November 26, 2017

[Review Anime] Hana to Alice: Satsujin Jiken


Kebetulan pas buka situs MAL langsung dapat rekomendasi anime Movie, ini juga tergolong baru meski dalam informasi telah diluncurkan pada Februari 2015. Tapi, judulnya menarik, “Satsujin Jiken” atau dalam bahasa Indonesia artinya “kasus pembunuhan”, setahu saya anime ini pernah dibuat Live-Action-nya tahun 2004, dan … saya pikir “pasti bakalan bagus”.

Judul : Hana to Alice: Satsujin Jiken
Tanggal Rilis : 20 Februari 2015
Episode : 1
Durasi : 1 jam 38 Menit
Genre : Slice of Life, Mystery, Drama
Sumber Cerita : Original
Studio : Steve N' Steven, Rockwell Eyes

Sinopsis
Cerita berawal dari pindahnya Tetsuko Arisugawa/Alice (Yū Aoi) ke sekolah Ishinomori dimana di sana ada desas-desus mengenai kasus pembunuhan yang kemudian mengarah pada hal-hal supernatural. Alice yang tidak percaya takhayul malah menjadi bagian dari objek exorcism salah satu siswi di sana. Kemudian ia mengenal Hana Arai (Anne Suzuki) yang berkepribadian tertutup dan mengaku mengenal sosok yang ramai dibicarakan sebagai korban pembunuhan itu. Bersama dengan Hana, Alice pun ikut mencari tahu kebenaran dari rumor tersebut. Investigasi berbalut petualangan itupun menandai awal kedekatan mereka berdua yang belum lama ini saling mengenal.

Jalan Cerita
Anime ini menceritakan siswi bernama Tetsuko Arisugawa atau biasa dipanggil Alice-chan dari kata “Arisu” yang pindah ke sebuah SMP. Sejak pertama kali masuk, tatapan semua teman kelasnya benar - benar tidak menyenangkan, pasalnya Alice duduk dibangku kosong yang sebelumnya ditempati oleh siswa bernama Koutarou Yuda. Namun orang - orang menyebutnya “Yudas”. Bangku kosong dalam kelasnya ada dua, yang satu bekas Yuda dan yang satunya adalah Hana Arai. Karena Alice bingung, tanpa sengaja dia diceritakan temannya mengenai pembunuhan murid dikelasnya setahun lalu. Murid yang tewas adalah Yuda, dan yang membunuh adalah empat orang Yudas. Aneh, bukan? Ini yang membuat ceritanya menarik, kemudian karena Alice penasaran, dia pun datang ke rumahnya Hana karena curiga dengan Hana yang tidak pernah masuk sekolah. Dan mulai dari sana lah Hana dan Alice bertemu lalu memulai penyelidikan. Yang menarik, mereka tidak menyelidiki siapa pembunuhnya, melainkan mencari korbannya, yaitu Koutarou Yuda. Dari awal saja sudah membuat saya penasaran, tapi lagi - lagi saya tekankan ini cerita drama yang kadang diselingi komedi, meski sebenarnya enggak lucu - lucu amat. Hanya sebatas ketertarikan saya akan aksi Hana dan kawan - kawan yang dibuatnya.  Alur ceritanya maju, sampai kasus terungkap mulai ada cerita kilas balik untuk mengungkap kasus. Tapi seru juga, kok.

Karakter
Saya hanya akan membahas dua tokoh utama saja, yaitu Hana dan Alice. Alice sendiri wataknya sopan, dia baik, tapi kalau ada orang lain yang menjahilinya dia tidak akan tinggal diam. Sedangkan Hana sendiri adalah seorang Hikikomori. Tapi, dia menjadi Hikikomori ada penyebabnya dan terungkap saat kasus pembunuhannya terungkap. Hana juga sangat menjaga harga dirinya. Ini terlihat dari cara bicaranya yang kadang terlihat menyebalkan. Tapi, diam - diam dia ini perhatian dengan mengikuti Alice mencari petunjuk mengenai kasus Yuda. Padahal Hana yang menyuruh Alice untuk menyelidiki sendirian. Mungkin Hana kasihan gara - gara Alice sudah mendengarkan celotehan gajenya.

Art
Saya ingat komentar BlurredVision18 dari MAL, dia mengatakan “Anime ini tidak terlihat seperti anime. Terasa seperti menonton orang asli yang berinteraksi secara natural”. Yah, saya setuju. Ada yang pernah nonton “Aku no Hana”? Kurang lebihnya seperti itu, persis sekali. Namun latar belakangnya digambar dengan sangat epic. Ada yang bilang ini menggunakan teknik Rotoscope, di mana sang animator menciptakan animasi dengan menjiplak dari rekaman video yang dibuat. Kalau dalam gambar disebut “tracing”.

Ost
Sayangnya saya enggak tahu judul lagu penutupnya. Padahal enak didengar loh. Efek suara yang diberikan juga terdengar natural, yah … mau bagaimana pun juga ini terlihat seperti nonton “Live-Action”, sih.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 7 / 10
Ost : 7 / 10
Hana to Alice: Satsujin Jiken : 7.8 / 10

Dari awal nonton sudah membuat saya penasaran. Meski ini sebenarnya adalah drama ringan dan grafis yang agak gimana gitu, tapi anime ini layak untuk ditonton, kok. Saya bahkan merekomendasikan kalian untuk menontonnya.

Next

Related


EmoticonEmoticon