November 11, 2017

[Review Anime] Sword Art Online


Sword Art Online, adalah anime yang sangat terkenal sejak awal rilis hingga sekarang, jika kalian bertanya pada teman kalian yang sudah ‘’ Veteran ‘’ dengan anime lalu kalian meminta rekomendasi anime dengan tema game online pasti yang pertama akan disebut adalah Sword Art Online atau SAO.

Judul : Sword Art Online 

Tanggal Rilis : Juli 2012
Episode : 25
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance
Sumber Cerita : Light novel
Studio : A-1 Pictures

Sinopsis

Di masa depan tepatnya pada tahun 2022, telah tercipta permainan Virtual Reality Massive Multiplayer Online Role-Playing Game (VRMMORPG) yang dinamakan Sword Art Online, dimana para pemain berinteraksi layaknya di dunia nyata dengan bantuan tekhnologi bernama Nerve Gear. Ini adalah permainan hidup-mati dimana para pemain tidak dapat keluar dan harus menyelesaikan permainan tersebut. Jika mati di dalamnya, maka kematian sesungguhnya pun terjadi di kehidupan nyata mereka.

Jalan Cerita

SAO mempunyai 2 nama game yang mainkan dan 2 judul cerita, game yang pertama adalah Sword Art Online (SAO) yang ke-2 adalah ALfheim Online (ALO). Judul cerita yang pertama adalah ‘’Sword Art Online: Aincrad’’ berlatar game SAO, bercerita tentang para gamer yang terjebak di dunia SAO dan harus menyelesaikan lantai ke-100 untuk bisa keluar dari dunia SAO. Setelah Kirito berhasil mengalahkan Game Master di SAO, semua player yang terjebak di SAO sudah bisa kembali ke dunia nyata, ternyata perjuangan Kirito belumlah selesai, karena Asuna masih belum kembali ke dunia nyata.
Judul cerita yang ke-2 adalah ‘’ Sword Art Online: Fairy Dance’’ yang berlatar game ALO adalah game ke-2 yang dimainkan Kirito untuk mencari dan menyelamatkan Asuna. Jalan cerita yang menarik dan seru karena mempunyai 2 judul dalam 1 anime dan 2 jalan cerita tetapi masih dalam 1 jalur dengan sedikit bumbu Comedy dan adegan yg mungkin bisa membuat kalian sedih.

Karakter

SAO mempunyai banyak karakter pendukung yang sangat berperan penting dalam membantu jalan cerita. Kirigaya Kazuto dengan nama Kirito di dalam game sebagi protagonis, Yuuki Asuna dengan nama Asuna di dalam game sebagai Heroine utama dan ada beberapa Heroine tambahan lainnya seperti Suguha, Silica, Lisbeth, Yui yang secara tidak langsung SAO mempunyai Genre Harem.

Art

Art dari SAO termasuk menarik karena harus membuat 1 karakter dengan 2 sampai 3 bentuk model yang berbeda tetapi mirip. Contohnya Kirito di dunia nyata dan Kirito di ALO adalah 2 bentuk model karakter yang berbeda tetapi masih Kirito. Dan bukan hanya Kirito saja, ada Asuna, Yui, Suguha dan Sugou yang mempunyai 2 model bentuk karakter. Pewarnaan yang baik dan cocok dengan karakter, juga beberapa pencahayaan di beberapa adegan yang meningkatkan kualitas Art nya.

Ost

SAO mempunyai lagu opening dan ending yang di nyanyikan oleh beberapa penyanyi besar, yaitu LiSA dengan lagu crossing field, Eir Aoi dengan lagu INNOCENCE, Haruka Tomatsu dengan lagu Yume Sekai dan Luna Haruna dengan lagu Overfly. Khususnya untuk opening dari LiSA yang berjudul crossing field sangat terkenal sampai internasional, karena LiSA sayang dengan para fans nya yang di Ameraika dan sekitarnya, lagu crossing field di buat versi inggrisnya.

Overall

Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 9 / 10
Sword Art Online : 9.5 / 10

SAO adalah anime yang sudah mendunia, bahkan hampir semua orang yang menonton anime pasti tahu dengan SAO. Sangat di sayangkan jika kalian suka menonton anime tetapi belom menonton SAO.

Next

Related


EmoticonEmoticon