December 06, 2017

[Review Anime] Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru!


Kali ini saya mereview anime musim panas 2016, judulnya Konobi atau lengkapnya seperti yang tertera pada judul. Oh, iya, sebelumnya saya sempat membaca ulasan milik Syntasium mengenai anime ini. Apa yang dibahas saya juga setuju. Mungkin di sini saya cuma sedikit menambahkan beberapa hal tentang Konobi ini.

Judul : Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru!
Tanggal Rilis : 8 Juli 2016
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Comedy, Romance, School
Sumber Cerita : Manga
Studio : feel.

Sinopsis
Usami Mizuki adalah anggota klub kesenian yang entah kenapa … suka sekali menggambar buah apel. Dia adalah satu-satunya anggota klub tersebut yang memang benar - benar serius ingin menjalankan kegiatan klub dengan cara melukis. Selain Mizuki, ada juga anggota lain yang mempunyai bakat menggambar : Uchimaki Subaru, namun bakatnya tersebut hanya digunakan untuk menggambar cewek 2D saja. Selain mereka berdua, klub tersebut masih punya 2 anggota lain : Sang Ketua Klub (sebut saja Buchou), yang sampai akhir episode pun tidak diketahui namanya siapa yang kerjaanya cuma molor di sofa klub dan Collette, cewek blonde yang tak henti-hentinya membuat onar. Sesuai judulnya, This Art Club Has a Problem, cerita anime ini berkisar tentang kekonyolan - kekonyolan para anggota klub tersebut dan kehidupan mereka selama di sekolah.

Jalan Cerita
Untuk cerita di sini sedikit unik, yaitu tentang cowok SMP bernama Uchimaki Subaru yang suka banget sama anime. Sampai - sampai dia mendeklarasikan kalau dirinya tidak suka 3D. Yap, dia ini pecinta 2D. Terus apa hubungannya sama klub seni? Jadi si Subaru ini punya impian ingin melukis pengantin 2D idamannya. Perlu diketahui, gambarnya Subaru ini bagus banget. Oh, iya, anime ini bergenre romcom. Jadi enggak bosen buat menontonnya. Apalagi ditambah tingkah laku Mizuki Usami, cewek anggota klub seni yang selalu salah paham dengan Subaru. Padahal dia ini kakak kelasnya, tapi kalau sudah cinta mah, ya mau bagaimana lagi. Enggak cuma sebatas di klub seni saja, kadang di luar pun ada cerita segar sebagai fan service. Tapi tetap masih ada unsur dari klub seninya. Seperti membersihkan kolam renang dengan menggambar dasar kolamnya, lomba melukis, dan bahkan ada cerita cinta lainnya.

Karakter
Untuk Subaru dan Mizuki saya rasa tidak perlu dibahas lagi. Di dalam klub seni ini ada orang lain lagi, seperti Collete si cewek bule yang tinggal di Jepang. Dia ini digambarkan dengan karakter yang periang, namun ceroboh. Dia ini yang bisa mengubah suasana klub jadi enggak sepi. Soalnya si ketuanya (saya enggak tahu namanya) kerjaannya cuma tidur. Ada juga pembimbingnya, namanya Bu Yumeko Tachibana. Dia ini guru yang seksi dan koplak. Selain itu ada juga karakter pendukung lainnya seperti Kaori, temennya Mizuki Usami yang jahil banget. Tapi dibalik tingkahnya itu ada alasan baiknya, kok. Ada juga Maria Imari, cewek otaku yang sehobi sama Subaru. Nah, kalau yang suka loli, di sini juga ada loli, lo. Namanya Moeka, usianya lima tahun. Ah, pokoknya sesuai namanya moe banget!. Oh, iya, saya suka dengan penggambaran masing - masing karakter yang dipegang. Kenapa? Soalnya mereka enggak berubah, karakter yang mereka punya akan tetap seperti itu hingga akhir. Kalau kalian nonton episode terakhir mungkin akan paham maksud saya.

Art
Ini studio Feel. ‘kan? Tapi grafisnya rasa KyoAni. Bisa dibilang mirip Chuunibyou demo Koi ga Shitai! , pasti tahu, ‘kan, bagaimana? Gerakannya yang halus dan enak dipandang jadi salah satu alasan saya betah nonton ini.

Ost
Lagu pembuka: STARTING NOW! oleh Nana Mizuki dan Lagu Penutup: Koisuru Zukei (cubic futurismo) oleh Sumire Uesaka. Saya suka dengan lagu pembukanya, dan untuk lagu penutupnya di sini lumayan unik ilustrasinya. Bagaimana bilangnya, agak 3D atau memang 3D? Soalnya cuma disatu tempat dan enggak ganti latar. Di episode terakhir lagunya dinyanyikan oleh pengisi suara dari karakter cewek anggota klub seni. Jujur saya malah lebih suka lagu penutup yang pertamanya. Untuk efek suara dan sebagainya menurutnya saya sudah pas, sih, mengingat ini anime keseharian yang dibumbui komedi, pas adegan lucunya pasti bakal ada efek suara yang bikin penontonnya juga merasakan apa yang dirasakan si tokoh dalam cerita.

Overall

Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 7 / 10
Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru! : 8.2 / 10

Kalau kalian suka anime komedi romantis. Saya sarankan tonton anime ini, apalagi buat kalianyang suka melihat adegan salah paham soal cinta. Kayak terlalru GR, padahal yang dibahas bukan si tokoh tersebut. Pokoknya cocok banget, deh.

Next

Related


EmoticonEmoticon