December 12, 2017

[Review Anime] Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova


Yosh, kembali lagi di Postingan saya yang pastinya Review Anime. Ok, kali ini saya akan mereview anime yang bisa saya bilang... hmm.... Cukup Underrated, yang berarti banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan anime ini. padahal nyatanya anime ini sangat bagus dan memukau, bahkan menjadi salah satu Anime Favorite saya . Ok, tanpa banyak basa-basi langsung saja simak reviewnya^^

Judul : Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova
Tanggal Rilis : 8 Oktober 2013
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Sci-Fi, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : SANZIGEN

Sinopsis
Berceritakan Dunia di Tahun 2039... terjadinya Global Warming membuat Es di Kutub Utara dan Selatan mencair dan menyebabkan naik nya tinggi Air Laut yang bahkan menutupi sebagian daratan. Suatu ketika, muncul sebuah Kelompok Misterius dengan Kapal Perang yang di sebut "The Fleet of Mist" yang muncul di setiap sudut di lautan di seluruh dunia. Tujuan Kapal Perang tersebut adalah menguasai lautan dan memutuskan Jaringan Komunikasi Manusia. 7 Tahun setelah 2039, kapal I-401 yang merupakan bagian dari Kapal Perang tersebut muncul di depan Gunzo Chihaya, dan meminta Gunzo menjadi Kapten Kapal tersebut.

PV

Jalan Cerita
Ars Nova seperti yang kita ketahui adalah Anime "Kapal-Kapalan" dan pendahulu dari Anime yang cukup terkenal yaitu "Kantai Collection", namun berbeda dengan saudaranya (Kancolle), Ars Nova Storynya serius. Anime ini memiliki Plot Story yang benar -  benar menakjubkan bagi saya, mengingat di Anime ini ceritanya sangat bagus dan tidak melenceng dari cerita Utama. Sayangnya Anime ini Storynya sangat terburu-buru, bisa dilihat dari Episodenya yang selalu ingin menyelesaikan sesuatu dalam 1 Episode saja, dan kalau mau lebih jelas bisa dilihat di Episode Akhir dimana Kongou bisa kalah dengan mudah begitu saja. Yaa.. sangat disayangkan ya. Namun dilain sisi, Pertarungan yang disajikan oleh Anime ini benar - benar memuaskan keinginan saya dalam menonton Anime Action, Action nya benar - benar bagus dan mencukupi harapan saya. pokoknya mantep deh!

Karakter
Character development jelas menjadi salah satu sorotan utama dalam Ars Nova, khususnya perkembangan karakter dari para mental model, tapi ironisnya, justru Gunzou sebagai tokoh utama justru tidak mendapat porsi eksplorasi dan development yang memadai sehingga karakter Gunzou rasanya sedikit "kosong". Begitu pula halnya dengan para crew member I-401, yakni Iori, Sou, Kyohei, dan Shizuka, mereka rasanya benar - benar hanya berfungsi sebagai figuran dan pemeriah suasana, karena tidak dieksplor sama sekali. 


Art
Sebagai studio yang sering menjadi spesialis CG 3D pada berbagai anime series, membuat SANZIGEN Studio memberikan sentuhan yang unik bagi Ars Nova, dimana rasanya hampir 90% animasi dari Ars Nova adalah CG, bahkan sampai animasi untuk karakter pun menggunakan CG 3D, mulai dari rambut, body movement, sampai facial expression. It's a unique and cool ones, tapi efeknya adalah gerakan para karakter menjadi lebih kaku dan tidak sehalus animasi pada anime biasanya. Sisi positifnya, kualitas animasi Ars Nova konsisten sampai akhir, selain itu special effect dalam battle scene serta desain para battleship sangat keren, detail, dan sophisticated.


Ost
Opening theme: "SAVIOR OF SONG" by nano feat. MY FIRST STORY dan Ending theme: "Blue Fields" by Trident. Wah! Kalau Music jangan ditanya lagi deh!, mengingat OST dan Ending Sound Tracknya semuanya dari Band yang lagunya bagus - bagus... yap! band nano. Itulah mengapa anime ini saya bilang bagus. karena From Story Plot to Music semuanya bagus!. terlebih lagi dengan Insert Songnya yang bisa dibilang Pas dengan Scene yang ada.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 9 / 10
Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova : 8.9 / 10

Saya Heran kenapa anime ini termasuk Anime Action yang Kurang Populer. Padahal, anime merupakan anime yang RECOMMENDED, anime action yang dibumbui dengan kombinasi drama dan romance yang manis di tengah naval battle yang disajikan dengan dominasi CG 3D yang menjadikannya unik, tapi solid dan berkualitas.

Next

Related


EmoticonEmoticon