February 04, 2018

[Review Anime] Mob Psycho 100


Kali ini saya akan mereview anime Action yang di angkat dari Web manga dengan judul yang sama karangan ONE, yah sang kreator One Punch Man yang menjadi anime favorit tahun 2015. Ok, kita lupakan One Punch Man, kita fokus ke review kali ini.

Judul : Mob Psycho 100
Tanggal Rilis : 11 Juli 2016
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Slice of Life, Comedy, Supernatural
Sumber Cerita : 
Studio : Bones

Sinopsis
Mob Psycho 100 menceritakan kehidupan seorang esper bernama Kageyama Shigeo, yang dengan penampilan yang lugu, culun, dan biasa saja bahkan terlihat lemah dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. namun jika dia sudah Melawati batas ke sabaranya, yah batas kesabaran Mob di ibaratkan sebuah persen dari 1% dan kalau sudah 100% semua masalah langsung selesai, kekuatan espernya pun menjadi mengendalikan dirinya dan dia kehilangan kesadarannya.

Jalan Cerita
Tidak mudah bagi Shigeo untuk menjalani kehidupannya walaupun dia tau kalau dia seorang esper tapi dia tak ingin menggunakan kekuatannya karena dia takut melukai orang lain. dan dia ingin menjadi orang yang tak bergantung dengan kekuatanya dan tak ingin memanfaatkan kekuatannya untuk urusan pribadi,  terlebih dia menyukai seorang wanita. sebenarnya Shigeo tanpa kekuatan espernya hanyalah manusia yang lemah, gak pintar, culun, gak terkenal di kalangan wanita, bahkan dia tuh iri dengan adiknya, yang pintar, keren, dan populer tentunya. bahkan dia sampai rela masuk club kebugaran agar bisa di akui dan bisa mendapatkan cinta nyadan dia juga menjadi asisten sekaligus murid Reigen yang mengklaim dirinya seorang esper juga, padahal dia cuma memanfaatkan kekuatan Shigeo untuk keuntungannya sendiri dalam bisnis pengusiran setan. Sebenarnya Shigeo gak perlu masuk club atau bersusah payah menjadi asisten segala, dengan kekuatannya dia bisa mendapat apa saja, namun di sinilah letak yang menarik di saat orang ingin kekuatan seperti itu tapi Shigeo malah tak Mau. dia lebih memilih untuk menjadi orang yang normal dan berusaha. Untuk cerita menurut saya sangat bagus dan padat walaupun cuma 12 episode tapi semuanya di tata dengan rapi. di paruh pertama anime ini lebih ke titik beratkan Mob dalam menjalani kehidupan mencari jati dirinya, ingin populer, ingin diakui, memasuki paruh kedua barulah mulai muncul masalah - masalah yang menerjang Mob, dari muncul esper lain sampai munculnya organisasi claw yang di isi oleh pengguna esper juga namun mereka sudah dewasa.

Karakter
Semua karakter yang ada di anime Mob Psycho 100 ini sangat berpengaruh dengan jalinan cerita yang di hadirkan. salah satu karakter yang mencuri perhatian saya adalah Arataka Reigen, yah dia adalah guru bagi Mob, walaupun dia tukang kibul tapi dia peduli dengan Mob. nasihat  dan  kata - kata yang bijak yang sering dia keluarkan selalu bisa membantu saat Mob kebingungan. dan satu lagi karakter yang menarik adalah Dimple, dia adalah hantu berbentuk seperti bola yang berwana hijau, awalnya dia adalah karakter antagonis namun setelah di kalahkan Mob dia malah sering membantu Mob walaupun sepertinya masih ada sifat jahatnya.

Art
Art-nya bagi saya sangat unik apalagi desain karakter yang yang mengingatkan saya pada anime Cibimaru Kochan, namun tidak membuat kalian merasa bosan, apalagi visual ledakan-ledakannya yang memanjakan mata kita.


Action
Untuk Action gak perlu di ragukan lagi Mob Psycho 100 benar - benar memaksimalkan semua pontensi yang ada, pertarungan yang di hadirkan dengan sangat bombastis dan dahsyat. dari mulai gedung hancur ada, ledakan ada, pertarungan cepat ada, hingga kita gak akan bisa untuk memalingkan mata kita saat adegan pertarungan di anime ini. dari segi Actionnya mengingat kan saya pada era anime tahun 90-an apalagi scane satu lawan satunya, dengan di kemas sedemikian rupa anime ini bisa di bilang cukup mantap dalam segi Actionnya.

Ost
Untuk musik Opening dengan judul “99” by MOB CHOIR Sangat cepat namun tetap enak di dengar, terlebih cukup  menggambarkan pertarungan yang ada di anime ini. Untuk Ending dengan judul “Refrain Boy (リフレインボーイ)” by ALL OFF sedikit halus dan pelan pas menggambarkan hubungan Shigeo dengan Reigen dalam menjalani hari-harinya.
Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9.5 / 10
Art : 8.5 / 10
Action : 9 / 10
Ost : 8 / 10
Mob Psycho 100 : 6 / 10

Mob Psycho 100 adalah anime yang sangat direkomendasi buat kalian dengan cerita yang pas dan di dukung dengan karakter yang membuat anime ini hidup. 

Next

Related


EmoticonEmoticon