakan Kalafina sudah lebih dari cukup. Sangat klop dengan suasana yang sedang terjadi. SawanoHiroyuki[nZk]:mizuki juga membawakan dua lagu di season 1 untuk penutup. “A/Z” (2, 3, 5) dan “aLIEz” (4, 7) dan juga Opening di season 2. Untuk Ending season 2 dibawakan oleh Eir Aoi dengan judul “GENESIS”. Selain itu, efek suara yang diberikan saat adegan pertempuran sangat bagus. Backsound-nya itu mendramatisir banget.

Overall

Jalan Cerita : 8.8 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 9.5 / 10
Ost : 9.5 / 10
Aldnoah.Zero (S1+S2) : 9 / 10

Saya sangat menikmatinya anime ini, terutama saat adegan pertempuran. Meski ada beberapa adegan yang membuat saya kesal karena beberapa karakter dengan sifat yang tidak dimengerti penonton.

Next

Related


EmoticonEmoticon