February 08, 2018

[Review Anime] Planetarian: Chiisana Hoshi no Yume


Anime bertipe ONA berjumlah 5 episode ini perdana tayang secara keseluruhan di musim summer 2016, saya yakin sebagian dari kalian pasti ada yang belum nonton.

Judul : Planetarian: Chiisana Hoshi no Yume
Tanggal Rilis : 7 Juli 2016
Episode : 5
Durasi : 18 Menit per Eps
Genre : Sci-Fi, Drama
Sumber Cerita : Visual novel
Studio : David Production

Sinopsis

Planetarian: Chiisana Hoshi no Yume adalah anime dengan kisah antara robot pemandu dan manusia hilang harapan yang saling bertemu lalu akrab melalui pembicaraan yang panjang, dan karenanya saling memahami satu sama lain. Cerita bermula dari Kuzuya yang dikejar robot barikade penjaga kota reruntuhan, hingga sampai di fasilitas militer dekat planetarium berada. dalam waktu yang sama, seorang gadis robot pemandu planterimum bernama Hoshino Yumemi, setelah nonaktif hampir 30 tahun, kini ia aktif kembali karena masih tersedianya pasokan listrik cadangan. dan mereka pun saling bertemu, lalu Yumemi dan Kuzuya perlahan saling berbicara dari pribadi satu sama lain, masa lalu, hingga harapan masa depan yang akan datang.

Jalan Cerita
Anime yang satu ini bagian ceritanya diluar perkiraan saya sewaktu pertama kali melihat covernya, ceritanya sangat ringan namun begitu dramatis. berkisah robot pemandu dan pemulung untuk bertahan hidup. di masa lalu dikisahkan awal mula Yumemi diciptakan dan hidup Kuzuya di zaman peperangan senjata biologis. jujur, jangan lewatkan anime satu ini begitu saja, apalagi hanya karena jumlah episodenya. Hanya saja, saya mengaku agak menyesal kenapa gak dari dulu ketika anime ini direkomendasikan oleh teman saya gak langsung saya tonton. 

Karakter
Walau karakternya hanya 2 orang saja, tapi mereka berperan sangat baik, para karakternya tampil emosional dalam hal ini juga menjadi sebuah nilai tambah.

Art
Kualitas grafisnya cukup bagus, sesuai keadaan. banyak sisi gelap yang menandakan tema + ceritanya sangat sedih dan kelam. Studio yang mengadaptasi adalah David Production, saya agak asing mendengarnya. tapi kualitas grafisnya cukup bagus dan punya beberapa ciri khas dalam menganimasikannya.

Ost
Background musicnya sangat sendu dan tenang didengarkan karena hampir keseluruhan adalah petikan piano. tidak ada lagu pembuka, namun diganti 2 lagu penutup yang sangat spesial. dan BGM Planetarian yang khas juga bikin sedih di bagian akhir cerita. Lagu penutup pertama berjudul Twinkle starlight by sayaka sasaki, sensasinya penuh kehidupan seakan air yang mengalir, jadi penontonnya terhanyut ceritanya yang intens. Lagu penutup kedua berjudul hoshi meguri nm Uta by HELL, lagu ini khusus menjadi lagu penutup cerita (episode terakhir) lagunya penuh rasa ke ibu-an yang penuh penyayang, juga sangat sedih didengar.

Overall
Jalan Cerita : 9.2 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 9 / 10
Planetarian: Chiisana Hoshi no Yume : 9 / 10

Jadi hanya ini saja yang dapat saya sampaikan, lalu apakah kalian tertarik untuk nonton anime ini?  yang jelas anime ini saya sangat rekomendasikan.


Next

Related


EmoticonEmoticon