February 25, 2018

[Review Anime] Mahou Shoujo Lyrical Nanoha A's


Anime keluaran tahun 2005 ini merupakan season ke-2 Mahou Shoujo Lyrical Nanoha. Di season ini akan lebih terasa kesan Mecha dan militernya dibanding pada season sebelumnya. Peperangan sihir menggunakan senjata medieval (bardiche, long sword, hammer), kapal perang (arthra), dan sihir - sihir area milik Nanoha yang dapat menenggelamkan kota dalam satu serangan dan juga kekuatan yang bukan kekuatan ajaib willpower atau sejenisnya (semua dicapai melalui latihan dan kepandaian).

Judul : Mahou Shoujo Lyrical Nanoha A's
Tanggal Rilis : 2 Oktober 2005
Episode : 13
Durasi : 25 Menit per Eps
Genre : Action, Comedy, Drama, Magic, Super Power
Sumber Cerita : Original
Studio : Seven Arcs

Sinopsis 

Diawali dengan cerita seorang gadis yang memakai kursi roda dan 3,5 orang disampingnya (seorang setengah anjing, Zhafira, loli pemegang palu Vita, old-fashioned knight Signum, mbak mbak dokter Shamal). Yagami Hayate, seorang gadis SD yang tak tahu apa pun mengenai apa yang sedang terjadi disekitarnya dan menjalani kehidupan layaknya perempuan biasa. Lalu setelah sekian lama berpisah akibat proses sidang kasus lost logia, akhirnya Fate Tesstarosa dapat bertemu dengan Takamachi Nanoha, namun reuni yang telah ditunggu - tunggu itu tak berlangsung seperti yang diharapkan. Sebuah  pertempuran yang tiba - tiba, musuh yang tak dikenal, dan perbedaan kekuatan yang cukup terlihat. Vita dan Graf Eisen menyerang Nanoha dengan bertubi-tubi, tentu saja Nanoha yang merupakan petarung jarak menengah kuwalahan menghadapi musuhnya ini yang merupakan petarung jarak dekat dengan kekuatan penghancur yang besar. pertempuran berlangsung sengit dan akhirnya Nanoha kalah, barier jacketnya hancur selapis dan Raging Heart (device milik Nanoha) rusak parah, dan saat serangan terakhir akan dijatuhkan ...

Jalan Cerita
Main plot tanpa plot cabang, sepanjang seri (13 episode) terus membahas tentang Yami no Shou atau dalam bahasa indonesia artinya kitab kegelapan dan hubungan antara Hayate dan 4 orang rekannya. ahh.. satu plot cabang, reka ulang Fate saat peperangan terakhir, tapi plot cabang itu juga masih berhubungan langsung dengan plot utama (peperangannya). Cerita tentang persahabantan, loyalitas, dan pengorbanan tentang 4 orang ksatria yang bersumpah untuk melindungi tuannya, meskipun tubuh mereka hancur mereka tetap menunjukkan senyuman didepan tuannya yang tak tahu dan tak mereka beritahu apapun. Dan tuannya yang menjawab loyalitas mereka di akhir cerita dengan hati yang hangat. Adegan kehidupan sehari-hari yang menambahkan kesan pada ending tertata  rapi tanpa adanya fan-service yang menonjol. Peperangan yang indah (tidak seperti one hit KO! atau semacam semangat yang dapat mengalahkan segalanya atau dengan kekuatan cinta...), sihir - sihir yang menawan dan refrensi yang luas.

Karakter
Ada 4 Mahou Shoujo baru dengan keahlliannya masing - masing dan pengalaman bertarung ratusan tahun (kecuali Hayate). Penyihir loli dengan daya ledak tinggi, tak ada yang tak dapat dihancurkannya. Bersama dengan Graf Eisen, device berbentuk palu yang dapat berubah menjadi palu ber roket, palu super besar. Gaya perangnya adalah jarak super dekat dengan hanya satu buah sihir jarak jauh, dengan memukul sebuah bola besi (sihir ini yang tergolong fisik, karena adanya bola besi tersebut). Spesialisasinya adalah penghancuran pertahanan. Karakter ini digambarkan sebagai gadis dengan rasa tanggung jawab yang tinggi dan akan terus melindungi tanggung jawabnya meskipun harus mengorbankan nyawanya sendiri. Ksatria belkan, karakter kakak yang baik hati tapi terkadang keras. Dia bisa dibilang sebagai ketua Wolkenritter (ksatria awan, nama unit yang menjaga kitab kegelapan, Signum, Vita, Shamal, Zhafira), dengan levantine ditangannya yang bisa berubah menjadi pedang, pedang ular (snake form) dan busur (meskipun hanya satu kali dipakai). Karakter ini benar - benar satu gambaran ksatria di jaman medieval eropa dengan sejata panah dan pedang, lalu gaya pertempuran yang minim akan penggunaan sihir. Shamal, Kalau di MMORPG biasanya disebut cleric atau priest, karakter yang menggunakan sihir penyembuhan dan dukungan. Dengan device-nya Karl Wind yang berbentuk pendulum, Shamal bertugas sebagai full back di Wolkenritter. Digambarkan sebagai Kakak yang baik hati, dia seperti kakak bagi Hayate, sering membantunya memasak disela-sela kesibukannya. Tuan dari Wolkenritter dan kitab kegelapan, seorang gadis biasa yang tak tahu apapun. Hayate tak bisa berjalan karena penyakit saat ia kecil dan sering mengunjungi rumah sakit. Digambarkan sebagai karakter yang dewasa dan lapang dada. Ia menerima semua yang telah terjadi tanpa sedikitpun rasa cemas ataupun menyesal. 

Art
Grafisnya masih jadul seperti seperti season sebelumnya, tetapi masih dalam ukuran yang bagus. Desain karakter dan device-nya terutama desain barier jacketnya lalu adegan peperangan yang cukupkeren.

Ost
Efek suaranya terasa kurang tidak jelas, tapi tertutupi dengan pengisi suara yang indah (Tamura Yukari !!!) dan lagu pembuka dan penutup yang cukup bagus.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 8.2 / 10
Ost : 8 / 10
Mahou Shoujo Lyrical Nanoha A's : 8.3 / 10

Lanjutan dari Mahou Shoujo Lyrical Nanoha ini, merupakan season ke-2 yang menceritakan kisah karakter utama ke 3 dalam anime ini, Yagami Hayate. Cerita tentang loyalitas dan persahabatan yang cukup mengharukan dan sistem sihir baru diperkenalkan di season ini, menambah daftar refrensi yang ada. Dari season yang ke dua ini, Mahou Shoujo Lyrical Nanoha akan semakin berbelok ke arah militer dan mecha dari pada ke cerita tentang cinta dan harapan layaknya cerita Mahou shoujo pada umumnya membuat anime ini semakin menarik dan layak untuk ditonton.


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon