December 04, 2017

[Review Anime] Kamisama Dolls


Kali ini saya akan mereview anime musim panas 2011 yang berjudul Kamisama Dolls. Tanpa banyak basa-basi, langsung saja simak reviewnya.

Judul : Kamisama Dolls
Tanggal Rilis : 6 Juli 2011
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Seinen, Supernatural
Sumber Cerita : Manga
Studio : Brain's Base

Sinopsis
Seorang mahasiswa bernama Kyouhei Kuga merupakan pemuda yang pernah menjadi pengendali Kakashi yang disebut dengan Seki. Kakashi adalah boneka perwujudan dari dewa yang telah disembah selama beberapa generasi di desa tempat Kyouhei dibesarkan. Boneka tersebut adalah makhluk mekanis yang dikendalikan oleh pikiran tuan mereka. Karena ingin meninggalkan masa lalunya sebagai seorang Seki, Kyouhei pun meninggalkan desanya dan pindah ke Tokyo. Akan tetapi, semua masalah dari desanya masih terus mengejarnya bahkan setelah ia sampai di Tokyo.

Jalan Cerita
Ceritanya tentang orang yang bisa mengendalikan boneka. Tapi, boneka dalam cerita di sini sering disebut dewa atau Kamisama. Bentuknya berbeda-beda, begitu pula kekuatannya. Benar, setiap boneka memiliki kekuatan tersendiri dan hanya orang tertentu yang bisa mengendalikan kamisama. Dalam anime ini, dikisahkan Kyouhei Kuga pergi ke kota dan memulai hidup baru demi melupakan kenangan tentang boneka yang ia sering lakukan di desa. Tapi apa daya, apa yang ia inginkan justru tidak terkabulkan. Aki, sahabat baiknya dari desa lepas dari penjara dan pergi ke kota untu mencari Kyouhei. Lalu pihak desa pun mengirim beberapa pengguna boneka lain untuk menangkap Aki, termasuk adiknya Kyouhei, yaitu Utao Kuga. Utao sendiri mengendalikan boneka yang sebelumnya Kyouhei kendalikan. Tapi balik lagi, dia ingin melupakan semua itu dan pindah ke kota. Alasan Kyouhei tidak ingin mengendalikan boneka lagi dan kenapa sahabat Kyouhei yang bernama Aki dipenjara tidak akan saya beri tahu, karena sudah termasuk spoiler berat. Yang jelas gambaran ceritanya seperti itu.

Karakter
Untuk karakter saya enggak akan cerita banyak. Yang jelas tokoh utama bernama Kyouhei Kuga, orangnya susah jujur, dan agak bego, apalagi kalau soal cinta. Untuk karakter ceweknya sendiri, wah …, ternyata ada Mbak Kana Hanazawa yang menyuarakan Mahiru Hyuuga. Mahiru di sini ketika muncul dia mengaku suka dengan Kyouhei, baginya Kyouhei adalah pahlawan hidupnya. Dia bahkan pergi ke kota untuk menjemput Kyouhei dan menjadikannya pasangan. Sifatnya terlalu percaya diri, dan rada bego juga. Ada lagi Utao adiknya si Kyouhei, dia asli bego. Dia ini suka sama Kyouhei, tapi sifatnya itu cemburuan dan suka bikin ulah. Masing - masing karakter memiliki kisah hidup yang dalam, Terutama Kyouhei dan Aki. 

Art
Saya sendiri tidak begitu peduli soal grafis anime dibawah tahun 2013. Untuk anime ini sudah termasuk bagus. Adegan bertarungnya pun sudah masuk dalam kategori keren. Saya menikmatinya.

Ost
Lagu Pembuka: Fukanzen Nenshou 「不完全燃焼「」 oleh Chiaki Ishikawa dan Lagu Penutup: Switch ga Haittara 「スイッチが入ったら」 oleh Chiaki Ishikawa. Jujur saja saya enggak terlalu memerhatikan musik. Satu hal yang saya tahu, suara latarnya menghidupkan ceritanya. Efek suara ketika adegan Kamisama yang bertarung menurut saya juga cukup bagus. Masing - masing Kamisama memiliki suara yang berbeda, dan menurut saya ini memperlihatkan kepribadian si pengendalinya. 

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 7 / 10
Ost : 8.2 / 10
Kamisama Dolls : 8 / 10

Bagi kalian yang lebih mempedulikan cerita ketimbang grafis menurut saya anime ini cocok untuk kalian tonton. Ceritanya benar - benar membuat penonton ketagihan disetiap akhir episodenya. Bahkan saya rasa masih butuh untuk kelanjutan cerita ini, karena akhir ceritanya yang sangat tanggung.



Next

Related


EmoticonEmoticon